Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Tes Nanjak Fuso Canter FE SHDX Dengan Beban Penuh

by Tigor Sihombing
Tes Nanjak Fuso Canter FE SHDX

Kali ini Moladin akan lakukan tes nanjak Fuso Canter FE SHDX dengan beban penuh. Fuso Canter FE SHDX adalah salah satu truk kelas menengah yang ditawarkan oleh Mitsubishi Fuso Indondonesia.

Diklaim sebagai truk yang tangguh dan handal, Fuso Canter FE SHDX hadir dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang menarik perhatian. Namun, keunggulan sesungguhnya dari truk ini bisa terlihat ketika diuji dalam kondisi ekstrem, seperti menaklukkan tanjakan, seperti yang akan dilakukan tim Youtube Moladin kali ini.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita lihat beberapa fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh Fuso Canter FE SHDX. Salah satu aspek paling vital dari sebuah truk adalah kekuatan dan kinerja mesinnya.

Hal ini menjadi faktor penentu dalam menangani beban berat dan medan yang menantang. Dalam hal ini, Fuso Canter FE SHDX menonjol dengan kehadiran mesin diesel Mitsubishi 4P10-T4 yang tangguh.

Mesin ini merupakan mesin 4-silinder berkapasitas 3.907 cc, dengan fitur turbocharged intercooled untuk meningkatkan efisiensi pembakaran. Dengan konfigurasi ini, truk ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 175 PS pada 2.600 rpm, memberikan daya dorong yang cukup untuk menaklukkan tantangan apa pun di jalan.

Baca juga  FUSO Driver Gathering 2023 di Jawa, Supir Truk Senang!

Selain itu, torsi maksimum yang mencapai 430 Nm pada 1.600 rpm menjadikan truk ini sangat andal dalam menangani beban berat dan tanjakan curam.

Kombinasi antara kekuatan dan torsi yang kuat ini memberikan Fuso Canter FE SHDX keunggulan yang signifikan dalam kinerja dan daya tahan. Pengemudi dapat mempercayai truk ini untuk mengatasi medan yang sulit dan menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi di sepanjang perjalanan.

Tidak hanya itu, mesin ini juga dikenal karena efisiensinya yang baik dalam penggunaan bahan bakar, memberikan nilai tambah bagi para pengusaha yang menginginkan truk yang tidak hanya kuat, tetapi juga hemat biaya operasional.

Peningkatan pada suspensi dan transmisi

image689

Fuso Canter FE SHDX diperkuat dengan transmisi manual 6 percepatan, truk ini menawarkan perpindahan gigi yang mulus dan efisien, memungkinkan pengemudi untuk mengoptimalkan performa dan konsumsi bahan bakar.

Selain itu untuk menangani perjalanan di jalan yang tidak rata, Fuso Canter FE SHDX dilengkapi dengan sistem suspensi depan independent dengan per keong, dan sistem suspensi belakang dengan per daun semi-elliptical, memberikan kenyamanan dan stabilitas selama perjalanan.

Baca juga  Mitsubishi Rilis Canter dan Fighter X Euro4, Lebih Kuat!

Tidak lupa hadirnya sistem pengereman anti terkunci (ABS) dan sistem kontrol traksi membantu meningkatkan keamanan dan stabilitas truk, bahkan dalam kondisi medan yang sulit.

Uji Coba di Tanjakan

Untuk menguji kemampuan sejati Fuso Canter FE SHDX, kami menjajal kekuatan truk ini di medan ekstrem di salah satu kawasan di daerah Garut Jawa Barat. Mobil dump berkapasitas 5-6 ton ini diisi penuh oleh pasir.

Adapun medannya tanjakan dengan permukaan cor, dengan tingkat kemiringan hingga 18 derajat.

Pertama-tama, truk ini menunjukkan daya tariknya yang tangguh saat memulai perjalanan mendaki tanjakan. Suara msin garing khas Fuso diesel, menunjukkan kekuatan yang cukup untuk menarik beban yang besar. Transmisi yang halus memastikan bahwa tenaga dari mesin disalurkan secara efisien ke roda, memungkinkan truk untuk mendaki dengan mulus tanpa kehilangan momentum.

Selama perjalanan dengan pasir yang teris penuh, sistem suspensi yang ditingkatkan menunjukkan kemampuannya dengan menyerap guncangan dan goncangan dari jalan yang berbatu. Ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pengemudi, tetapi juga menjaga stabilitas truk selama perjalanan.

Ketika menghadapi tikungan dan kemiringan yang curam, Fuso Canter FE SHDX menunjukkan kemampuannya untuk menangani dengan lincah. Sistem kontrol traksi bekerja dengan baik untuk mencegah roda tergelincir, sementara sistem pengereman ABS memastikan truk tetap dalam kendali bahkan pada kecepatan yang tinggi.

Baca juga  Fuso Bengkel Siaga Tetap Buka 24 Jam Selama Mudik Lebaran 2024
image690

Berdasarkan uji coba yang tim Moladin lakukan, Fuso Canter FE SHDX membuktikan dirinya sebagai truk yang mampu menghadapi tantangan tanjakan dengan percaya diri dan efisiensi. Dukungan fitur-fitur canggih dan spesifikasi yang kuat membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk aplikasi pengangkutan berat, terutama di lingkungan yang menantang seperti medan tanjakan.

Dengan demikian, bagi para pengusaha dan pengemudi truk yang mencari kombinasi kekuatan, kelincahan, dan keandalan, Fuso Canter FE SHDX adalah pilihan yang layak untuk dipertimbangkan. Truk ini tidak hanya akan membantu meningkatkan produktivitas operasional, tetapi juga memberikan keamanan dan kenyamanan yang dibutuhkan selama perjalanan.

Demikian ulasan Tes Nanjak Fuso Canter FE SHDX Dengan Beban Penuh. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

YouTube player

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika