Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Tips Membeli Honda CBR 250R Bekas, Cek 10 Poin Ini

by Tigor Sihombing
Honda CBR 250R

Honda CBR 250R, motor sport penuh prestise, telah menjadi pilihan utama para pecinta motor di Indonesia sejak pertama kali meluncur pada tahun 2011.

Keunggulan utama dari motor ini terletak pada penerapan teknologi canggih Combined-ABS, yang menggabungkan Combi Brake System dan Antilock Braking System (ABS).

Sistem ini memberikan kinerja pengereman efektif, terutama dalam kondisi mendadak atau di permukaan jalan licin, sambil meningkatkan stabilitas kendaraan.

Evolusi Honda CBR 250R

Honda CBR 250R

Honda CBR250R

Seiring berjalannya waktu, Honda melakukan penyegaran pada Honda CBR 250R. Pada tahun 2013, motor ini mendapat sentuhan desain yang lebih elegan dan macho dengan velg dan cover knalpot berwarna hitam.

Kemudian, generasi terbaru meluncur pada Mei 2014 dengan inspirasi dari CBR1000RR, menawarkan tampilan yang lebih agresif, fitur canggih, dan mesin yang lebih bertenaga.

Desain lampu depan ganda, cover bodi agresif, knalpot silinder sporty berlapis krom, serta sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) menjadi daya tarik utama dari All New Honda CBR250R. Suspensi Pro-Link yang dapat disesuaikan juga memberikan kenyamanan optimal saat berkendara.

Spesifikasi Honda CBR 250R

Honda CBR 250R

Mesin Honda CBR 250R

All New Honda CBR 250R tetap mengusung mesin 250cc dengan konfigurasi DOHC, 4-katup, 6-kecepatan, silinder tunggal, dan pendinginan cair. Meskipun demikian, tenaga yang dihasilkan meningkat, mencapai 21 kW pada 9.000 rpm dengan torsi 23 Nm pada 7.500 rpm. Performa yang tangguh dan responsif membuatnya tetap menjadi idola di kelasnya.

Baca juga  4 Konsep Modifikasi CBR 150, Bisa Jadi Refrensi!

Harga Honda CBR 250R Bekas

Honda CBR 250R

Bagi yang tertarik untuk memiliki Honda CBR 250R bekas, kini saatnya untuk merapatkan barisan. Harga bekas model ini mulai terjangkau, berkisar antara Rp 20-30 jutaan tergantung pada kondisi kendaraan.

Generasi kedua CBR 250R juga tersedia dengan rentang harga Rp 20 jutaan hingga Rp 37 jutaan.

Tips Bijak Saat Membeli Honda CBR Bekas

Honda CBR 250R

Honda CBR 250R bekas

Memutuskan untuk membeli motor bekas, terutama yang memiliki reputasi sebagus Honda CBR 250R, adalah keputusan yang cerdas. Namun, perlu perhatian ekstra agar tidak kecebur dalam transaksi. Berikut adalah langkah-langkah bijak yang dapat kamu terapkan:

1. Cek Harga Pasaran

Sebelum memulai pencarian, lakukan cek harga pasaran melalui sumber-sumber terpercaya seperti koran, majalah, atau situs otomotif online. Ini membantu Anda memiliki gambaran yang jelas tentang kisaran harga yang wajar.

2. Cek Nomor Rangka dan Mesin

Pastikan nomor rangka dan mesin pada motor bekas sesuai dengan yang tertera pada STNK dan BPKB. Ini mencegah dari potensi masalah hukum di kemudian hari.

Baca juga  Honda Forza 250 Terbaru Meluncur di Jepang, Ada Ubahan?

3. Periksa Kondisi Fisik

Teliti kondisi fisik motor, termasuk body, spion, dan baut-baut lainnya. Perhatikan apakah terdapat goresan, retak, atau kerusakan lainnya. Keberadaan komponen asli juga memberikan nilai tambah.

4. Cek Kondisi Oli

Buka dan periksa kondisi oli di dalam mesin. Pastikan takaran oli tidak berlebihan, yang dapat menyembunyikan suara mesin yang mungkin kasar. Oli yang berlebihan dapat memberikan kesan mesin lebih halus daripada kenyataannya.

5. Cek Speedometer

Perhatikan kondisi speedometer dan odometer. Pastikan tidak ada retak atau bekas pembongkaran, dan periksa jumlah jarak tempuh. Jarak di atas 20.000 km mungkin memerlukan pemahaman lebih dalam tentang pemeliharaan motor tersebut.

6. Hidupkan Mesin

Hidupkan mesin motor dan perhatikan apakah mesin dapat berputar dengan baik. Pastikan tidak ada suara kasar atau ketidaknormalan lainnya yang dapat menjadi pertanda masalah.

7. Cek Perpindahan Gigi

Jalankan motor dan perhatikan perpindahan gigi. Jika terasa sulit atau tidak responsif, itu bisa menjadi indikasi bahwa kampas kopling perlu diperiksa atau bahkan diganti.

Baca juga  5 Motor Sport Paling Irit di 2021

8. Cek Rangka atau Sasis

Periksa kelurusan roda depan dan belakang, serta pastikan bahwa rangka atau sasis motor tidak bengkok. Lakukan uji coba pengereman mendadak untuk memastikan kendali dan kestabilan motor.

9. Cek Kebocoran

Setelah motor dijalankan, perhatikan apakah ada tanda-tanda kebocoran oli melalui sela-sela mesin dan radiator. Kebocoran dapat menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan cepat.

10. Cek Kelistrikan

Periksa seluruh kelistrikan motor, termasuk lampu-lampu, klakson, dan sistem elektrik lainnya. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik, terutama jika motor menggunakan sistem injeksi.

Dengan menerapkan langkah-langkah cermat ini, Anda dapat meminimalkan risiko mendapatkan motor bekas dengan kondisi yang kurang baik. Selamat berburu Honda CBR 250R bekas, dan nikmati sensasi berkendara dengan salah satu motor sport paling ikonik di Indonesia!

Jangan lupa terus simak Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika