15 Tips Touring Jarak Jauh, Penting Sob!

Hai, Sobat Moladin! Pernah terpikir untuk mengisi waktu liburan dengan touring jarak jauh? Misalnya ke Bali atau ke Lombok dengan menggunakan sepeda motor? Kalau jawabannya adalah iya, berarti kalian harus menyiapkan beberapa hal berikut sebelum berangkat touring. Yuk cek langsung tips touring jarak jauh dari Jinny agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Yamaha Mio M3

*DP mulai dari

1. Menentukan Rute dan Jarak Tempuh

aman berkendara di jalan raya

Tips touring jarak jauh yang pertama, yang harus kalian lakukan jika berniat untuk touring, sob, putuskan tujuan kalian dan mau lewat mana. Hitung dulu jarak yang akan ditempuh dan kota apa saja yang akan kalian lewati. Kalian juga harus menentukan apakah mau lewat jalur pegunungan, jalur pantai, atau kombinasi jalur pantai dan gunung. Sobat Moladin bisa menggunakan bantuan Google Maps untuk mencatat jarak antar kota yang dilewati.

Beli Motor Turing Di Sini Sob! Banyak Diskonnya!

2. Motor Harus Dipersiapkan dengan Baik

Cewek Wajib Tahu, 4 Perawatan Dasar Dalam Merawat Motor

Brosis mau touringnya pakai motor kan, jadi otomatis motor untuk touring harus dipersiapkan dengan baik. Oleh karena itu, kalian harus melakukan pemeriksaan dan tune-up motor di bengkel resmi dan terpercaya, sob. Jangan lupa sampaikan ke pihak bengkel bahwa pemeriksaaan motor ini untuk keperluan touring jarak jauh antar kota agar pihak bengkel bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Bengkel resmi biasanya akan mengatur kondisi motor sesuai motor standar, misalnya knalpot dan mesin standar, shock breaker juga standar, lampu dan fasilitas listrik lainnya juga dibuat standar.

Sobat Moladin juga bisa menanyakan ke pihak bengkel alamat bengkel resmi di masing-masing kota. Kalian juga bisa mencari bengkel terdekat di kota yang kalian singgahi dengan menggunakan aplikasi Moladin lho, sob. Tinggal klik menu bengkel yang ada di aplikasi Moladin.

3. Siapkan Perlengkapan Pendukung Touring

Spyshot Triumph Scrambler 1200
Spyshot Triumph All New Scrambler 1200 Yang Sempat Membuat Heboh

Catat ya, sob, beberapa perlengkapan pendukung untuk motor yang bisa kalian pasang untuk keperluan touring. Ada lampu kabut, klakson, braket box, box utama, box samping, windshield, engine guard. Ada baiknya kalian juga membawa perlengkapan untuk perbaikan seperti satu set kunci atau tools motor seperti kunci pas, kunci ring, obeng, tang, kabel tambahan, isolasi, ban dalam cadangan, bohlam cadangan, busi cadangan, oli cadangan, tali kopling cadangan, tali gas cadangan, perlengkapan P3K, kain lap, senter dan baterai, oli rantai, serta pisau serbaguna.

Selain perlengkapan untuk motor, SIM dan STNK juga harus kalian cek lho, brosis, pastikan pajaknya sudah dibayar lunas dan tidak kadaluarsa.

4. Perlengkapan Pribadi Jangan Sampai Ketinggalan

helm jangan sampai ketinggalan

Perlengkapan ini pastinya tidak boleh ketinggalan. Kalian harus membawa jaket khusus touring, sarung tangan, sepatu boot, rompi penangkal angin, helm touring, rainwear, pakaian dalam, perlengkapan mandi, kacamata cadangan buat kalian yang memiliki mata minus, baju sehari-hari, sandal, alat komunikasi seperti HP dan chargernya, kamera, alat navigasi dan peta.

Gunakan pakaian dalam yang nyaman saat berkendara jauh ya, sob. Kalian bisa menggunakan pakaian dalam berbahan katun yang adem dan sedikit longgar untuk memberikan rasa nyaman pada bagian selangkangan. Pakaian dalam yang nyaman dan longgar juga bisa menghindarkan kalian dari alergi kulit akibat keringat.

Saat musim hujan begini, ada baiknya juga kalian menggunakan jas hujan dengan model dua potongan, sob. Selain pas di badan, jas hujan ini tidak akan mengganggu kestabilan motor. Jas hujan kelelawar atau ponco biasanya mendapat terpaan angin yang lebih besar ketimbang jas hujan dua potong sehingga bisa mengganggu kestabilan motor.

Beli Motor Turing  yang Stabil Di Sini Sob! Banyak Diskonnya!

5. Kumpulkan Informasi Tempat yang Akan Dikunjungi

Wajib hukumnya untuk mengumpulkan berbagai informasi mengenai daerah yang akan kalian kunjungi, sob. Kalian harus rajin-rajin mencari informasi mengenai cuaca sepanjang rute touring, keadaan bentang alam, adat istiadat di masing-masing daerah, informasi terkini dari setiap daerah yang dilalui. Jadi, apabila daerah yang kalian lalui akan terjadi demonstrasi ada baiknya kalian menghindari rute sebelumnya dan mencoba mencari rute alternatif lainnya. Kalian bisa mengumpulkan informasi melalui TV, internet, radio, surat kabar, perpustakaan serta dinas pariwisata daerah yang dituju.

Kalian juga bisa mencari informasi di komunitas touring atau penggemar travelling. Pengalaman dari orang-orang yang pernah touring ke daerah pilihan kalian ini akan sangat membantu selama perjalanan.

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

6. PIC di Setiap Kota

Akan sangat baik sekali kalau kalian punya orang yang bisa dikunjungi di setiap kota, sob. Teman-teman kalian ini bisa membantu kalian mencarikan penginapan atau bahkan bisa menumpang menginap di rumah mereka. Mereka pastinya dengan senang hati menunjukkan berbagai lokasi wisata di daerah mereka dan makanan khas masing-masing daerah. Tak lupa juga selipkan berbagai nomor penting di masing-masing kota, sob, seperti nomor telepon kantor polisi, ambulance dan rumah sakit.

7. Technical Meeting dan Pre-Touring

Jika perjalanan touring yang akan kalian lakukan ini dilakukan secara berkelompok, alias gak cuma sendirian aja, ada baiknya sesama anggota touring saling mengenal, sob. Agendakan sebuah technical meeting yang nantinya akan membahas kesepakatan bersama selama dalam perjalanan dan alur team work.

Untuk menjajal kekompakan tim, ada baiknya kalian melakukan pre-touring alias touring pemanasan jarak dekat untuk bisa saling mengenal karakter anggota touring. Pahami baik-baik gaya berkendara dan skill berkendara masing-masing orang. Kalian juga harus tahu kebiasaan masing-masing anggota, terlebih kebiasaan buruknya yang bisa berakibat fatal terhadap kelancaran touring.

8. Keuangan dan Pembatalan

Touring jarak jauh membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kalkulasi di atas kertas biasanya tidak akurat, kalian biasanya harus mempersiapkan dana lebih sebagai dana cadangan. Jadi, apabila biaya di tas kertas kurang lebih Rp3 juta, maka, kalian setidaknya harus mempersiapkan dana 1,5 kalinya alias 4,5 juta rupiah.

Selow aja ya, sob, apabila ada anggota touring yang membatalkan keikutsertaan karena terpentok anggaran atau ada acara keluarga yang tidak bisa dielakkan. Setiap orang punya kemampuannya sendiri-sendiri dan tentu saja kepentingan yang harus didahulukan. Resiko sebuah grup touring untuk bubar jalan memang cukup tinggi, alih-alih touring bersama group ada kalanya banyak yang memilih solo-touring untuk menuntaskan keinginannya.

9. Pacu Kendaraan Sesuai Kondisi Jalan

Hanya Gear 5, Suzuki Hayabusa Mampu Melaju 260 KM/jam

Tips touring jarak jauh yang penting nih adalah perhatikan kecepatan laju kendaraan kamu. Kecepatan motor bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan yang kalian lalui, sob. Jika kalian melewati pasar atau tempat yang ramai, usahakan kecepatan kalian tidak melebihi 40 Km/jam. Apabila jalanan cukup lengang dan sepi, kalian bisa memacu motor di atas 60 Km/jam.

10. Posisi Tangan yang Mantap

Tips touring jarak jauh selanjutnya, posisikan tangan sejajar dengan bahu dan kondisikan lengan dalam keadaan santai. Posisi duduk pun sebaiknya sedikit ditarik ke belakang dengan kaki mengapit tangki supaya badan tidak cepat pegal.

Kalian bisa menggenggam tuas gas dengan mantap saat touring, sob. Usahakan agar punggung tangan selalu terletak di atas. Dengan posisi ini tangan akan cukup kuat menjaga kestabilan dan laju sepeda motor. Posisi tangan yang mantap juga meminimalisir cedera saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misal kecelakaan.

11. Memaksimalkan Fungsi Spion

Jangan ngaca melulu saat melihat spion, sob. Spion ini adalah alat canggih yang bisa kalian gunakan untuk menyalip atau belok. Selalu berikan tanda dengan lampu sein saat akan menyalip dan belok ya. Cek kendaraan di belakang kalian menggunakan spion untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

12. Jaga Jarak Aman

Jika kalian dalam kecepatan rendah sekitar 40 Km/jam ke bawah, jarak ideal minimal dengan kendaraan terdepan adalah 3-5 meter. Apabila kalian ada di kecepatan sedang, 40-60 Km/jam, maka jarak minimal dengan kendaraan terdepan adalah 5-10 meter. Sedangkan untuk kecepatan tinggi, 60 Km/jam ke atas, jarak ideal antar kendaraan adalah 10 meter. Jarak ideal ini untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga, misalnya pengereman mendadak.

Yamaha Fino 125 Grande

*DP mulai dari

Saat melakukan pengereman, usahakan porsi pengereman 60 persen menggunakan rem depan dan 40 persen menggunakan rem belakang. Porsi pengereman in akan membuat motor kalian menjadi stabil

13. Bahan Bakar

pertamax atau premium

Ini dia salah satu hal mengapa kalian harus menghitung jarak antar kota yang akan kalian lalui, sob. Kalian bisa menghitung berapa liter bahan bakar yang akan kalian habiskan selama dalam perjalanan, sob. Kalian juga bisa memperkirakan dimana kalian akan mengisi bahan bakar apabila memang sudah menipis.

14. Istirahat Setiap 1,5 – 2 Jam

Dalam kondisi berkendara jauh, maka kalian disarankan untuk beristirahat setiap 1,5 – 2 jam. Lakukan senam ringan saat beristirahat untuk menjaga kebugaran. Jangan lupa untuk banyak minum air mineral atau minuman isotonik saat sedang beristirahat agar cairan tubuh yang keluar dapat segera tergantikan.

Apabila kalian ingin buang air kecil selama dalam perjalanan, segera menepi dan cari toilet terdekat ya, sob, karena menahan kencing tidak baik untuk kesehatan.

15. Sopan Santun saat di Jalan

Tips touring jarak jauh yang terakhir, yakni poin ke-15. Patuhi rambu-rambu lalu lintas saat di jalan, sob. Itu juga demi keselamatan kalian sendiri kok. Jika ingin memberi peringatan bisa gunakan klakson atau lampu, sesuai peraturan di jalan.

Fiuuh… banyak juga ya poin-poinnya! Semoga kalian bisa menerapkan tips touring jarak jauh ini. Nah, itu dia informasi dari Jinny terkait tips touring jarak jauh. Semoga informasinya bermanfaat ya, sob. Selamat touring! Utamakan keselamatan saat di jalan raya.

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *