by

Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross, Beli yang Mana?

Pertarungan antara Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross menjadi sangat relevan. Keduanya berada di kelas yang sama yaitu medium SUV. Persamaan lain adalah kabin cuma muat 5-penumpang dan harga hampir sentuh Rp 500 juta.

Tidak hanya itu, teknologi mesin keduanya juga sangat modern. Corolla Cross hadir dengan sistem hybrid. Sementara Eclipse Cross memiliki induksi turbo.

Bila harus memilih, SUV apa yang sebaiknya dibeli? Untuk jawabannya, simak komparasi Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross berikut ini:

Eksterior Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross

Toyota Corolla Cross akan meluncur di Indonesia di 2020
Corolla Cross punya tampilan yang agresif, namun ground clearance mobil ini tidak terlalu tinggi dibanding Mitsubishi Eclipse Cross

Bicara mengenai desain, memang sesuai selera. Hanya saja kalau kamu perhatikan secara detail eksterior Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross, ada perbedaan tema yang jelas. Eclipse Cross tampak lebih mewah dengan penggunaan banyak aksen chrome di sekujur tubuh.

Kemudian keistimewaan SUV tiga berlian ini ada di tampilan bodi belakang unik. Desain lampu remnya agak ke atas, sehingga membelah kaca belakang. Desain seperti ini tidak ditemui di kompetitor, sehingga mengesankan aura futuristik.

Salah satu keunggulan Eclipse Cross sebagai mobil SUV, punya ground clearance 183 mm. Tentu dengan jarak ke tanah tinggi, membuat potensi bodi bawah bersinggungan dengan jalan saat melewati medan bergelombang menjadi minim.

Bandingkan dengan ground clearance Corolla Cross yang cuma 165 mm. Spesifikasi tersebut agaknya menunjukkan bahwa fokus mobil Toyota ini hanya untuk berkendara di perkotaan.

Soal desain, ciri khas SUV Corolla ini lebih mengedepankan aura sportif. Hal tersebut tampak lewat penggunaan aksen hitam lebih dominan. Lalu parasnya juga terkesan lebih agresif dibanding sang rival. 

Jangan pula kamu anggap, tampilan Toyota Corolla Cross mirip dengan Corolla Altis atau versi sedan. Sungguh keduanya jauh berbeda. Bahkan, hampir tidak ada kemiripan desain sama sekali, baik itu grille, lampu, dan bodi belakang.

Baca juga  5 Pilihan Mobil yang Cocok Untuk Mahasiswa, Tertarik?

Kesamaan Corolla Cross dan Eclipse Cross ada di penggunaan roof rail, sun roof, dan ban ukuran 18 inci. Dimensi keduanya pun mirip. Hanya saja SUV Toyota sedikit lebih panjang dan lebar, sementara mobil Mitsubishi unggul di tinggi.

Tabel Dimensi Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross

  Toyota Corolla Cross Hybrid Mitsubishi Eclipse Cross
PXLXT 4.460 x 1.825 x 1.620 4.405 x 1.805 x 1.674 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165 mm 183 mm
Jarak Sumbu Roda 2.640 mm 2.670 mm
Ukuran Roda 225/50 R18 225/55 R18

Fitur Keselamatan Mitsubishi Eclipse Cross Lebih Unggul

interior mitsubishi eclipse cross
Mobil Mitsubishi ini punya fitur keselamatan lengkap dan kenyamanan yang mumpuni untuk sebuah SUV perkotaan

Soal fitur keselamatan, Mitsubishi Eclipse Cross Vs Toyota Corolla Cross memang sudah cukup baik. Mereka punya anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), 7-airbags, hill start assist (HAS), dan vehicle stability control (VSC). Hanya saja kalau dilihat secara jeli, Eclipse Cross punya fitur keselamatan yang lebih banyak.

Mobil Mitsubishi tersebut dapat tambahan active yaw control (AYC), adaptive cruise control (AAC), forward collision mitigation system (FCM), blind spot warning (BSW), rear cross traffic alert (RCTA), dan ultrasonic misaccelaretion mitigation system (UMS). Semua itu membuat Eclipse Cross menjadi salah satu SUV dengan fitur keselamatan terbaik di kelasnya.

Padahal Toyota Corolla Cross di luar negeri punya fitur keselamatan lengkap layaknya Eclipse Cross. Mereka menamakannya sebagai Toyota Safety Sense. Anehnya ketika masuk Indonesia, fitur tersebut disunat. Mungkin tujuannya agar harga jual bisa lebih murah.

Baca juga  Spesifikasi Mazda CX-30 Versi Indonesia, Pakai Mesin Skyactiv-X?

Kalau bicara soal fitur kenyamanan, kedua mobil ini bisa dikatakan setara. Toyota Corolla Cross unggul di head unit ukuran besar mencapai 9 inci yang terkoneksi bluetooth, miracast, NFC, dan voice command. Salah satu hal menarik adalah kehadiran NFC, ini membuat pemilik mobil bisa mengecek saldo e-money lewat head unit tersebut.

Tidak hanya itu, Corolla Cross juga dilengkapi bukaan bagasi belakang dengan kaki. Jadi, ketika ingin memasukkan barang ke bagasi bakal lebih mudah. Kamu tetap bisa membuka bagasi, walau tangan penuh dengan barang.

Sementara Mitsubishi Eclipse Cross belum memiliki fitur tersebut.Head unit layar sentuh miliknya pun berukuran lebih kecil. Meski demikian, bicara kelebihan, Eclipse Cross punya touch pad controller layaknya mobil-mobil premium. Fungsi fitur tersebut buat mengatur head unit, namun dari dekat tuas transmisi.

Ada pula fitur head up display yang membuat pandangan pengendara bisa terus fokus ke depan. Pasalnya di head up display itu tersedia berbagai informasi mengenai berkendara, mulai dari kecepatan, peringatan, dan lain-lain.

Keunggulan lain dari Mitsubishi Eclipse Cross memiliki fitur sun roof double. Sementara Toyota Corolla Cross cuma punya satu sun roof.

Performa Mesin Toyota Corolla Cross Hybrid Lebih Buas

Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross
Soal performa mesin, Toyota Corolla Cross Hyrbid punya torsi dan tenaga yang jauh lebih besar

Mesin Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross memang sama-sama punya teknologi modern. Bedanya untuk SUV Toyota pakai sistem hybrid yang mengombinasikan mesin 1.8 liter dan motor listrik. Jika keduanya bergabung, maka bisa mengeluarkan performa dahsyat. Torsi puncak bisa mencapai 305 Nm da tenaga 170 PS.

Bandingkan dengan Mitsubishi Eclipse Cross yang cuma pakai mesin 1.500 cc dengan turbo. Di atas kertas torsi yang dihasilkan adalah 250 Nm pada 2.000 – 3.500 rpm dan tenaga maksimal 150 PS pada 5.500 rpm.

Baca juga  5 Kelebihan Kia Seltos, Ketahui Sebelum Beli

Walau kalah dalam hal performa, tapi Eclipse Cross punya kelebihan tersendiri. Pabrikan tiga berlian memberinya fitur paddle shift yang berguna untuk meningkatkan kesenangan berkendara. Alhasil kamu bisa melakukan perpindahan gigi secara manual, melalui tuas di belakang lingkar kemudi layaknya mobil sport.

Tabel Spesifikasi Mesin Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross

  Toyota Corolla Cross Hyrbid Mitsubishi Eclipse Cross
Mesin 1.8 Liter + Motor Listrik 1.5 Liter Turbo
Torsi Puncak 305 Nm 250 Nm
Tenaga Maksimal 170 PS 150 PS 
Transmisi CVT CVT

Harga Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross

mitsubishi eclipse cross
Harga Eclipse Cross sedikit lebih murah dibanding Toyota Corolla Cross Hyrbid

Bicara harga, ternyata Mitsubishi Eclipse Cross dibanderol lebih murah dibanding Toyota Corolla Cross. Harga mobil Mitsubishi ini mulai Rp 484,65 juta (OTR Jakarta) untuk pilihan warna bodi hitam, Rp 487,65 juta (OTR Jakarta) dengan warna bodi putih, dan yang paling mahal Rp 489,65 juta (OTR Jakarta) khusus kelir bodi merah.

Sementara harga Toyota Corolla Cross Hybrid Rp 497,8 juta (OTR Jakarta). Tersedia pula varian non hybrid yang dijual Rp 457,8 juta (OTR Jakarta).

Jadi, apa kesimpulan komparasi Toyota Corolla Cross vs Mitsubishi Eclipse Cross? Keduanya sama-sama SUV perkotaan untuk kelas menengah. Hanya saja keunggulan Eclipse Cross ada desain elegan dan fitur keselamatan mumpuni. Sementara Corolla Cross Hybrid tampil lebih sportif dengan performa mesin hybrid yang luar biasa mantap.

Mobil SUV mana yang jadi pilihan kamu? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Comment

Leave a Reply

Terbaru