Trik Jitu Atasi Motor Injeksi yang Sudah Nggak Bertenaga

Moladin Moladiners sedang pusing tujuh keliling karena kuda besi kesayangan mulai tak bertenaga? Gemas ya pastinya dan pengen tahu penyebab turunnya daya motor kesayangan. Sebenarnya menurunnya performa motor itu adalah hal yang wajar setelah penggunaan beberapa waktu. 

Namun, Moladiners bisa lho mengakali tidak bertenaga motor kesayangan dengan beberapa langkah mudah berikut ini. Yuk cari tahu cara mengatasinya bareng-bareng. Check it out, sob!

 

1. Reset Injeksi Sepeda Motor 

Reset Injeksi MotorInjeksi motor bisa di reset di bengkel resmi

Ini adalah cara pertama yang bisa kalian lakukan saat motor kesayangan tiba-tiba tidak bertenaga dan jadi tersendat-sendat jalannya. Reset injeksi sepeda motor ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel resmi pabrikan motor kalian. 

Proses reset injeksi ini nantinya melibatkan sebuah alat khusus yang dinamakan HIDS. Bagian yang akan disetel ulang  dinamakan ECU (Engine Control Unit) dan DTC (Diagnostic Trouble Code).

ECU ini mengontrol beberapa fungsi dan fitur motor Injeksi. Adapun DTC adalah kode yang digunakan untuk mengetahui permasalahan yang ada di dalam sistem kendaraan. 

 

TVS Callisto

*Angsuran mulai dari

 

Reset ini perlu dilakukan supaya memori ataupun permasalahan yang terjadi pada motor bisa terhapus rekamannya. Jika ECU terlalu banyak menyimpan kode kerusakan motor, bisa-bisa malah ECU-nya yang rusak. Sehingga membuat motor kalian jadi tidak bertenaga. 

Agak ngeri ya kalau harus membayangkan mengganti ECU, soalnya harganya juga tidak murah. Segera reset ECU begitu sudah ada tanda – tanda penurunan kemampuan, sebab penyetelan ulang ini bisa membuat motor kembali ke kondisi standar pabrik. 

Setel ulang injeksi ini bisa dilakukan pada motor matic dan motor bebek. Kalian juga bisa melakukannya secara manual, terutama untuk motor pabrikan Honda. Selain mudah dilakukan, penyetalan ulang ini juga dapat mengembalikan performa mesin yang menurun. 

 

2. Cara Reset DLC

 

Reset DLCDLC juga perlu di reset jika motor injeksi loyo

Lalu bagaimana prosedur reset injeksi sepeda motor? Moladiners pertama-tama harus menemukan lokasi DLC alias Diagnosis Link Connector. Lokasinya beda-beda ya untuk tiap pabrikan motor. 

Letak DLC untuk motor injeksi pabrikan Yamaha biasanya dekat dengan accu motor. Adapun motor Honda DLC-nya kebanyakan terletak di bawah jok. Posisi DLC untuk Suzuki Nex hampir sama  dengan pabrikan Yamaha, yaitu terletak dekat dengan accu. 

Langkah selanjutnya adalah buka penutup DLC kemudian lepaskan pengunci DLC. Lakukan langkah ini dalam keadaan mesin mati dan stop kontak ada di posisi off. Selanjutnya, lakukan teknik jumper pada DLC yakni dengan cara menghubungkan kabel berwarna cokelat dengan kabel warna hijau atau hitam.

Setelah proses jumper selesai, silakan menyalakan stop kontak dengan memutarnya ke posisi on. Jangan lama-lama, setelah tiga detik Moladiners bisa mencabut kabel jumper DLC. Setelah lima detik, kalian bisa memasang jumper ke tempatnya seperti sedia kala. 

Apa tandanya kalau proses jumper ini sukses? Untuk mencari tahu proses tadi sukses atau tidak, Moladiners bisa memeriksa indikator lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp). Apabila berkedip dengan cepat kaya lampu sein begitu, berarti proses reset DLC sukses. 

 

3. Cara Reset ECU

Reset ECUSetel ulang ECU

Beres dengan DLC, sekarang waktunya Moladiners menyetel ulang ECU. Sebelum mereset ECU, Moladiners harus memastikan bahwa tidak ada kode kerusakan yang tersimpan di ECU. Apabila ada kerusakan, bisa dipastikan acara penyetelan ulang ini bisa gagal total.

Selanjutnya, kalian harus memastikan bahwa jumper DLC masih terpasang. Moladiners kemudian putar gas ke posisi full saat stop kontak dalam posisi off. Setelah itu, nyalakan stop kontak ke posisi on, dan tunggu beberapa saat hingga lampu MIL berkedip. 

Setelah lampu MIL berkedip, tunggu tiga detik sebelum melepas pegangan gas. Lalu, putar stop kontak kembali ke  posisi off. Moladiners selanjutnya bisa mencabut kabel jumper DLC.

Biasanya kedipan lampu MIL di proses yang ke dua ini lebih pelan apabila dibandingkan dengan proses reset DLC. Apabila kedipan pendek ini terjadi, bisa dipastikan langkah reset ECU sukses.  

 

Honda Scoopy All New

*Angsuran mulai dari

 

4. Tes Motor

Setelah semua proses di atas dijalankan dengan benar, silakan menyalakan motor. Lalu, periksa kembali lampu MIL-nya. Apabila masih berkedip, segera cek sistem perkabelan motor kesayangan kalian. 

Pastikan bahwa tidak ada kabel yang putus maupun soket yang lepas. Sebab keduanya bisa membuat lampu MIL berkedip-kedip. Lampu MIL yang tidak berkedip menandakan rangkaian proses reset berjalan dengan baik. 

Selanjutnya coba tes kegarangan motor yang sudah kalian reset, Moladiners. Pastikan bahwa performanya sudah kembali seperti sedia kala. Kalian juga bisa melakukan pengecekan performa menggunakan scanner yang tersedia di bengkel-bengkel resmi. 

Terkesan gampang ya proses reset-nya? Eh tapi memang gampang sih, hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit kok asal kalian sudah tahu dimana lokasi DLC-nya. 

Saran Jinny sih, supaya tidak salah langkah dalam melakukan proses reset, serahkan saja pada ahlinya. Moladiners bisa membawa motor kesayangan ke bengkel resmi terdekat. 

Ingat, proses reset ECU ini penting supaya motor kalian gak loyo, sob. Semoga bermanfaat informasinya ya dan selamat menyetel ulang motor kesayangan!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *