by

Spesifikasi Yamaha MT-07 Vs MT-09, Beli yang Mana?

MT-07 Vs MT-09 – PT Yamaha Indonesia Motorcycle Manufacturing resmi memasarkan MT-09 dan MT-07 terbaru di Indonesia. Keduanya merupakan naked sport yang masuk kelas motor gede, lantaran pakai kubikasi mesin bear. Oleh karena itu, wajar bila harganya mencapai Rp 200 jutaan.

“Saya sangat bersemangat untuk meluncurkan produk CBU baru kami yaitu MT-07 dan MT-09 di Indonesia. Kunci dari CBU Yamaha adalah selalu Made in Japan! Dan kami sangat bangga bahwa produk line up MT kami mulai dari 155cc sampai 900cc sekarang sudah lengkap,” kata President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Minoru Morimoto dalam siaran pers yang kami terima, Kamis (28/8/2020).

Dia menambahkan, Yamaha sadar bahwa situasi saat ini sedang sulit lantaran Pandemi Virus Korona. Oleh karenanya, kelahiran MT-07 dan MT-09 diharapkan bisa menjadi angin segar yang mengembalikan semangat berkendara untuk masyarakat Indonesia.

“Kita adalah pengguna sepeda motor dan kita penuh semangat dan kita sangat kuat. Mari jaga semangat tetap tinggi dan naik sepeda motor lagi!,” bebernya.

Lalu apa perbedaan Yamaha MT-07 Vs MT-09? Untuk mengetahui jawabannya, simak komparasi berikut ini:

Desain Sederhana Vs Bengis

yamaha mt-07
Tampilan MT-07 sangat sederhana dengan lampu depan tunggal dan suspensi depan teleskopik

Melihat tampilannya, kamu pasti langsung bisa membedakan antara motor Yamaha MT-07 dan MT-09. Kuda besi yang pertama disebutkan memiliki desain sederhana dengan lampu depan tunggal. Kemudian suspensi depannya masih mengandalkan teleskopik.

Kelebihan lain dari MT-07, bobotnya sangat ringan yaitu cuma 164 Kg. Hal ini dikarenakan struktur rangka bertipe tubular yang bisa menghemat berat total motor. Walau ringan, Yamaha mengklaim rangka tersebut tetap kokoh.

Bukan cuma itu, MT-07 juga istimewa dengan tinggi jok 805 mm. Cukup rendah untuk ukuran motor gede, alhasil pengendara dengan postur 168 cm tidak terlalu jinjit, saat duduk di atasnya. Dengan spesifikasi tersebut, pengendara moge pemula sekalipun bakal nyaman menungganginya.

Baca juga  Sosok Yamaha Nmax Adventure Muncul di Thailand

Sementara Yamaha MT-09 tampil lebih bengis dengan penggunaan lampu utama ganda seperti mata predator. Kemudian suspensi depan telah mengadopsi upside down, sehingga tampilannya tampak semakin gagah.

Ciri khas lain, di bagian belakang tidak ada sepatbor yang menggantung di ekor. MT-09 menggunakan desain sepatbor menempel di roda belakang. Hal ini menjadikan motor terlihat semakin padat dan kekar.

Bobotnya pun cukup berat dengan total 193 Kg. Tinggi joknya sendiri mencapai 820 mm. Hal ini menjadi bukti, bahwa MT-09 bukanlah untuk pemula. Butuh penyesuaian lebih dulu bila benar-benar ingin menungganginya dengan nyaman.

Fitur Yamaha MT-07 Vs MT-09

yamaha mt-09
MT-09 punya banyak fitur yang tidak dipunya MT-07 seperti quick shifter, traction control, mode berkendara, dan lain-lain

Bicara fitur, banyak sekali perbedaan antara MT-07 Vs MT-09. Kamu bisa melihat banyak kelebihan di MT-09. Ambil contoh kehadiran D-Mode, Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCP), Quick Shift System (QSS), Assist & Slipper Clutch, dan Traction Control System (TCS). Semua fitur itu tidak dipunya oleh MT-07.

Fungsi D-Mode di MT-09 adalah memberi keleluasaan kepada pengendara untuk memilih karakter performa mesin. Tersedia dua opsi: Mode Standard, A, dan B. Khusus Mode Standard untuk berkendara normal di berbagai kondisi jalan. Lalu Mode A untuk mendapat respons mesin yang lebih galak pada putaran mesin rendah dan menengah. Sementara Mode B kebalikannya, sanggup menyajikan respons mesin yang lebih lembut dari Mode Standard.

Selanjutnya fitur YCCT pada MT-09, merupakan sistem kontrol throttle (fly by wire). Fungsinya untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin agar lebih presisi, sesuai kebutuhan performa mesin.

Lalu QSS punya manfaat yang beda lagi di MT-09. Fitur tersebut memudahkan perpindahan gigi naik untuk pengendara supaya lebih cepat, karena tidak perlu mengoperasikan tuas kopling sama sekali.

MT-09 juga sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch, persis dengan kepunyaan Yamaha MT-15. Fungsi assist untuk pengoperasian kopling yang lebih ringan, sehingga pengendara nyaman saat berkendara di kemacetan sekalipun. Sementara  Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah torsi balik ke mesin dari roda belakang saat deselerasi (perlambatan kecepatan), efeknya menjadikan pengendara lebih percaya diri ketika memasuki tikungan.

Baca juga  9 Pilihan Motor Touring 250cc yang Nyaman

Fitur terakhir yang dipunya MT-09 dan tidak dimiliki MT-07 adalah TCS. Sistem tersebut dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Kesamaan Teknologi MT-07 Vs MT-09

MT-07
Yamaha MT-07 dibanderol dengan harga yang lebih murah, Rp 243 juta (OTR Jakarta)

Bila dilihat persamaannya, MT-07 Vs MT-09 ternyata memiliki beberapa fitur yang serupa. Hal ini membuat MT-07 tidak sepenuhnya ketinggalan. Ambil contoh teknologi crossplane crankshaft yang mengadopsi dari motor MotoGP Yamaha, YZR-M1.

Crossplane crankshaft membuat interval pembakaran di dalam mesin menjadi lebih dekat, sehingga mengeliminir daya inersia yang terjadi setelah pembakaran. Efeknya torsi menjadi lebih linear. Tenaga pun lebih selaras dengan putaran throttle. Alhasil performa dan akselerasi jadi maksimal.

Hanya saja ada sedikit perbedaan konstruksi crossplane pada MT-09 vs MT-07. Di motor MT-09 menggunakan jarak crank pin 120 derajat. Sedangkan MT-07 pakai 270 derajat. Hal ini menyesuaikan dengan konfigurasi mesin masing-masing kuda besi. 

Kesamaan dari MT-07 Vs MT-09 bukan cuma teknologi crossplane crankshaft, tapi juga kehadiran rem cakram ganda di roda depan. Tersedia pula anti-lock braking system (ABS) di kedua motor ini. Dengan demikian pengendara bakal lebih percaya diri saat melakukan pengereman dan diharapkan bisa mencegah potensi kecelakaan.

Performa Mesin MT-07 Vs MT-09

mesin yamaha mt-09
Jantung mekanis kedua motor ini menggunakan teknologi crossplane crankshaft yang mengadopsi dari motor MotoGP Yamaha

Tidak perlu diragukan lagi, perbandingan performa mesin MT-07 Vs MT-09 sudah dipastikan pemenangnya adalah MT-09. Kenapa? Motor ini pakai kubikasi yang lebih besar mencapai 847 cc. Sementara MT-07 cuma 689 cc.

Spesifikasi mesin MT-09 di atas kertas, pakai konfigurasi tiga silinder, DOHC, 12 katup, dengan pendingin cairan. Jantung mekanis itu bisa memuntahkan torsi hingga 87,5 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 115 PS pada 10.000 rpm.

Baca juga  Resmi Dijual, Harga Yamaha XSR155 Rp36 Jutaan

Bandingkan dengan MT-07 yang menggunakan konfigurasi dua silinder, DOHC, 8 katup. Mesin tersebut cuma mampu melontarkan torsi 68 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 74,8 PS pada 9.000 rpm. 

Meski kalah performa, namun MT-07 unggul di kapasitas tangki. Kuda besi ini bisa menampung hingga 16 liter BBM. Dengan demikian, lajunya bakal semakin jauh dan cocok untuk diajak touring. Sementara MT-09 hanya punya tangki berkapasitas 14 liter.

Kesimpulan Yamaha MT-07 Vs MT-09?

mt-07 vs mt-09
Keduanya punya target konsumen yang berbeda. MT-07 lebih cocok untuk pengendara moge pemula, sementara MT-09 buat kamu yang sudah mahir

Setelah melihat komparasi Yamaha MT-07 Vs MT-09 secara lengkap, motor mana yang paling layak untuk dibeli? Tentunya masing-masing punya konsumen.

MT-07 cocok buat kamu yang ingin naik motor gede untuk pertama kali. Bobot ringan, jok rendah, dan mesin tidak terlalu buas bisa jadi pertimbangan. Di samping itu harga MT-07 juga lebih murah, cuma Rp 243 juta (OTR Jakarta).

Lalu untuk Yamaha MT-09 lebih cocok buat kamu yang sudah andal dalam menunggangi motor gede. Hal ini dikarenakan ketika menungganginya diperlukan kemampuan pengendalian terbaik. Bagaimana tidak? Kuda besi ini punya performa mesin buas dan bobot yang tidak bisa dikatakan ringan.

Ditambah lagi harga MT-09 cukup tinggi, Yamaha mematok Rp 290 juta (OTR Jakarta). Jadi pastikan ketika memilikinya, kamu benar-benar bisa menikmati berkendara dengannya.

Baik memilih MT-07 dan MT-09, kamu bakal mendapat layanan istimewa Yamaha Excecutive Service (YES24). Artinya selama 24 jam, konsumen bisa mengakses layanan darurat derek, pengantaran bahan bakar, pengecasan aki, penangangan ban kempes, serta call center di nomor 021-1500 552.

Jika ternyata bujet kamu tidak sampai, Yamaha juga menyediakan motor MT-series dengan harga lebih murah. Sebut saja MT-15 dan MT-25.

Comment

Leave a Reply

Terbaru