Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

3 Spesifikasi Fang Cheng Bao dari BYD, Satu Modelnya Hadir Dengan Landasan Drone

by Ivan
Spesifikasi Fang Cheng Bao Super 3

Kita bedah spesifikasi Fang Cheng Bao dari BYD yang beberapa waktu lalu menggelar Konferensi Pers dan meluncurkan tiga mobil baru Pertama ialah SUV konsep Super 3 untuk kawula muda, SUV andalan Bao 8, dan supercar convertible berlabel Super 9.

Fang Cheng Bao merupakan anak perusahaan BYD
Fang Cheng Bao merupakan anak perusahaan BYD

1. Spesifikasi Fang Cheng Bao Super 3/Bao 3

Konsep Super 3 merupakan SUV entry-level yang saat jadi versi produksinya akan berganti nama menjadi Bao 3. Dimensi mobil ini seukuran Compact SUV dengan ukuran panjang mencapai 4,7 meter. Tampilannya yang kokoh dan nampak bergaya ALTO ini memang menyasar konsumen yang notabene pembeli muda.

Panjang Fang Cheng Bao Super 3 mencapai 4,7 meter
Panjang Fang Cheng Bao Super 3 mencapai 4,7 meter

Fang Cheng Bao mengklaim bahwa Super 3 “menonjolkan kepribadian anak muda”. Hal menarik dari mobil ini ialah bagian atap yang disediakan landasan drone mendarat. Detail unik ini diakui perusahaan ialah untuk memberikan pengalaman “car-to-sky”.

Desain keseluruhan Fang Cheng Bao Super 3 memang terlihat garang, dengan ban off-road berukuran besar, sepatbor besar, dan ground clearance tinggi.

Berbeda dengan model saudaranya, Bao 5, yang merupakan PHEV, Bao 3 akan sepenuhnya bertenaga listrik. Seolah desain futuristik saja belum cukup, BYD menyebut sasis Bao 3 terinspirasi dari “Star Wars”.

Spesifikasi Fang Cheng Bao Super 3
Spesifikasi Fang Cheng Bao Super 3

Lihat saja tuas pintu tersembunyi dan kaca spion elektronik. Berpadu dnegan lengkungan roda yang lebar dan ban serep yang dipasang menggantung di belakang sukses menambah kesan hard-core mobil ini.

Super 3 alias Bao 3 juga akan akan debut di Beijing Auto Show 2024 di Beijing minggu depan dan ditaksir harga jualnya mencapai 200.000 Yuan atau setara 27.600 USD (Rp 449 jutaan) dan diproyeksi meluncur pada kuartal keempat.

2. Spesifikasi Fang Cheng Bao 8

Spesifikasi Fang Cheng Bao 8
Spesifikasi Fang Cheng Bao 8

Sementara Bao 3 ditetapkan menjadi SUV entry-level dalam keluarga Fang Cheng Bao. Maka Bao 8 (Leopard 8) diharapkan menjadi SUV andalan merek tersebut. Ini bukan sebuah konsep tetapi hampir siap produksi.

Ia diposisikan sebagai SUV besar dan menggunakan platform hybrid Dual Mode Off-road (DMO) BYD. Mobil ini akan menampilkan konfigurasi kursi tiga baris dan dilengkapi dengan sistem suspensi Disus-P BYD.

Desain bodinya memang mengotak namun sukses dikerjakan dengan detail dan nampak. Ini sedikit mirip dengan andalan merek saudaranya, BYD YangWang U8. Mobil ini sudah dilengkapi lidar di bagian atas kaca depan. Bao 8 kemungkinan besar tak hanyak tersedia dalam model Plug-in Hybrid (PHEV) atau Hybrid (EREV) biasa.

Setelah resmi mengaspal, mobil siap untuk bersaing dengan Toyota Land Cruiser atau Tank 700 Hi4-T, dan CarNewsChina memperkirakan harga dasarnya sekitar 500.000 yuan atau 69.000 USD (Rp 1,1 miliar) dan siap merangsek pasar otomotif Cina pada kuartal ketiga.

3. Bao 5 Rival Pajero Sport dan Fortuner

Penampilan Fang Cheng Bao 5
Penampilan Fang Cheng Bao 5

SUV Bao 5 (Leopard 5) diluncurkan November tahun lalu dan diklaim sudah dikirim ke konsumen sebanyak 3.550 unit di bulan Maret, naik 53% dari 2.310 unit di bulan Februari. Pengiriman kumulatif lebih dari 20.000 unit, klaim BYD.

Diposisikan di antara Bao 3 dan Bao 8 yang akan datang, Fang Cheng Bao 5 atau Bao Leopard masuk di segmen Big SUV yang dihuni nama-nama seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan Terra, ataupun juga Isuzu MU-X. Bagi konsumen yang berminat bisa menebus mobil ini mulai dari 289.800 Yuan atau sekitar Rp 40.000 USD (Rp 732,6 juta)

BYD menjual 3 juta kendaraan pada tahun 2023 dan berencana meningkatkannya menjadi 3,6 juta pada tahun 2024. Selain mobil dengan emblem BYD, pabrikan raksasa nomer 1 di Cina ini juga memiliki tiga merek baru yakni Denza, Fang Cheng Bao, dan YangWang.

Fang Cheng Bao diterjemahkan sebagai Formula Leopard dalam bahasa Inggris. Bao 5 kadang-kadang disebut Leopard 5, meskipun nama resmi dalam bahasa Inggris belum terungkap.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika