by

4 Rekomendasi Motor Sport yang cocok untuk Orang Pendek

Motor Sport untuk Orang Pendek – Kali ini kita akan membahas soal motor sport. Ya, motor sport adalah kendaraan idaman banyak bikers, terutama untuk mereka yang memiliki postur tinggi.

Jika kamu punya tubuh tinggi, maka tampilan bakal terlihat pas saat menunggangi motor sport. Nah bagaimana ceritanya buat yang cuma memiliki postur relatif mungil, sekitar 155 – 165 cm? Apakah juga bisa mengendarai motor sport?

Jangan khawatir, kalian tetap bisa mengendarai motor sport buat sehari-hari.  Tidak percaya? Dani Pedrosa yang merupakan legenda balap MotoGP saja cuma punya tinggi 158 cm.

Maka dari itu, kalau kamu memiliki postur pendek bukanlah masalah. Hal terpenting adalah kepercayaan diri dan keahlian berkendara.

Buat kamu yang masih pemula, barulah permasalahan timbul. Kenapa? Kebanyakan motor sport punya jok tinggi. Alhasil kaki orang bertubuh pendek kesulitan menapak ke aspal. Ini tentu mengurangi rasa percaya diri ketika berkendara, apalagi saat bertemu kemacetan.

Hanya saja, bukan berarti semua motor sport tidak cocok untuk orang pendek. Setidaknya ada beberapa yang memang diciptakan memiliki spesifikasi ramah untuk pemilik tinggi badan 155 – 165 cm. Bisa dikatakan inilah motor sport yang Indonesia banget.

Tips Memilih Motor untuk Orang Pendek

spesifikasi benelli patagonian eagle efi
Motor bergaya cruiser bisa jadi alternatif untuk orang berpostur pendek

Kalau kamu punya postur tubuh pendek atau sekitar 160 cm, sesungguhnya bukan motor sport yang cocok, melainkan cruiser. Ciri khasnya punya jok rendah dengan pijakan kaki agak ke depan. Alhasil rasa berkendaranya begitu rileks.

Saat duduk di joknya, kaki juga dijamin tidak jinjit. Maklum, motor cruiser biasa memiliki tinggi jok tidak lebih dari 700 mm.

Hanya saja pilihan motor cruiser di Indonesia tidak terlalu banyak. Terlebih yang punya harga terjangkau. Kebanyakan justru datang dari merek-merek Cina, seperti Benelli dan SM Sport.

Kalau pabrikan Jepang, sebenarnya juga menjual model cruiser. Namun untuk kelas premium, sebut saja Honda Rebel 500 dan Kawasaki Vulcan S. Bagaimana, tertarik untuk meminang cruiser?

Daftar Motor Sport untuk Orang Pendek

Suzuki GSX-R150 Modifikasi
Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 termasuk ke dalam rekomendasi motor sport untuk orang pendek

Sesungguhnya motor sport memang mustahil untuk punya jok yang rendah. Hal ini lantaran berhubungan dengan membuat rasa berkendara menyenangkan dan menyesuaikan performa mantap. Oleh karenanya, kebanyak motor sport memiliki tinggi jok di kisaran 800 mm.

Baca juga  Sejarah Yamaha Vixion, Sejak 2007 Hingga Sekarang

Namun, jika kamu tetap bersikeras untuk mencari motor sport dengan jok rendah. Ternyata ada, hanya saja tidak banyak. Kami menemukan ada empat motor sport yang cocok untuk orang pendek. Pilihannya mulai dari Honda Sonic 150R, Suzuki Satria F150, Honda CB150 Verza, dan si kembar GSX-150.

Meski demikian, untuk pemilik tinggi 155-165 cm, kaki tetap saja bakal jinjit. Hanya saja tidak bakal terlalu parah. Setidaknya ini bisa membuat pengendara pemula lebih percaya diri saat menunggangi motor.

1. Honda Sonic 150R

motor sport untuk orang pendek
Honda Sonic 150R merupakan salah satu motor sport yang cocok untuk orang dengan tinggi 160 cm

Rekomendasi motor sport untuk orang pendek yang pertama adalah Honda Sonic 150R. Bergaya ayam jago, kuda besi ini memang diciptakan mengakomodir pasar roda dua di Asia Tenggara. Di belahan negara lain tidak ada.

Desain motor ayam jago sangatlah unik. Menggunakan bodi belakang layaknya motor bebek. Hanya saja kalau lihat parasnya, serupa dengan motor balap lengkap dengan setang jepit dan tuas kopling. Bisa dikatakan, inilah motor sport body kecil.

Honda Sonic 150R merupakan motor sport yang cocok untuk pemilik tinggi 155 – 165 cm. Hal ini lantaran joknya sangat rendah, cuma 762 mm. Lalu desain bodi yang mirip motor bebek, juga memudahkan pengendara untuk berdiri. 

Dijamin kalau naik Honda Sonic 150R, pengendara pemula pasti percaya diri. Motor sport bergaya ayam jago tersebut dapat pula dijadikan batu loncatan, sebelum menunggangi motor sport sebenarnya.

Walau ramah dengan orang pendek, namun bukan berarti kamu bisa seenaknya menunggangi Honda Sonic 150R. Motor ini tetaplah punya mesin berperforma tinggi hasil turunan dari CBR150R. Jadi, wajib berhati-hati serta utamakan selalu safety riding.

Harga Honda Sonic 150R mulai Rp23,45 juta (OTR Jakarta).

2. Suzuki Satria F150

motor sport untuk orang pendek
Suzuki Satria F150 dengan livery ala Suzuki Ecstar MotoGP.

Suzuki Satria F150 juga bisa jadi rekomendasi motor untuk orang pendek selanjutnya. Dari sisi kelas, motor ini merupakan rival kuat dari Honda Sonic 150R. Sama-sama motor sport body kecil bergaya ayam jago dan dibekali mesin 150 cc dengan transmisi 6-percepatan manual pakai kopling.

Bedanya, Suzuki Satria F150 punya nama lebih besar di Tanah Air. Motor ini bisa dikatakan sebagai legenda di Indonesia. Nama Satria telah digunakan lebih dari 20 tahun oleh Suzuki. Lalu versi ayam jagonya, telah mengaspal sejak 2004.

Baca juga  Motor Sport Listrik Blackberry, Canggih Pakai Kamera 360!

Dari sisi performa mesin, Suzuki Satria F150 juga jauh lebih mantap. Jantung mekanisnya mampu menyemburkan torsi hingga 13,8 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal mencapai 18,23 hp pada 10.000 rpm. Sementara Sonic 150R cuma bisa menelurkan torsi 13,5 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga 15,8 hp pada 9.000 rpm.

Kelebihan lain dari motor ayam jago berlogo S, memiliki fitur alarm dan answerback system. Tidak hanya itu, ada pula kompartemen penyimpanan di leher bodi dan USB charger untuk mengisi daya baterai smartphone sepanjang perjalanan.

Lalu bicara motor sport untuk orang pendek, kenapa Suzuki Satria 150 masuk sebagai rekomendasi? Pertama karena bobotnya ringan, cuma 109 Kg. Ditambah lagi tinggi joknya 765 mm. Kombinasi dua hal tersebut tentu mampu membuat pengendara pemula lebih percaya diri ketika menungganginya.

Soal harga, Suzuki Satria F150 dipasarkan mulai Rp25,36 juta (OTR Jakarta).

3. Honda CB150 Verza

motor sport untuk orang pendek
Di kelas naked sport 150 cc, Honda CB150 Verza merupakan kuda besi yang punya tinggi jok paling rendah.

Rekomendasi motor sport untuk orang pendek selanjutnya adalah Honda CB150 Verza. Tinggi joknya ada di angka 773 mm. Kalau kamu pemilik postur 160 cm, pasti sedikit jinjit. Namun, tidak separah kalau naik motor sport pada umumnya.

Kelebihan Honda CB150 Verza lainnya, punya harga terjangkau. Banderolnya mulai Rp20 jutaan. Lalu soal mesin, pakai kapasitas 150 cc berteknologi SOHC tanpa pendingin cairan yang punya perawatan murah. Kemudian untuk padanan jantung mekanis tersebut, menggunakan 5-percepatan manual.

Hal unik lain dari Honda CB150 Verza adalah desainnya. Motor ini punya lampu depan bulat, kemudian tersedia pilihan pelek jari-jari dan palang. Soal fitur modern, pabrikan berlogo sayap tidak memberi banyak. Cuma ada panel instrumen digital, rem cakram di roda depan, dan kunci kontak bermagnet. 

Oleh karena harga yang terjangkau dan minim teknologi modern, banyak konsumen yang memakai Honda CB150 Verza sebagai bahan modifikasi. Mereka cuma memanfaatkan rangka dan mesin saja. Lalu komponen lain diganti sesuai kebutuhan.

Baca juga  Spesifikasi Aprilia GPR150 ABS, Yamaha R15 Waspadalah!

Paling mudah, Honda CB150 Verza diubah menjadi motor modifikasi Scrambler. Cukup ganti ban dengan model dual purpose, lalu pakai jok datar, dan ganti setang dengan ukuran lebih tinggi. Tertarik punya?

Baca juga:

4. Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150

motor sport untuk orang pendek
Motor Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 punya bodi ramping, bobot ringan, dan jok rendah.

Rekomendasi terakhir motor sport untuk orang pendek adalah si kembar Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150. Kuda besi tersebut dianggap pas, lantaran punya jok yang juga terbilang rendah, cuma 785 mm.

Bobotnya pun ringan, hanya 113 Kg. Kelebihan lain dari motor sport ringan ini memiliki bodi ramping, alhasil duduk di joknya terasa nyaman tanpa perlu mengangkang.

Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 punya keistimewaan lain dibandingkan motor sport 150 cc sejenis. Mulai dari performa mesin yang mantap, terutama dalam hal mengeluarkan tenaga di putaran atas. Di atas kertas, jantung mekanis itu sanggup melontarkan torsi 14 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga maksimal 18,9 hp pada 10.500 rpm.

Bukan cuma itu, kedua motor tersebut adalah pelopor penggunaan sistem keyless di kelas 150 cc. Keyless merupakan pengganti kunci konvensional dengan kenop pintar dan remote. Alhasil untuk mengaktifkan mesin, pengendara tidak perlu lagi memasukkan anak kunci ke lubang kunci.

Dengan keyless di GSX-R150 dan GSX-S150, kamu cukup masukkan remote ke saku. Lalu tekan dan putar kenop pintarnya. Terakhir tekan tombol starter. Sistem keyless juga lebih aman dari maling. Fitur ini terintegrasi dengan immobilizer, memastikan hanya remote bawaan pabrik yang bisa dipakai untuk mengaktifkan mesin.

Tidak hanya itu, si kembar juga memiliki fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS). Fungsinya untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan begitu, pengendara diharapkan masih bisa mengendalikan motor dan menghindar dari potensi kecelakaan.

Jika kamu tertarik meminang GSX-R150, harganya mulai dari Rp30,6 juta (OTR Jakarta). Sementara GSX-S150 dipasarkan mulai Rp27,4 juta (OTR Jakarta).

Itulah tadi rekomendasi motor sport untuk orang pendek. Kira-kira produk apa yang tertarik untuk kamu miliki?

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 comments

Terbaru