5 Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX, Harga Terjangkau!

by Firdaus Ali
Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX

Berikut akan kami ulas mengenai spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX yang baru saja meluncur di IMOS 2023. Soal harga, skutik ini dijual Rp 24,7 juta (OTR Jakarta).

Suzuki akhirnya hadirkan Burgman terbaru untuk pasar Indonesia. Hanya saja bukan untuk menantang eksistensi dari Honda PCX dan Yamaha Nmax, Burgman Street 125 EX justru menyasar pasar dari Yamaha Lexi. Hal ini dikarenakan, walau bodinya bongsor, tapi kapasitas mesinnya cuma 125 cc.

Kalau dibandingkan dengan Yamaha Lexi, harga Suzuki Burgman 125 EX yang mencapai Rp 24,7 juta (OTR Jakarta) termasuk terjangkau. Pasalnya banderol Lexi mulai Rp 23 – 28,65 juta tergantung varian.

“Suzuki memperkenalkan Burgman Street 125EX sebagai lini produk pilihan terbaru untuk sepeda motor Suzuki yang hadir dengan gaya baru lebih elegan dan performa berkendara yang memuaskan di kelasnya,” terang General Manager Sales & Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales, Shigemori Keisuke (25/10/2023).

Dengan tampilan yang menarik serta harga yang tergolong terjangkau, seperti apa spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX ini, mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Desain dan Dimensi Proporsional

Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX

Desain elegan

Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX yang akan kita bahas pertama adalah dari sisi perpaduan desain dan dimensinya. Garis dan lekukan body skutik ini berpadu harmonis dengan desain headlamp, bentuk jok dan lampu belakang. Ada pula Windscreen yang dipasang di depan body untuk membantu meningkatkan kenyamanan sekaligus menambahkan sentuhan gaya yang elegan.

Berikut dimensi Suzuki Brugman Street 125 EX yang meluncur di IMOS 2023:

  • Panjang: 1.875 mm
  • Lebar: 700 mm
  • Tinggi 1.140 mm
  • Wheelbase: 1.290 mm
  • Ground Clearance: 160 mm
  • Tinggi jok: 780 mm
  • Bobot: 111 kg
Baca juga  Sejarah Suzuki Thunder 125 di Indonesia

2. Racikan Kaki-kaki dan Sistem Pengereman Dukung Kenyamanan Berkendara

Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX

Racikan kaki-kaki mendukungkenyamanan berkendara

Selain dimensi dan desain yang proporsional, Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX juga didukung dengan racikan kaki-kaki yang memadai.

Pengaturan yang cukup keras untuk suspensi depan diklaim membantu mewujudkan pengendaraan yang mulus. Suspensi depan dan belakang disetel menyesuaikan ban dan roda secara pas untuk mencapai keseimbangan yang baik antara stabilitas, performa pengendalian yang solid, pengendalian yang gesit, dan kenyamanan.

Kemudian Brugman Street 125 EX juga sudah pakai Suzuki’s Combined Brake System. Fungsinya untuk mendukung pengereman yang seimbang dengan mendistribusikan kekuatan pengereman ke roda depan dan belakang saat mengoperasikan tuas rem sebelah kiri.

Rem cakram depan berdiameter 190mm dan rem tromol belakang 130mm berkontribusi dalam memberikan daya pengereman yang stabil.

Suspensi depan pakai Telescopic, coil spring, oil damped. Kemudian suspesi belakang menggunakan tipe Swingarm, coil spring, oil damped. Untuk ukuran rem cakram depan berdiameter 190 mm dan rem tromol belakang 130mm.

Sementara itu untuk ukuran ban depan yaitu 90/90-12 44J, tubeless dan ban belakang 100/80-12 56J, tubeless.

3. Posisi Berkendara Suzuki Brugman Street 125 EX

Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX

Posisi berkendara cukup nyaman

Posisi berkendara Suzuki Brugman Street 125 EX terlihat cukup nyaman. Jok dengan ukuran yang cukup lebar dan didukung busa yang empuk tentunya membuat pengemudi dan penumpang tidak mudah capek.

Baca juga  6 Alasan Kenapa Harus Beli Suzuki GSX-R150

Selain itu, Floorboard yang proporsional memungkinkan fleksibilitas dalam posisi kaki yang membantu mempertahankan posisi berkendara yang nyaman, dan desain nya juga membuatnya lebih mudah untuk naik dan turun dari motor. Pijakan kaki khusus di bagian depan memberikan ruang ekstra yang dapat digunakan untuk meregangkan kaki demi kenyamanan yang lebih baik saat berkendara.

Oh ya, untuk mendukung kenyamanan penumpang, terdapat pijakan kaki dari bahan aluminium dan dapat dilipat serta disimpan dengan rapi saat tidak digunakan.

4. Fitur Suzuki Brugman Street 125 EX

Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX

Ada fitur untuk mengisi gawai

Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX selanjutnya adalah dari sisi kelengkapan fitur. Skutik seharga Rp 24 jutaan ini sudah dilengkapi dengan Outlet USB 2A yang terletak di dalam kompartemen kiri yang memudahkan pemiliknya mengisi smartphone saat berkendara.

Selanjutnya ada pula lampu LED biru yang menarik di sekeliling stopkontak dan akan tetap menyala selama kunci kontak dinyalakan. Hal ini tentunya membuat stop kontak mudah ditemukan di malam hari atau dalam kondisi gelap lainnya.

Untuk mendukung fitur keselamatan, Brugman Street 125 EX dibekali Suzuki’s side stand interlock system guna mencegah mesin menyala saat side stand masih berada di bawah untuk melindungi pengemudi agar tidak gegabah menyalakan mesin.

Untuk fitur keamanan, Brugman Street 125 EX menggunakan mekanisme magnetik yang dikodekan ke kunci. Selain itu, shutter akan menutup kembali hanya dengan menekan satu tombol saja. Ada juga fungsi praktis yang membuka jok dengan kunci yang masih berada di kunci kontak.

Baca juga  4 Tips Beli Suzuki GSX-R150 Kredit Supaya Nyaman

Oh ya, kapasitas bagasi di bawah joknya juga tergolong besar, yaitu 21,5 liter. Dengan ukuran itu, pemilik Brugman Street 125 EX bisa menyimpan helm half face, tas belanja, perlengkapan hujan, atau barang lainnya.

5. Mesin Dilengkapi Engine Auto Stop/Start dan SEP-a

Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX

Mesin dilengkapi EASS dan SEP-a

Membahas spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX tentu kurang afdhol tanpa mengulas dapur pacunya. Brugman Street 125 EX pakai mesin 125 cc yang sudah dilengkapi dengan teknologi Engine Auto Stop/Start (EASS).

Teknologi ini punya fungsi secara otomatis mematikan dan menghidupkan kembali mesin saat berhenti untuk mengurangi waktu idle. Hal ini mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi, sehingga terbukti sangat bermanfaat saat berhenti di lampu lalu lintas atau berkendara disaat melewati jalanan yang macet.

Mesin Suzuki Brugman Street 125 EX juga dilengkapi silent Start System Suzuki yang baru untuk pertama kalinya pada skutik atau motor Suzuki. Kemudian, ada juga teknologi mesin Suzuki Eco Performance Alpha (SEP-α).

Berbicara permorma mesin, Brugman Street 125 EX diklaim mampu meraih tenaga 8,6 hp di 6.500 rpm dan torsi 10 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm, disalurkan ke roda belakang dengan CVT. Suzuki klaim untuk konsumsi BBM Burgman Street 125 EX bisa mencapai 56,8 Kpl.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125 EX. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika