Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

6 Perbedaan Kia Carnival 2024 vs Carnival Gen 4

by Ivan
Perbedaan Kia Carnival 2024 vs Carnival Gen 4

PT Kreta Indo Artha (KIA), selaku agen pemegang merek Kia di Indonesia resmi menampilkan The New Kia Carnival. Ini dia 5 perbedaan Kia Carnival 2024 vs Carnival Gen 4.

Seperti kita tahu, Kia Carnival baru yang dirilis kemarin (29/5) merupakan model facelift dari model Kia Carnival gen 4 yang faktanya sudah ludes terjual. Bahkan konsumen yang berminat tak perlu menunggu lama unit Cranival baru ini akan mendarat di garasi rumah.

“Pengiriman bisa diterima konsumen bulan depan karena banyak yang sudah lama membeli dari saat di IIMS. Jadi mereka akan langsung mendapat unit baru karena stok Carnival lama sudah habis. Paling banyak terjual yang varian 11 seater bukan yang 7 seater,” bisik Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, di Jakarta (29/5).

Tanpa berlama-lama, ini dia 6 perbedaan Kia Carnival 2024 vs Carnival Gen 4

1. Wajah Baru

Harga Kia Carnival baru terbagi tiga varian
Harga Kia Carnival baru terbagi tiga varian

The New Kia Carnival atau Kia Carnival 2024 sejatinya merupakan versi penyegaran dari Kia Carnival gen 4. Meski begitu perubahan besar cukup melekat ada area fascia dan juga buritan.

Wajah Kia Carnival 2024 tampil fresh identitas Tiger Nose Grille baru berpadu headlamp berbentuk vertikal yang seluruhnya mengadopsi teknologi LED Proyektor dengan High Beam Assist dan dikombinasikan dengan lampu DRL bergaya Star Map Lamp LED.

Perbedaan Kia Carnival 2024 vs Carnival Gen 4
Perbedaan Kia Carnival 2024 vs Carnival Gen 4

Tak cuma urusan lampu, pada bumper depan Carnival 2024 ini juga dibuat lebih dinamis berbeda dengan Carnival gen 4. Geser ke bagian samping, ada velg model baru dengan kombinasi warna two tone. Untuk Kia Carnival 11-seater mengadopsi velg berukuran 18 inci, dan Carnival 7-seater pakai velg lebih besar yakni 19 inci.

Baca juga  Harga Kia Carnival Baru Yang Makin Modern Luar Dalam

Di area belakang jadi improvement paling oke menurut kami. Lampu belakangnya dibuat memanjang mengadopsi gaya Star Map Lamp LED yang sama seperti lampu DRL di bagian depan. Plus bagasi yang sudah mendapatkan fitur Smart Power Tailgate begitu juga dengan Smart Power Sliding Door.

2. Interior lebih Berkelas

Interior lebih berkelas
Interior lebih berkelas

Perbedaan Kia Carnival 2024 vs Carnival gen 4 juga berlanjut di kabin. Interior Carnival 2024 turut mendapatkan banyak sentuhan mulai bagian dasbor yang hadir dengan desain lebih mewah mengadaptasi dari perpaduan bahasa desain interior Kia EV6 dan Kia EV9.

Ukuran layer di Carnival gen 4 sebelumnya memang sudah 12,3 inci, namun pada Kia Carnival 2024 kini dilengkapi dengan Panoramic Curved Display. Ini merupakan perpaduan antara layar 12,3” Curved Display Premium Cluster dan 12,3” Infotainment Display dengan konektivitas nirkabel ke Apple CarPlay dan Android Auto.

Oh ya jok pengemudi dan penumpang depan Kia Carnival juga sudah mengadopsi fitur Electric Adjustable Seat with Memory and Lumbar Support yang akan memudahkan pengemudi dan penumpang mengatur posisi duduk sesuai kebutuhan.

Jok baris kedua dan ketiga juga diberikan sederet fitur
Jok baris kedua dan ketiga juga diberikan sederet fitur

Menariknya lagi di model facelift ini sudah tertanam Premium Sound System dari BOSE dengan 12 speakers pada varian Premiere. Plus pengaturan Infotainment & Climate Switchable Control untuk AC seperti tersemat pada Kia EV6.

Baca juga  Harga Kia Carnival Baru Yang Makin Modern Luar Dalam

Kia Carnival sudah dilengkapi dengan Dual Wide Sunroof yang semakin menambah aura premium serta memberikan kesan lebih lapang pada bagian interior. Sementara untuk penunjang kenyamanan lain hadir Wireless Charging, Digital Center Mirror, serta Side Manual Sunshade Curtain pada baris kedua dan ketiga.

3. Fitur ADAS Lengkap, Airbag Lebih Banyak

Kia Carnival baru sepanjang 5,1 meter bisa angkut 11 penumpang
Kia Carnival baru sepanjang 5,1 meter bisa angkut 11 penumpang

Sebagai MPV premium, Kia Carnival 2024 dibekali dengan sederet fitur keselamatan pasif dan aktif. Dalam hal fitur keselamatan pasif, The New Kia Carnival kini sudah dilengkapi dengan 8 titik Airbag atau lebih banyak dibandingkan sebelumnya yang hanya 7 titik.

Sementara fitur keselamatan aktifnya berlimpah. Mulai Smart Cruise Control with Auto Stop and Go, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Forward Collision-avoidance Assist with Junction Turning, Blind Spot Collision-avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, Rear Cross Collision-avoidance Assist, serta Driver Attention Warning.

Tidak hanya itu, The New Kia Carnival juga sudah mendapatkan fitur unggulan lain, seperti Rear Occupant Alert, Safe Exit Assist, dan Parking Distance Warning. Ada juga fitur kamera parkir 360 atau Surround View Monitor pada varian Premier

4. Pilihan Warna Berkurang Tapi Ada 1 Warna Baru

Lampu belakang Kia Carnival baru kini mengadopsi gaya Star Map Lamp LED
Lampu belakang Kia Carnival baru kini mengadopsi gaya Star Map Lamp LED

Untuk pilihan warna, The New Kia Carnival memang hanya menyediakan 5 pilihan warna. Berkurang dari model Carnival gen 4 sebelumnya yang memiliki 5 pilihan warna.

Absennya warna flare red kini berganti warna ceramic silver. Sisanya ada 3 pilihan warna lain yakni Snow White Pearl, Aurora Black Pearl, dan Astra Blue.

Baca juga  Harga Kia Carnival Baru Yang Makin Modern Luar Dalam

5. Mesin Hybrid, Nanti Dulu

Masih pakai mesin diesel lama 2.200cc
Masih pakai mesin diesel lama 2.200cc

Saat dikonfirmasi langsung mengapa Kia Carnival 2024 tetap menawarkan 1 pilihan mesin yang sama dengan model sebelumnuya yakni mesin Diesel Smartstream Engine D berkapasitas 2.200 cc CRDi yang mampu menghasilkan tenaga 194 PS dan torsi maksimum 441 Nm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke penggerak 2 roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

Padahal di pasar luar negeri Carnival memiliki mesin hybrid. Ada opsi mesin bensin 1.6 liter turbo dengan sokongan tenaga hybrid. Kia mengklaim total output sistemnya mencapai 245 hp. “Kami tidak bawa yang mesin hybrid karena harganya pasti akan mahal,” kata Ario singkat.

6. Harga Naik Rp 50 Juta

Kia Carnival 2024 terbagi dalam 3 varian. Mulai Kia Carnival Premiere 7-seater: Rp 1.155.000.000, Kia Carnival Premiere 11-seater: Rp 998.000.000, dan
Kia Carnival Dynamic 11-seater: Rp 960.000.000,- keseluruhan Harga on the road Jakarta.

Menariknya dari versi termurahnya, ternyata ada kenaikan harga. “Untuk harganya memang ada kenaikan sekitar Rp 50 jutaan tapi kan konsumen dapat model lebih fresh, kamera parkir 360, premium sound Bose jadi itu worth it-lah,” tutup Ario.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika