7 Tips Penting Motor Matic Jadi Lebih Hemat BBM

Moladin – Dibandingkan motor dengan transmisi manual, motor matic memang memberi kenyamanan lebih dalam berkendara. Hanya saja, kenyamanan tersebut harus dibayar dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tidak heran kalau Moladiners perlu sediakan budget lebih banyak untuk pembelian bahan bakar motor matic.

Meski begitu, bukan berarti Moladiners tidak memiliki cara yang ampuh untuk menghemat BBM pada motor matic. Dengan mempraktikkan tips yang tepat, konsumsi BBM pada motor matic bisa ditekan serendah-rendahnya.

Ingin tahu bagaimana tipsnya, kan? Berikut ini adalah 7 tips yang bisa dipraktikkan dalam upaya menghemat konsumsi bahan bakar motor matic:

 

1. Pilih Jenis Bahan Bakar yang Tepat

7-tips-penting-motor-matic-jadi-lebih-hemat-bbmJenis BBM Dipilih yang Tepat

Banyak orang yang beranggapan kalau bahan bakar dengan oktan tinggi membuat konsumsi bahan bakar motor jadi lebih hemat. Namun, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Pernyataan yang tepat adalah, Moladiners harus memilih jenis bahan bakar yang tepat sesuai jenis motor.

Untuk mengetahui jenis BBM yang tepat, Moladiners bisa mencari tahu rasio kompresi mesin pada motor. Motor yang memiliki rasio kompresi mesin tinggi memerlukan bahan bakar beroktan tinggi biar pembakaran yang terjadi sempurna. Informasi mengenai rasio kompresi mesin ini dapat Moladiners ketahui dari buku pedoman pemilik.

Motor dengan rasio kompresi lebih rendah dari 9:1 cocok dengan bahan bakar Premium. Sementara itu, Pertalite dengan nilai oktan 90 bisa digunakan pada motor dengan rasio kompresi antara 9:1 dan 10:1. Lalu, BBM dengan RON 92, ditujukan untuk motor dengan rasio kompresi 10:1 hingga 11:1, sampai motor dengan rasio kompresi tertinggi.

Lalu, apa dampaknya kalau motor dengan rasio kompresi rendah memakai BBM dengan RON tinggi? Contohnya ketika memilih Pertamax Plus untuk Honda Beat.

Hal seperti ini bisa dibilang cukup mubazir. Motor yang menggunakan BBM dengan RON yang terlalu tinggi, bisa menimbulkan mesin overheat. Tidak hanya itu, hal ini juga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

 

2. Servis Motor Secara Rutin

7-tips-penting-motor-matic-jadi-lebih-hemat-bbmServis motor secara rutin

Biar konsumsi BBM hemat, Moladiners perlu melakukan servis secara berkala. Lewat pemeriksaan kondisi kendaraan secara menyeluruh ketika servis, Moladiners dapat menjaga performa motor biar tetap prima.

Gangguan pada motor seperti flek pada ruang mesin, komponen yang rusak, dan lain-lain, bisa memberi beban tambahan pada mesin motor yang kemudian berimbas ke konsumsi bahan bakar.

 

3. Gunakan Jenis Oli yang Sesuai

Pemilihan jenis oli untuk motor matic juga berpengaruh pada tingkat konsumsi BBM. Jenis oli yang direkomendasikan untuk motor matic adalah oli dengan tingkat kekentalan menengah, tidak terlalu encer atau kental. Oli yang terlalu encer bakal lebih mudah mengalami penguapan. Sementara itu, oli yang kental berpotensi memberi beban tambahan mesin.

Cara yang tepat dalam memilih oli untuk motor matic adalah dengan membaca buku panduan terlebih dulu. Di sana, Moladiners akan menemukan informasi mengenai tingkat kekentalan oli yang sesuai dengan motor. Selanjutnya, Moladiners tinggal menyesuaikannya dengan kode SAE yang ada pada kemasan oli.

 

4. Tarik Gas Perlahan

Kebiasaan berkendara juga berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar motor matic. Ketika berkendara, usahakan Moladiners menjaga kecepatan secara konstan. Kalau ingin melaju dengan kecepatan lebih tinggi, tarik gas secara perlahan. Jangan terbiasa mengubah kecepatan secara tiba-tiba.

 

5. Filter Udara Motor Matic di Cek Secara Berkala

7-tips-penting-motor-matic-jadi-lebih-hemat-bbmFilter udara di cek secara berkala

Kondisi filter udara pada motor matic juga memiliki peran krusial dalam meningkatkan konsumsi bahan bakar. Filter yang kotor, jarang dibersihkan, dan tidak pernah diganti, bisa memberikan dampak adanya kotoran yang masuk pada ruang bakar mesin.

Hal ini kemudian bisa mengganggu suplai udara pada ruang pembakaran. Hasilnya, motor butuh tenaga ekstra untuk setiap proses pembakaran yang dilakukan.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengecek kondisi filter udara mesin matic. Ketika kondisinya sudah kotor, Moladiners bisa membersihkannya. Hanya saja, lakukan pembersihan filter dengan metode yang tepat. Selain itu, ketika filter sudah digunakan menempuh jarak sekitar 20 ribu km, lakukan penggantian.

 

6. Manfaatkan Fitur Eco yang Ada di Motor Matic

Motor matic keluaran terbaru sudah disertai dengan fitur Eco yang tujuan utamanya adalah menekan angka konsumsi bahan bakar. Fitur ini memudahkan Moladiners melakukan penghematan bahan bakar cukup dengan menekan tombol Mode Eco.

 

7. Cek Kelistrikan Motor Matic

Cek kelistrikan

Motor matic yang saat ini dijual di pasaran hampir semuanya sudah menggunakan sistem injeksi. Prinsip kerja sistem injeksi sangat bergantung pada kondisi kelistrikan. Ketika sistem kelistrikan mengalami gangguan, dapat menimbulkan dampak konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

Proses pengecekan sistem kelistrikan bisa dimulai dengan memeriksa kondisi aki. Selanjutnya, Moladiners dapat pula melakukan pemeriksaan pada soket serta kondisi kabel.

Demikianlah 7 tips yang bisa moladiners terapkan untuk menghemat konsumsi bahan bakar motor matic. Semoga bermanfaat.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *