Selasa, April 23, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

8 Tol Gratis Saat Libur Nataru 2022, Hemat Biaya Perjalanan!

by Tigor Sihombing
ruas tol gratis

Totalnya ada 8 tol gratis saat libur Nataru 2022. Hal ini sedang disiapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mendukung arus lalu lintas saat akhir tahun 2022.

Dengan demikian, setidaknya masyarakat yang ingin menikmati liburan Natal dan Tahun Baru bisa menghemat bujet perjalanan, sekaligus mempersingkat waktu tempuh. Khususnya, untuk mereka yang membawa mobil pribadi.

“Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan, termasuk jalan nasional dengan kondisi mantap,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya.

Berikut adalah 8 ruas tol fungsional untuk Nataru:

  1. Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A-Ujung sepanjang 4,8 km. Ruas tol ini telah dilakukan Uji Laik Fungsi tertanggal 23 September 2022.
  2. Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 km yang saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 99,2%. Penyelesaian sisa pekerjaan minor dan Uji Laik Fungsi akan dilaksanakan pada mingu pertama Desember 2022.
  3. Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan Paket 3 Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km. Main road Tol Sadang-Kutanegara siap difungsionalkan mendukung Nataru melalui jalan kawasan industri ke Simpang Susun (SS) Karawang Timur.
  4. Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru sepanjang 7,3 km dan Seksi 6 Kutobaru-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km. Penyelesaian main road kedua ruas ini ditargetkan selesai minggu ketiga Desember 2022.
  5. Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom sepanjang 7,45 km. Ruas ini telah dilakukan Uji Laik Fungsi pada Oktober 2022 lalu.
  6. Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3A Kukusan-Krukut sepanjang 3 km.
  7. Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km. Pada ruas ini masih menyisakan pekerjaan penyelesaian Jembatan Cibadak di KM15+100-KM15+360 ditargetkan selesai 17 Desember 2022 dan di KM18+675-KM18+925 ditagetkan selesai 20 Desember 2022.
  8. Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km. Progres konstruksi Tol Tebing Tinggi-Indrapura sebesar 94,7% dengan target selesai akhir Desember 2022.

Waspada Ketika Lewat Jalan Tol Saat Libur Akhir Tahun 2022

ruas tol gratis

Jalan tol fungsional akan ditutup setiap malam hari untuk menjaga keamanan pengendara saat melintas atau dibuka pada jam-jam tertentu saja hingga batas waktu yang ditentukan.

Sebagai catatatan, 8 titik ruas tol gratis saat libur Nataru 2022 ini belum sepenuhnya selesai, maka dari itu masyarakat ketika melewatinya harus waspada. Mengutip laman resmi bpjt.pu.go.id, bagi masyarakat yang akan melewati tol fungsional tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar perjalanan lebih aman.

Tol fungsional merupakan jalur bebas hambatan yang bisa digunakan secara darurat. Selain itu, jalan tol fungsional tidak dikenai tarif alias gratis saat memasuki dan keluar dari jalan tol tersebut untuk melakukan tapping pembayaran di gerbang tol (jika disiapkan gerbang tol).

Pengemudi juga diwajibkan waspada lantaran di beberapa bagian ada yang belum sempurna, baik kerataan jalan, dan sisa konstruksi sekitar jalan di sisi kanan dan kiri. Selain itu jika Jalan Tol fungsional dirasa cukup panjang ruasnya untuk dilintasi pengendara, akan disiapkan Rest Area sementara dan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM), Bengkel, dan Pos Polisi.

Selain itu jalan tol fungsional akan ditutup setiap malam hari untuk menjaga keamanan pengendara saat melintas atau dibuka pada jam-jam tertentu saja hingga batas waktu yang ditentukan. Hal ini karena jalur tersebut belum dilengkapi pembatas jalan dan lampu penerangan yang maksimal.

Selanjutnya kecepatan mobil dibatasi hanya maksimal 40 Km/jam. Hal ini dilakukan karena kondisi jalan belum mulus. Jadi, jangan berharap bisa gas pol ya!

Pasalnya, ketika kendaraan dipacu lebih dari 50 km/jam, jalanan tersebut akan dipenuhi debu. Kemudian dikhawatirkan pula kondisi licin saat musim hujan. Oleh karenanya, sebaiknya pelan-pelan agar lebih safety dan tidak membahayakan pengemudi lain.

Pengemudi yang melintas diwajibkan menjaga jarak aman, patuhi aturan berkendara dan rambu petunjuk yang telah disiapkan oleh petugas di Jalan Tol Fungsional. Demikian ulasan 8 ruas tol gratis saat libur nataru 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika