by

11 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusinya

AC Mobil Tidak Dingin – Air conditioner (AC) atau pendingin udara menjadi fitur yang paling dibutuhkan bagi sebuah kendaraan. Karena AC berperan penting untuk menunjang kenyamanan pengemudi maupun penumpang, terlebih di sejumlah kota yang terkenal panas seperti Jakarta.

Jika menghadapi musim kemarau, biasanya suhu udara di kota-kota besar di Indonesia, bisa lebih dari 32 derajat Celcius. Tentunya kondisi ini membutuhkan AC yang prima, agar berkendara tetap nyaman.

Namun seiring berjalannya waktu, dan pemakaian kendaraan. Biasanya AC sering mengalami kendala, biasanya yang paling sering terjadi AC mobil tidak dingin, atau hanya terasa angin saja. Tentunya hal ini biasa terjadi terlebih bagi mobil-mobil yang sudah berumur.

Apabila sudah terjadi kondisi seperti ini, berarti ada yang salah dengan kondisi AC mobil kamu. Segeralah periksa, dan sebaiknya kamu pun mengetahui apa penyebab AC mobil jadi tak bekerja secara optimal, ketika digunakan.

Setidaknya ada sejumlah hal paling umum dan mendasar yang seringkali menjadi pemicu AC mobil jadi tidak dingin. Kali ini, Moladin bakal membeberkan secara rinci kendala apa saja yang biasa terjadi di AC mobil, beserta dengan solusi yang bisa kamu lakukan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. AC Mobil Tidak Dingin Bisa Disebabkan oleh Freon

Freon rusak mengakibatkan AC mobil tidak dingin
Freon rusak mengakibatkan AC mobil tidak dingin

AC tidak bekerja secara optimal biasanya ditenggarai oleh kondisi freon yang habis atau berkurang. Sebenarnya, freon tidak akan habis atau berkurang selama tidak ada kebocoran pada sistem AC mobil.

Kebocoran yang terjadi di freon biasanya terjadi, karena sambungan pipa yang sil o ring sudah getas termakan usia. Bisa juga karena terjadi kerusakan di bagian saft maupun relief valve di kompresor.

Masalah yang kerap timbul dari kebocoran pada sistem AC mengakibatkan freon habis, biasanya karena lubang pada selang atau pipa bermasalah. Pasalnya lubang sebesar jarum saja, dapat mengakibatkan freon keluar dari sistem sirkulasi AC.

Sebaiknya kamu wajib sering melakukan pengecekan kondisi freon, minimal 1 bulan sekali.

2. Cek Fanbelt atau Drivebelt

Fanbelt bermasalah dampaknya AC mobil tidak dingin
Fanbelt bermasalah dampaknya AC mobil tidak dingin

Penyebab AC tidak dingin lainnya, bisa karena fanbelt atau drivebelt yang tidak bekerja secara sempurna. Fanbelt berfungsi sebagai alat yang menyalurkan putaran mesin ke kompresor. Tentunya komponen satu ini menjadi sangat penting menunjang kinerja AC.

Baca juga  Perbedaan AC Single dan Double Blower di Mobil

Saat fanbelt putus, otomatis kompresor tidak akan bisa bekerja atau berputar. Alhasil tanpa putaran pada kompresor, maka freon tidak bisa bersirkulasi dan menghasilkan udara dingin di dalam kabin.

3. Kondensor Kotor

Kondensor AC mobil

Kondensor kotor juga bisa menyebabkan AC mobil jadi tidak dingin. Untuk itu, sebaiknya pemilik mobil harus rajin mengecek kondesor. Jangan sampai kotoran terlalu banyak dan terlalu lama menempel.

Akibatnya, kondensor bisa berkarat dan tidak berfungsi secara maksimal dalam membuang panas dari gas bertekanan tinggi yang dilepas kompresor. Proses kondensasi yang tidak maksimal dari Kondenser yang kotor atau rusak mengakibatkan AC mobil tidak dingin.

4. Penyebab AC mobil Tidak Dingin Bisa Jadi Karena Motor Extrafan Mati atau Lemah

extrafan mobil

Ketika mobil sudah berumur di atas lima tahun, dengan pemakaian rutin sehari-hari. Biasanya menyebabkan AC mobil terasa kurang dingin, salah satu komponen yang harus di cek adalah motor extrafan.

Pengecekan komponen satu ini tidaklah sulit. Kamu bisa melihatnya ketika AC mobil dinyalakan, lalu cek apakah extrafan yang ada di depan kondensor berputar secara normal atau diam.

Extrafan yang rusak akan membuat proses kondensasi pada kondensor tidak berjalan dengan optimal. Dengan kata lain, tidak ada penurunan suhu di dalam kondenser yang menimbulkan hawa panas. Hingga akhirnya masuk ke dalam kabin.

Kendala lain yang umumnya terjadi adalah extrafan berputar, namun putarannya melemah bahkan terkadang berhenti. Cara penanggulannya, segera lakukan pergantian dengan komponen yang baru, supaya AC dapat bekerja secara maksimal.

5. Perhatikan Magnetic Clutch, Karena Bisa Menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin

magnetic clutch ac mobil

Faktor lain yang bisa membuat AC mobil tidak dingin adalah terjadi kerusakan di Magnetic Clutch. Kerusakan yang terjadi pada komponen satu ini bisa beragam, mulai dari putus, mati, atau terbakarnya spul sehingga center piece tidak terhubung dengan puli kompresor.

Alhasil kompresor pun tidak berputar mengikuti putaran mesin. Bisa dillihat saat AC mobil dinyalakan dan fanbelt ikut berputar, namun kompresor AC tidak ikut bekerja.

Baca juga  Cara Balik Nama Mobil, Beserta Syarat dan Biayanya

6. Kompresor aus

kompresor AC mobil
AC mobil ditopang kompresor

Kompresor yang sudah aus atau jebol sangat berdampak pada tekanan AC yang bekerja secara normal. Mengeceknya kamu bisa melihat Sight Glass yang akan terlihat hitam. Hal ini juga merupakan indikasi Receiver Dryer atau Expansion Valve tersumbat kotoran.

Apabila kamu sudah menemukan kondisi seperti di atas, segeralah lakukan pergantian kompresor AC mobil. Karena kondisi seperti ini tidak bisa diakali ataupun diperbaiki.

7. Oli Kompresor Berlebih

oli kompresor AC
Pengisian oli kompresor

Batas maksimal ruang di dalam kompresor dalam menampung oli sudah diukur sesuai standar, dan tak boleh berubah. Saat volume oli pada kompresor berlebih, maka ruang untuk freon otomatis akan berkurang.

Sebagai contoh, mobil membutuhkan 0,5 kg freon, dalam menunjang AC tetap dingin. Karena ruang untuk freon di dalam kompresor berkurang, akibat oli yang berlebih. Maka freon tidak akan bekerja maksimal menghasilkan udara dingin di dalam kabin.

Nah, bila dipaksakan dengan memasukkan 0,5 kg freon ke dalam sistem AC, bisa dipastikan akan terjadi tekanan AC yang berlebihan. Catatan penting buat kamu, AC mobil yang dipaksakan bisa overheat, akibatnya udara yang dihasilkan justru hawa panas.

8. Tekanan Sistem AC Mobil yang Berlebihan

Auto Climate Control AC
Auto Climate Control AC

Tekanan AC yang berlebih seperti dijelaskan sebelumnya, membuat kompresor jadi terlalu panas. Dampaknya kondensor kesulitan untuk melakukan proses kondensasi.

Hal ini berakibat kinerja kedua komponen jadi tidak maksimal.

9. Evaporator yang Kotor dan Tersumbat Bisa Mengakibat AC Mobil Tidak Dingin

Evaporator AC mobil kotor
Evaporator AC mobil kotor

Debu menjadi momok utama dari masalah yang dialami evaporator. Debu atau kotoran lain yang menempel pada evaporator merupakan hasil hisapan blower yang memang terhubung langsung dengan evaporator.

Adanya kotoran dan debu mengakibatkan aliran udara yang dihembuskan blower jadi terhambat. Akibatnya sistem sirkulasi AC kurang lancar, sehingga AC jadi tidak dingin.

Bisa juga hambatan yang dialami evaporator dikarenakan filter AC yang sudah lama tidak dibersihkan. Debu yang menempel pada filter lah yang membuat aliran udara terhambat dan AC mobil menjadi terasa kurang dingin.

Baca juga  Mengenal Ciri-Ciri ECU Mobil Rusak, Awas Salah Penanganan!

10. Saluran Pembuangan Air Kondensasi Tersumbat

bersihkan AC
Ilustrasi membersihkan AC mobil

Penyebab lain AC mobil kamu tidak dingin, bisa jadi karena saluran pembuangan air kondensasi tersumbat. Ciri-ciri terjadi sumbatan pada saluran pembuangan air kondensasi, biasanya ada tetesan air di bawah dasbor.

Kondisi lain yang mungkin kamu alami adalah bagian atas dasbor menjadi berembun saat AC dinyalakan. Penyebabnya karena boks Evaporator dipenuhi dengan air, karena tersumbatnya saluran air kondensasi.

Ketika air memenuhi boks Evaporator, aliran udara yang dihembuskan blower otomatis akan terhambat. Hal ini bisa mengakibatkan karpet menjadi basah dan menyebabkan bau lembap yang tak sedap dihirup.

11. Thermostat atau Thermistor Bermasalah

thermostat ac mobil
Cara kerja thermostat AC mobil

Di dalam Evaporator terdapat satu alat yang berfungsi untuk membaca temperatur atau suhu yaitu Thermistor Cooler atau Thermostat. Data yang dihasilkan oleh Thermostat dilanjutkan ke amplifier yang selanjutnya menentukan pengaturan waktu cut off dari kompresor.

Jadi saat alat ini tidak berjalan normal, otomatis sistem AC akan terganggu dan berdampak pada suhu AC mobil, yang tidak dingin atau kurang dingin.

Solusi AC Mobil Tidak Dingin

AC Mobil
Cara paling tepat mengatasinya dengan membawa ke bengkel

Dari seluruh permasalahan di sistem AC mobil di atas, kamu bisa segera membawanya ke bengkel resmi ataupun jasa service AC mobil.

Mengingat bagian AC merupakan sektor yang seluruh komponennya berada di dalam. Untuk itu dibutuhkan orang-orang yang memang sudah berpengalaman dibidangnya.

Jangan sampai karena ditangani orang yang bukan ahlinya, membuat AC mobil kamu menjadi tambah rusak, yang akan menjadi lebih sulit untuk memperbaikinya.

Sebagai catatan penting buat kamu, sebaiknya kamu sering melakukan pengecekan AC secara rutin setiap 3-6 bulan sekali, atau mengikuti jadwal servis berkala kendaraanmu.

Dengan perawatan yang rutin, seharusnya masalah-masalah seperti ini tidak akan terjadi. Kamu pun jangan menunggu ada keluhan baru dibawa ke bengkel.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat kamu. dalam merawat komponen AC mobil.

Baca juga:

Terbaru