Akankah Yuanye Z9 Jadi Nissan Navara Baru?

by Ivan
Akankah Yuanye Z9 Jadi Nissan Navara Baru?

Kami terus mengulas kemungkinan Nissan Navara generasi lanjutan dirilis dalam waktu dekat. Pasalnya model ini bisa saja memakai platform satu aliansinya Mitsubishi All New Triton. Nah kabar mengejutkan justru menguak tampang Yuanye Z9 jadi Nissan Navara baru.

Yups ketika Mitsubishi All New Triton dirilis awal tahun ini, tentu kita berharap Nissan akan segera menghadirkan Nissan Navara baru generasi lanjutan.

Mengingat jika pikap kabin ganda generesi baru dari Nissan sebagian besar akan didasarkan pada Triton baru, jadi masuk akal jika Nissan akan memodifikasinya agar sesuai dengan gaya Navara serba baru.

Di Cina, Nissan telah menghadirkan pikap kabin ganda berukuran sedang yang berukuran lebih besar dari Navara dan Triton. Truk tersebut ialah Yuanye Z9, berukuran panjang 5.520 mm, lebar 1.960 mm, tinggi 1.950 mm, dan memiliki jarak sumbu roda 3.300 mm.

Nissan Yuanye Z9 berukuran panjang 5.520 mm, lebar 1.960 mm, tinggi 1.950 mm
Nissan Yuanye Z9 berukuran panjang 5.520 mm, lebar 1.960 mm, tinggi 1.950 mm

Benar, pikap besar ini tampaknya lebih menjadi pesaing bagi GWM Cannon dan JMC Grand Avenue. Dan memiliki dimensi panjang lebih dari 5,5 m dibanding model Navara saat ini.

Baca juga  Penjelasan Mesin 4N16 All New Triton Rilis 3 Keluaran Tenaga Berbeda

Dari segi desain, pikap Nissan Yuanye Z9 ini terlihat berbeda dari apa pun yang pernah dirancang Nissan. Namun, kami tidak dapat tidak memperhatikan beberapa isyarat gaya yang terinspirasi oleh Triton yang serba baru.

Tampang pikap kabin ganda ini modern. Dengan tampilan tajam terpancar dari gril depan persegi panjang yang khas hingga ciri khas lampu LED yang bergaya.

Hal yang sama dapat dikatakan untuk bagian belakang dengan mendapatkan serangkaian lampu belakang LED vertikal yang unik, logo Z9, dan tampak seperti lampu kabut belakang yang terintegrasi ke bumper belakang.

Buritan mendapatkan lampu belakang LED model vertikal
Buritan mendapatkan lampu belakang LED model vertikal

Kami tidak sepenuhnya yakin apakah Nissan Yuanye Z9 akan eksklusif untuk pasar Cina atau akan ditawarkan secara global. Namun, mengingat ukuran besar dan tampilannya yang bergaya, kami tidak akan terkejut jika Nissan siap menawarkannya di pasar di luar Cina.

Wah, kami bertanya-tanya apakah ini pada akhirnya dapat menggantikan Nissan Navara untuk pasar global, tetapi kemungkinan itu masih harus dilihat. Masih belum jelas juga apakah Yuanye Z9 merupakan bagian dari kolaborasi Nissan Mitsubishi atau proyek mandiri dari Nissan di RRC.

Baca juga  Beli Mitsubishi All New Triton di GIIAS 2024 Banyak Untungnya

Mobil ini memang belum diluncurkan secara resmi, meskipun berkat Kementerian Perindustrian & Teknologi Informasi (MIIT) di Cina yang sudah merilis info ini lebih awal, Yuanye Z9 akan tersedia dengan mesin pembakaran internal (ICE).

Pertama adalah mesin 2.0L turbocharged inline-four yang menghasilkan 258 PS dan akan memiliki kecepatan tertinggi 160 km/jam. Mesin lainnya adalah mesin 3.0L empat silinder turbo-diesel yang menghasilkan 190 PS dan memiliki kecepatan tertinggi 170 km/jam.

Selain memiliki mesin bakar tradisional, di balik kapnya Yuanye Z9 kabarnya juga akan ditawarkan dengan powertrain Plug-in Hybrid. Itu berarti kemungkinan besar akan bersaing dengan BYD Shark yang memulai debut globalnya awal tahun ini.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika