by

Alarm Mobil Bunyi Terus, Jangan Panik!

Alarm mobil bunyi terus tentu bikin risih, baik di garasi rumah apalagi di parkiran umum. Ada beberapa penyebab hingga terjadinya alarm mengeluarkan bunyi sendiri secara terus menerus.

Sebelum mengulas apa yang harus dilakukan jika alarm mobil bunyi terus, ada baiknya terlebih dulu sedikit mengulas mengenai fungsi alarm mobil.

Alarm mobil diciptakan dan berguna untuk mencegah tindak kejahatan seperti maling mobil, maling spion dan kejahatan lainnya.

Pada awalnya alarm mobil hanya dipasang untuk mobil-mobil kelas atas, namun seiring perkembangan zaman saat ini hampir semua mobil baru sudah ditanamkan alarm mobil oleh pabrikannya.

Meski demikian, ada beberapa merek mobil yang sensor alarmnya terbilang sangat sensitif, bahkan jika hanya dengan menyenggol bodi mobil maka alarm langsung akan berbunyi.

“Fungsi alarm mobil jelas untuk mencegah tindak kejahatan pada mobil. Jika alarm tiba-tiba bunyi terus kemungkinan ada beberapa penyebabnya, bisa karena pintu kurang rapat atau hal lainnya,” ujar Aris Triyono, Service Advisor Daihatsu (26/10/2021).

Mengatasi alarm mobil bunyi terus, Ini Solusinya

  • Mematikan alarm secara manual

alarm mobil bunyi terus

Saat alarm mobil bunyi terus, solusi awal yang bisa dilakukan adalah dengan cara mematikan sistem alarm secara manual.

Pertama adalah membuka pintu mobil dengan kunci alias manual. Kemudian dilanjutkan dengan memasukan kunci ke lubang kunci starter. Setelah itu putar kunci ke posisi ON kemudian OFF secara konstan sebanyak sepuluh kali.

Baca juga  10 Cara Reset Alarm Mobil, Pemilik Wajib Tahu!

“Umumnya bunyi alarm mobil akan semakin cepat, sebelum sistem alarm tersebut mati dan bunyi alarm juga hilang,” kata Idho Bule salah satu owner bengkel modifikasi moge dan mobil di Tangerang Selatan.

Menggunakan cara manual untuk mematikan alarm tersebut biasanya dilakukan saat battery remote alarm habis. Resiko mematikan sistem alarm secara manual tadi juga ada, yaitu fungsi dari remote alarm akan tidak berfungsi.

Jika hal tersebut sampai terjadi, baiknya segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk diaktifkan kembali sistem alarmnya. Sekaligus battery remote alarm diganti baru.

  • Ubah mode “diam”

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwasanya ada beberapa merek mobil yang sensor alarmnya sensitif. Mobil tidak sengaja tersenggol orang yang lewat atau ada sepeda motor dengan knalpot racing lewat, maka alarm mobil akan berbunyi.

Untuk menghindari hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengubah mode berbunyi ke mode diam pada remote alarm.

  • Ganti battery remote

Mengatasi alarm mobil bunyi terus bisa dengan cara mengganti battrey remote. Sebab jika battery remote habis, maka alarm bisa bunyi terus dan mau tidak mau harus mematikannya dengan cara manual seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga  Harga Pasang Alarm Mobil, Jangan Asal Murah!

Umumnya indikasi battery remote alarm akan habis adalah jarak untuk membuka central lock atau menguncinya harus dekat. Umumnya jika battery masih normal bisa dari jarak sekitar 5 meter tanpa hambatan tembok.

Jika baterai remote alarm sudah menunjukkan tanda-tanda mulai habis, ada baiknya kamu segera ganti dengan yang baru.

Penyebab alarm mobil bunyi terus

  • Pintu mobil dan kap mesin kurang rapat

alarm mobil bunyi terus

Salah satu sensor alarm mobil ada di bagian pintu-pintu mobil. Jadi jika pintu mobil atau kap mesin dalam keadaan tidak tertutup rapat maka alarm mobil akan bunyi terus.

  • Lampu kabin masih menyala

Selain pintu, jika lampu kabin lupa dimatikan alias masih menyala maka alarm mobil juga akan bunyi.

Xenia dan Avanza lansiran 2016 ke atas jika lampu kabin masih nyala maka alarm akan bunyi. Hal tersebut untuk mengingatkan pemilik mobil bahwasanya lampu kabin masih menyala dan bisa memancing tindak kejahatan jika di parkiran umum,” tambah Aris.

  • Komponen alarm rusak

Penyebab alarm mobil bunyi terus bisa jadi karena komponen pada sitem alarm mengalami kerusakan. Rusaknya komponen alarm sendiri disebabkan oleh banyak sekali faktor, seperti halnya kualitas alarm yang memang tidak bagus. Atau juga bisa dikarenakan masa pakai serta pemasangan yang tidak baik.

Baca juga  Cara Pasang Alarm Mobil Universal, Ikuti 4 Langkahnya

Cara merawat alarm mobil

alarm mobil bunyi terus

Alarm mobil tergolong salah satu komponen yang jarang mengalami kerusakan jika digunakan dengan baik dan benar. Adapun cara merawatnya adalah:

  • Hindari mengantongi remote di celana

Mengantongi remote alarm mobil di celana dengan benda lain tentu akan merusak tombol pada remote. Karena berhimpitan dengan benda lain maka tombol remote akan tertekan lama, dan itu bisa menyebabkan remote eror.

  • Cek battery remote

Cara mudah mendeteksi battery pada remote alarm mobil adalah dengan cara melihat lampu indikator pada remote.

“Cara gampang cek kondisi battery remote alarm mobil adalah dengan cara menekan salah satu tombol pada remote. Jika lampu indikator di remote tidak menyala bisa dipastikan battery habis,” imbuh Aris.

  • Servis berkala

alarm mobil bunyi terus

Melakukan servis berkala merupakan solusi jitu untuk mengecek semua kondisi mobil termasuk komponen alarm, mulai dari battery remote, modul dan komponen lainnya untuk menghindari kerusakan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai alarm mobil bunyi terus. Alarm mobil kamu masih aman?

Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru