Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Arti Jinba-Ittai di Mobil Mazda, Berawal dari MX-5!

by Baghendra Lodra
jinba-ittai di mobil mazda

Mobil Mazda begitu melekat dengan ideologi Jinba-Ittai. Walau demikian, belum banyak pecinta otomotif yang tahu apa arti Jinba-Ittai sebenarnya?

Dalam sebuah kesempatan, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio menjelaskan bahwa Jinba-Ittai bermula dari pengembangan Mazda MX-5 generasi pertama atau sekitar tahun 1987. Pencetusnya adalah Tetsu Kasahara selaku Asisten Manajer Departemen Pengembangan Dinamika Chassis, Divisi Pengembangan Kendaraan di Mazda.

Kasahara mengalami momen yang transformatif saat mengemudikan prototipe MX-5. Dia merasakan kesatuan yang utuh antara pengendara dengan mobil, inilah yang memulai Jinba-Ittai di kendaraan Mazda.

Awalnya dikenal sebagai sebagai Jinsha Ittai, yang berarti kesatuan antara mobil dan pengemudi. Istilah tersebut berangsur-angsur berkembang menjadi Jinba-Ittai, terinspirasi oleh ikatan gigih antara kuda dan penunggangnya.

Hal ini diwujudkan melalui pengejaran tanpa henti Kasahara pada MX-5 Prototipe. Di mana mobil bukan dibuat untuk kecepatan semata di trek, tetapi untuk merekayasa kegembiraan. Dia menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan dinamika sasis, mengemudikan prototipe di sekitar Miyoshi Proving Ground, sekaligus dengan cermat menyempurnakan pengaturan dan mengumpulkan data berharga.

Baca juga  Daftar Harga Medium SUV Desember 2021, DFSK Glory Termurah!

Jadi dengan kata lain, Jinba-Ittai adalah kesatuan antara pengemudi dan mobil yang bisa dirasakan saat berkendara dengan Mazda.

MX-5 Jadi Gambaran Sempurna Jinba-Ittai

Jinba-ittai - mobil mazda mx-5

Jinba-Ittai adalah kesatuan antara pengemudi dan mobil yang bisa dirasakan saat berkendara dengan Mazda

Yasuyoshi Mushitani selaku Technical Leader Chassis Dynamics Mazda juga memainkan peran penting dalam mengembangkan konsep Jinba-Ittai. Bergabung dengan Mazda pada tahun 1988 setelah menjalani karir sepak bola yang menjanjikan, Mushitani menjadi seorang test driver ketahanan kendaraan. Dia mengasah keterampilan tekniknya dari awal.

Di bawah bimbingan Kasahara, Mushitani mempelajari seluk-beluk suspensi dan dinamika sasis, membenamkan dirinya dalam pengetahuan teknis. Dedikasi dan semangat untuk Jinba-Ittai, mendorongnya memimpin pengembangan berbagai model Mazda, yang berpuncak pada pengangkatan sebagai pemimpin keseluruhan yang membentuk pengalaman berkendara Mazda.

Melanjutkan warisan tersebut, Hiroshi Kawata, Asisten Manajer Dinamika Chassis, Departemen Pengembangan, Divisi Pengembangan Kendaraan Mazda, mengambil tongkat estafet untuk memperkenalkan Jinba-Ittai ke dalam MX-5 ND (Gen-4) saat ini.

Ketertarikan Kawata dengan MX-5 NA (Gen-1) meletakkan dasar untuk perjalanannya di Mazda. Dia bekerja sama dengan pendahulunya, Mushitani dan Kasahara pada berbagai model Mazda, kemudian menyerap esensi Jinba-Ittai melalui pengalaman praktis.

Baca juga  Mesin Rotary untuk Mazda MX-30 PHEV, Sedang Disiapkan!

Jinba-Ittai telah melampaui akarnya dalam dinamika sasis untuk menjadi filosofi yang menentukan yang mencakup seluruh etos Mazda, termasuk keselamatan dan desain. “Sensasi manusia tidak berubah selama 25 tahun. Mobil yang sinkron dengan sensasi kita, cocok seperti sarung tangan,” kata Mushitani.

Dengan terungkapnya perjalanan luar biasa dibalik Jinba-Ittai, Mazda memulai babak menarik di mana kisah itu benar-benar dimulai. Merangkul prinsip-prinsip semangat, keahlian, dan dedikasi yang tak tergoyahkan, Mazda berkomitmen untuk menciptakan kendaraan yang mewujudkan semangat Jinba-Ittai, menjalin hubungan yang tak terpisahkan antara mobil dan pengemudi. Jadi Jinba-Ittai bukan cuma ada di MX-5, melainkan di seluruh mobil Mazda.

Itulah tadi bahasan soal arti Jinba-Ittai di mobil Mazda. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika