by

Beda Campervan dan Motorhome, Lebih Nyaman Mana?

Saat ini kita akan membahas beda campervan dan motorhome. Mungkin selama ini kalian masih bingung, di mana letak pebedaan kedua mobil petualang ini.

Sebenarnya nih ya, perbedaan keduanya tipis. Bahkan mobil campervan sah-sah saja jika disebut sebagai motorhome. Menurut Yoyo, pengusaha rental mobil dari Jakarta Campervan mengatakan, bedanya tetap ada.

“Mungkin yang membedakan hanyalah peruntukannya, umumnya campervan dilakukan untuk wisata camping singkat, sementara motorhome asik untuk digunakan pada waktu yang lama,” kata Yoyo.

Selain itu, beda campervan dan motorhome adalah  pada ukurannya dan fasilitasnya. Motorhome umumnya memiliki ukuran yang lebih besar, di dalamnya ada berbagai isi rumah. Bisa dikatakan fasilitas di rumah dipindahkan ke dalam mobil.

Lalu campervan ukurannya lebih kecil, dan fasilitasnya beragam mulai dari yang basic aja hingga yang komplit juga bisa.

Motorhome umumnya dibangun dengan mobil yang memiliki wheelbase yang lebih panjang dengan body lebih besar. Bahkan bisa menampung lebih dari enam orang tergantung ukurannya.

Karena ukurannya lebih besar, jadi mengendarai motorhome itu lebih sulit dibanding campervan. Terlebih jika harus kamu putar balik atau melewati jalan setapak.

Selain itu penggunaan bahan bakar juga tentunya alan lebih banyak, jika dilihat dari bobot kendaran beserta keperluan listriknya.

Beda campervan dan motorhome lainnya adalah pada motorhome umumnya juga sudah dilengkapi dengan dapur kecil lengkap dengan peralatan masak, sampai shower di dalam toilet. Seperti rumah dalam versi compact. Bahkan di dalamnya ada televisi, AC, sampai pemutar DVD.

Baca juga  Penyebab Persneling Mobil Matik Macet dan Solusinya

Motorhome juga punya juga punya ruang keluarga yang bisa disulap jadi tempat tidur. Ada juga ruang penyimpanan tambahan yang bisa diakses untuk kegiatan di luar kendaraan, misal rak sepeda atau bahkan motor.

Sedangkan campervan umumnya peralatan-peralatan tersebut dibuat tidak permanen. Seperti kompor misalkan untuk penggunaan masak di luar mobil.

Pun dengan kamar mandi yang umumnya seorang yang menggunakan campervan akan lebih memilih kamar mandi umum untuk buang air besar atau pun kecil.

Hal ini karena pada campervan biasanya tidak perlu memerlukan toilet sebagai kelengkapan.

Untuk bersantai, pengguna campervan biasnaya lebih memanfaatkan kursi dan meja lipat yang digunaka untuk bersantai di luar mobil.

Jenis-jenis Campervan dan Motorhome 

Beda Campervan dan Motorhome
Jenis campervan atau motorhome Self-Contained.

Di luar negeri sendiri, di mana campervan dan motorhome sudah populer lebih dahulu sejak lama, kendaraan ini dibagi ke dalam dua jenis. Pertama adalah Self-Contained Campervan dan berikutnya Non-Self-Contained Campervan.

Menurut laman motorhomerepublic.com, Self-Contained Campervan adalah campervan atau motorhome yang punya fasilitas penyimpanan limbah sanitasi sendiri.

Yang masuk tipe ini adalah jenis campervan yang punya toilet, sink, serta tank penyimpanan air bersih dan air kotor di dalamnya. Mobil yang sudah memiliki fasilitas tersebut biasanya tertulis di body “SELF CONTAINED”.

Baca juga  Dongkrak Mobil, Ragam dan Harganya

Kelebihan utamanya, tentu saja campervan tipe ini bisa menginap di campground mana pun, termasuk campground yang tidak punya fasilitas sama sekali. Lalu di dalamnya biasanya lebih “lapang” dan lebih nyaman. Tentunya untuk jenis ini kamu akan memiliki biaya yang lebih besar karena harus membuat toilet dan sistem sanitasinya.

Jenis berikutnya adalah Non-Self-Contained Campervan. Alias campervan atau motorhome yang tidak memiliki sistem limbah sanitasi. Jadi untuk keperluan buang air besar atau kecil kamu harus cari kamar mandi, sungai atau kebun.

Kelebihannya tentu saja biaya membuat campervan akan lebih murah. Nah kekurangannya, dengan campervan tipe ini kita tidak bisa menginap di semua campground, bukan untuk freedom camping.

Kelebihan Campervan

Beda Campervan dan Motorhome
Sosok Campervan memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga masih nyaman digunakan di dalam kota atau untuk kegiatan sehari-hari (Foto : Just Muha)

Campervan umumnya memiliki desain yang lebih ringkas. Perabotan yang ada di dalamnya umumnya plug n play Alias bisa dibongkar pasang dengan mudah.

Misal kasur, yang diletakan di atas kursi tengah dan baris ketiga. Ketika selesai digunakan untuk camper, kasur bisa diangkat dan kursi bisa kembali ditegakan menjadi normal kembali.

Meski tidak menutup kemungkinan sebuah campervan juga memiliki perabotan yang permanen. Selain itu campervan juga memiliki ukuran yang lebih kecil membuat mobil ini terbilang compact dan bisa digunakan di dalam kota.

Baca juga  Mesin Mobil Bergetar Saat Start Awal, Ini Penyebabnya

Berbagai jenis mobil bisa digunakan sebagai campervan, bahkan yang dimensinya tidak terlalu besar seperti Daihatsu Gran Max, Suzuki APV, Nissan Serena, dan lain-lain. 

“Sedangkan motorhome umumnya menggunakan truk 4 ban hingga 6 ban, yang membuatnya sulit masuk kota bahkan jalan protokol di waktu-waktu tertentu,” tambah Yoyo.

Kelebihan Motorhome

Beda Campervan dan Motorhome
Untuk motorhome isi kabinya menunjang kenyamaman untuk ditinggali lebih lama, kerena ada ada kasur, televisi, bahkan ac dan bahkan toilet. (Foto: Motorhome Delimajaya)

Beda campervan dan motorhome juga bisa dilihat dari kenyamannya. Kelebihan motorhome pastinya didesain lebih mengarah ke kenyamanan, selain untuk keperluan bertualang. Maka dari itu banyak perabotan mewah di dalamnya yang dibuat permanen.

“Untuk motorhome isi kabinya tentu saja menunjang kenyamaman, kerena ada ada kasur, televisi, bahkan ac dan toilet.”

“Hal ini memungkinkan karena dimensi motorhome umjumnya lebih besar,” jelas Maryanto Marketing karoseri Delima Jaya, yang berlokasi di bilangan Bogor Jawa Barat. 

Kelebihan lainnya, motorhome memiiki kapasitas angkut penumpang yang proper untuk 4-6 orang dewasa. Hal ini jika mengacu pada kendaraan motorhome Isuzu NLR 55 karya Delima Jaya.

Demikian ulasan terkat beda campervan dan motorhome. Kiranya ulasan ini bisa menjadi sumber revrensi kamu jika ingin membangun atau menyewa campervan atau motorhome.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru