Beda Tiga Tipe Yamaha Lexi, Mana yang Pas Buat Kamu?

Beda Tiga Tipe Yamaha Lexi – Yamaha Lexi salah satu skutik Yamaha yang menggendong mesin 125cc. Skutik 125cc Yamaha yang punya bodi bongsor ini hadirkan fitur dan performa bersaing di kelasnya. Lebih luxury berkat logo Lexi berwarna gold di setiap tipenya.

Yamaha Lexi hadir dalam tiga tipe yaitu; Yamaha Lexi Standar, S dan S-ABS. Tipe standar dibanderol dengan Harga Rp Rp 20.810.000 (OTR Jakarta), sementara tipe S dibanderol Rp 23.745.000 (OTR Jakarta) dan untuk tipe termahal S-ABS dibanderol Rp Rp. 26.500.000 (OTR Jakarta).

Jika dilihat secara sekilas, tiga tipe dari Yamaha Lexi ini memang tidak ada perbedaan. Antara Yamaha Lexi Standar, S dan S-ABS sama-sama memiliki bodi yang bosor dengan model yang futuristik. Soal dapur pacunya, tiga tipe Yamaha Lexi menggendong mesin 125cc yang sudah disematkan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) bikin performa yang dihasilkan maksimal.

Motor ini punya performa kompetitif di kelas skutik 125cc, mampu semburkan tenaga maksimal 11.73Hp/8.000 rpm dan torsi puncak 11.3Nm /7.000 rpm. Lexi Standar juga sudah terdapat SMG (Smart Motor Generator) bikin suara motor lebih halus saat dinyalakan. Tapi ternyata Yamaha Lexi Standar, S dan S-ABS memiliki perbedaan di bagian fitur.

 

Yamaha Lexi Standar

Yamaha Lexi Standar merupakan tipe termurah, diantara tiga tipe Yamaha Lexi. Dilengkapi dengan empat pilihan warna, yaitu; Matte Red, Matte Black, Matte Grey dan White. Motor ini menggunakan yang ramping berukuran 90/90-14 untuk bagian depan, sementara bagian belakangnya berukuran 100/90-14. Soal kaki-kakinya, bagian depan pakai shockbreaker teleskopik dan bagian belakangnya pakai shockbreaker tunggal.

Yamaha Lexi Standar dilengkapi fitur yang komplit, mulai dari hadirnya lampu hazard. Sistem pencahayaan LED untuk bagian depan, Full digital speedometer yang modern dan informatif bagi pengendara. Tipe ini sudah dilengkapi dengan SSS (Stop & Smart System) yang berfungsi mengurangi konsumsi BBM saat motor berhenti.

Electric Power Socket juga sudah, bikin pengendara tidak perlu repot untuk mengisi baterai gadgetnya. Sangat disayangkan, untuk tipe standar ini belum menggunakan fitur Smart Key System alias sistem keyless. Kemudian bagasinya juga terbilang sempit, hanya 12,8 liter.

Baca juga;

 

Yamaha Lexi S

Satu tingkat lebih mahal dari tipe standar, hadir Yamaha Lexi S. Jelas tipe ini berbeda dengan standar. Memiliki empat pilihan warna, yaitu; Matte Black, Matte Blue, Matte Red dan White. Berbicara soal performanya, jelas tidak ada beda dengan tipe standar.

Hanya saja, Lexi S lebih kaya akan fitur. Motor ini menggunakan Smart Key System alias kunci tanpa anak kunci (Keyless). Fitur ini membuat berkendara makin praktis dan aman karena disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk mudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Perbedaan lain adalah warna pelek, untuk Lexi S peleknya berwarna gold, kesannya lebih mewah. Kemudian bagian suspensi belakangnya menggunakan shockbreaker model tabung untuk mendukung performa berkendara yang lebih nyaman di berbagai kondisi jalan.

 

Yamaha Lexi S-ABS

Selanjutnya ada tipe S-ABS merupakan tipe termahal dari tiga tipe Yamaha Lexi, hanya memiliki satu pilihan warna, yaitu Black. Segi performa dan desain, jelas tidak ada perbedaan dari tipe standar dan S. Bagian fiturnya juga tidak berbeda jauh dengan tipe S yang sudah menggunakan Smart Key System alias kunci tanpa anak kunci (Keyless).

Perbedaan yang paling mencolok adalah sistem pengeremannya, karena di tipe termahal ini sudah menggunakan ABS (Anti-Lock Bracking System) yang tandanya terletak di bagian spakbor depan. Hadirnya ABS menjadikan kontrol pengereman lebih optimal, membuat berkendara semakin nyaman.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *