Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Bedah Kia Sonet Facelift Tampil Gaya dan Tambah Fitur Keselamatan, Indonesia Kapan?

by Ivan
Kia Sonet facelift tampil lebih modern

PT Kreta Indo Artha selaku APM resmi Kia di Indonesia masih menjual Kia Sonet untuk bersaing di segmen Compact SUV. Di sini, Sonet bersaing dengan sederet nama seperti Honda WR-V, Toyota Raize, Daihatsu Rocky, ataupun Wuling Alvez.

Dibandingkan dengan para rival Kia Sonet yang masih tergolong baru dan sudah mendapatkan penyegaran. Mobil ini perlu mendapatkan update untuk memenangkan persaingan, mengingat potensinya yang sebenarnya bisa diandalkan.

Kekinian, Kia Sonet facelift resmi diluncurkan di India dengan revisi ulang pada tampilan dan perlengkapan keselamatan lebih banyak. Yang menarik ialah gaya Kia Sonet untuk pasar India ini berbeda dengan Sonet spek Cina yang bocoran fotonya sudah tersebar beberapa bulan lalu.

Tampilan belakang Kia Sonet dengan lampu mirip lampu belakang Carens

Tampilan belakang Kia Sonet dengan lampu mirip lampu belakang Carens

Paling kentara dari tampilan Kia Sonet facelift ini ialah ubahan desain fascia. Sonet facelift hadir dengan tampilan depan yang didesain ulang dengan lampu depan LED berbentuk bumerang yang memanjang di bumper dan mengapit gril model hidung harimau yang lebih lebar.

Potongan trim warna hitam turut dihadirkan menghubungkan kedua lampu dengan intake tengah yang lebih berbentuk kotak. Sementara itu skid plate juga terlihat lebih besar dengan lapisan aluminium imitasi. Terlihat juga perbedaan lampu kabut yang sebelumnya bulat menjadi model garis pipih dan berkesan modern.

Baca juga  Review Kia Sonet 2023, Mahal Tapi Layak Dibeli?

Postur samping Kia Sonet juga masih terlihat identik dengan model sebelumnya. Meski ada pembeda dengan pilihan warna baru serta desain velg 16 inci dual-tone model kipas tidak nampak berubah signifikan dibanding roda Sonet sebelumnya.

Layout dasbor masih identik model sebelumnya

Layout dasbor masih identik model sebelumnya

Geser ke belakang, Kia Sonet facelift sudah mendapatkan satu set lampu belakang LED yang lebih lebar mirip lampu belakang Kia Carens. Selebihnya hanya sisipan trim bergaya aluminium pada bumper yang turut didesain ulang.

Perubahan interior nampak tidak kentara lantaran layout dasbor tetap mempertahankan tata letak lama. Kokpit digital terdiri dari layar ganda 10,25 inci, dikombinasikan dengan tuas AC Climate Control yang sudah direvisi dan opsi jok baru.

Tergantung pada trimnya, perlengkapan Kia Sonet sudah mencakup konektivitas nirkabel Android Auto/Apple CarPlay, wireless charging, jok berventilasi, sistem audio Bose, sunroof, air purifier, 6 airbag (standar), dan sistem ADAS baru.

Sonet spek India tersedia air purifier

Sonet spek India tersedia air purifier

Opsi powertrain dibawa dari Sonet sebelumnya. Ada unit MPi 1.200cc bertenaga 82 hp, mesin T-GDi 1.000cc bertenaga 118 hp, dan unit diesel CRDi 1.500 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 113 hp. Semua versi berpenggerak roda depan, dengan tiga pilihan transmisi berbeda tergantung pada mesinnya.

Baca juga  Honda WR-V vs Toyota Raize vs Kia Sonet, Mana yang Terbaik?

Kia tidak mengumumkan harga Sonet facelift di India yang diperkirakan akan sedikit naik dibandingkan pendahulunya. Adapun kran pemesanan Kia Sonet facelift ini dibuka pada 20 Desember 2023, dan akan didistribusikan pada pertengahan Januari 2024.

Harga Kia Sonet di Indonesia

Kia Sonet saat dites tim Moladin

Kia Sonet saat dites tim Moladin

Di segmen SUV bermesin bakar (ICE), PT Kreta Indo Artha menjual 2 produk utama yakni Kia Seltos dan Sonet. Sonet merupakan SUV 5 penumpang yang tersedia dalam 6 varian.

Mobil ini hadir dengan dimensi panjang 4.120mm x lebar 1.790 mm x tinggi 1.615 mm dan ground clearance 205 mm. Meski terbilang model lama, Sonet sudah dilengkapi sederet fitur mumpuni serta kinerja mesin yang bisa diandalkan.

Di Indonesia, Kia Sonet hanya ditawarkan dalam 1 pilihan mesin bensin 1497 cc 4 silider, yang mampu menghasilkan tenaga 113 hp dan torsi puncak 144 Nm. Adapun pilihan transmisinya terbagi dua yakni manual dan otomatis iVT.

Sonet dites menanjak di kemiringan 21 derajat

Sonet dites menanjak di kemiringan 21 derajat

Tim Moladin sendiri sudah pernah menguji ketangguhan mesin 1.5L milik Sonet yang karakter berkendaranya dapat disesuaikan dengan seleksi mode berkendara dan traksi.

Baca juga  KIA Sportage 2021, Calon Rival CR-V dan Almaz RS

Kami pun sempat tes mobil ini untuk menaklukkan tanjakan ekstrem. dengan kemiringan 21 derajat. Pada posisi kabin full terisi oleh 5 orang penumpang dengan total berat 454 kg, hasilnya KIA Sonet bisa menanjak dengan baik.

Walau memang, ada sedikit spin di roda depan, karena kondisi jalan yang licin. Kemudian saat uji berhenti ditanjakan, kemudian gas diinjak lagi, mobil masih bisa melaju dengan baik. Nah bagi yang berminat dengan mobil ini, Kia Sonet masih dijual rentang harga Rp 227,6 – 346 Juta.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika