Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Bedah Toyota Innova Zenix Seluruh Varian, Pilih Hybrid atau Bensin Untuk Mudik Lebaran?

by Firdaus Ali
Bedah Toyota Innova Zenix

Berikut kami bedah Toyota Innova Zenix secara langkap, mulai dari varian, spesifikasi, fitur serta harganya. Ini penting buat Anda yang berencana membeli Medium MPV Toyota ini untuk mudik lebaran.

Toyota Innova Zenix resmi meluncur di Indonesia pada akhir April 2022. Kijang generasi ketujuh ini hadir dengan pilihan mesin hybrid serta terdapat berbagai fitur modern, seperti Toyota safety Sense, panoramic sunroof, hingga jok ottoman.

Saat itu bedah Toyota Innova Zenix dijual dengan rentang harga mulai Rp 419 juta (OTR Jakarta) untuk varian G atau yang menjadi varian termurah. Sementara varian Q Modellista atau yang termahal Rp 611 juta (OTR Jakarta).

Innova Zenix hadir dengan tampilan eksterior yang modern dan lebih fresh dibandingkan Innova sebelumnya. Dimana bagian grill mengusung desain honey comb 3D dengan sentuhan aksen krom dibagian garis bawahnya. Tampilan tersebut terlihat apik dengan dipadukannya headlamp bergaya eagle eyes serta lekukan bumpernya.

Soal dimensi, Toyota Innova Zenix hadir dengan ukuran yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Yaitu mempunyai panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm dan wheelbase 2.850 mm.

mobil Rp 400 jutaan
Bedah Toyota Innova Zenix versi bensin

Innova Zenix hadir dengan 7 tipe, G Gasoline, V Gasoline, G Hybrid, V Hybrid, V Hybrid Modellista, Q Hybrid dan Q Hybrid Modellista. Soal harga, update bulan April 2024 ini paling murah dibanderol Rp 425,6 juga dan yang termahal Rp 624,6 juta (OTR Jakarta).

Bicara dapur pacunya, Innova Zenix punya pilihan dua mesin. Pertama mesin bensin untuk tipe G dan V yang mengadopsi mesin M20A-FKS. Kemudian untuk Innova Zenix Hybrid yang ada di tipe G, V dan Q pakai mesin M20A-FXS.

Secara tampilan, semua varian sekilas mirip satu dengan lain. Namun begitu untuk tipe V dan Q ada pilihan Modellista yang dibreikan bodykit sehingga terlihat lebih elegan.

Semua varian Toyota Kijang Innova Zenix ini dikawinkan dengan transmisi matik jenis CVT (Continuously Variable Transmission) dengan 10-percepatan. Biar lebih jelas, berikut detail setiap varian dari Innova Zenix.

Baca juga  Promo Toyota Ramadhan Spektakuler, DP Zenix Cuma 25 Persen!

Innova Zenix G CVT Bensin (Rp 425,6 Juta)

Bedah Toyota Innova Zenix pertama untuk tipe G CVT (bensin). Varianentry level ini sudah mengadopsi power steering elektrik (EPS), pilihan mode berkendara Eco, Normal, dan Power, digital AC dengan Dual Zone, 4 buah USB tipe C, immobilizer, ISOFIX, fitur Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB+BH), Start Stop Button + Smart Entry, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), serta sensor dan kamera parkir.

Masuk kabin interior, jok masih pakai bahan fabric, airbags hanya dua untuk pengemudi dan penumpang depan saja serta MID berukuran 4,2 inci.

Untuk head unit di tipe G layarnya berukuran 9 inci dengan fitur Smartphone Connectivity, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, dan NFC E-Toll Card Checking.

Kemudian untuk pelek sudah alloy berdiameter 16 inci yang dibalut ban 205/65R16 dan rem cakram 16 inci di semua roda. Mesin pakai 4-silinder 1.987 cc 16 valve DOHC Dual VVT-i (M20A-FKS), dengan performa 172 hp di6.600 rpm, serta torsi puncak 205 Nm di 4.500-4.900 rpm.

Innova Zenix V CVT Bensin (Rp 473,6 Juta)

Selanjutnya, bedah Toyota Innova Zenix untuk tipe V CVT. Mesin yang digunakan sama persis dengan tipe G CVT, yaitu M20A-FKS. Soal harga, ada di Rp 473,6 juta.

Tipe ini memiliki kelengkapan yang ada di Toyota Kijang Innova Zenix G CVT ditambah sejumlah fitur. Tipe V sudah memakai pelek alloy lebih besar, yaitu 17 inci dengan ban 215/60R17 dan sensor parkirnya ditambah corner sensor.

Kemudian, head unit tipe ini ukurannya lebih besar yaitu 10 inci dengan kemampuan Smartphone Connectivity, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, dan NFC E-Toll Card Checking.

Pada bagian interior, Innova Zenix V CVT joknya juga masih pakai bahan fabric. Bedanya dengan tipe G adalah warnanya, G dominasi warna coklat sementara V dominasi warna hitam.

Kemudian untuk dashboard juga menyesuaikan warna jok, V pakai warna hitam dan juga sudah soft touch. Sementara tipe G belum soft touch.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga GAC M6 Pro 2024, Calon Rival Innova Zenix

Jok Innova Zenix tipe V sudah 50:50 dengan arm rest di bagian tengahnya. Arm rest ini juga dipadukan dengan cup holder, sehingga menambah ruang penyimpanan pada baris tengah.

Berbeda dengan Innova Zenix tipe G CVT, joknya punya konfigurasi 60:40 dan arm rest belum dilengkapi cup holder.

Innova Zenix G Hybrid CVT (Rp 471,6 Juta)

Innova Zenix G CVT Hybrid pakai mesin 4-silinder 1.987 cc 16 valve DOHC Dual VVT-i yang ditambah satu motor listrik (M20A-FXS). Adapun performanya mesin bensin 150 hp di 6.000 rpm, torsi 187 Nm di 4.400-5.200, motor listrik 111 hp dan torsi 206 Nm, Total tenaga 183 hp.

Fitur-fitur yang dibawa tipe ini sama persis dengan Toyota Kijang Innova Zenix G CVT. Bedanya hanya pakai mesin hybrid, sehingga mode berkendaranya menjadi Eco, Normal, Power, dan EV alias Electric Vehicle. Oh ya, perbedaan lainnya di tipe G Hybrid ini MID-nya sudah layar TFT 7 inci.

Innova Zenix V Hybrid CVT (Rp 535,750 Juta)

Bedah Toyota Innova Zenix selanjutnya untuk tipe V CVT Hybrid. Secara kelengkapan tipe ini sama persis dengan Toyota Kijang Innova Zenix V CVT. Perbedaan paling besar ada di mesinnya yang sudah hybrid.

Sama kayak tipe hybrid lainnya, mode berkendaranya terdiri dari Eco, Normal, Power, dan EV alias Electric Vehicle, MID-nya sudah layar TFT 7 inci, dan material pelapis joknya fabric emboss. Kemudian pada tipe V hybrid ini sudah dilengkapi panoramic sunroof.

Dapur pacunya sama dengan Zenix G Hybrid, yaitu 4-silinder 1.987 cc 16 valve DOHC Dual VVT-i yang ditambah satu motor listrik (M20A-FXS), mesin bensin: 150 hp /6.000 rpm, torsi 187 Nm/4.400-5.200, motor listrik: 111 hp dan torsi 206 Nm, Total tenaga 183 hp.

Innova Zenix Hybrid V CVT Modellista (Rp 545,6 Juta)

Mesin dan fitur atau kelengkapannya sama persis dengan Toyota Kijang Innova Zenix V Hybrid CVT. Hanya saja, tipe ini sudah dibekali kosmetik racikan Modellista seperti spoiler di bumper depan, belakang, side skirt, dan ornamen lainnya.

Baca juga  Penjualan Toyota Innova Zenix Capai 7.200 Unit, Inden Lama!

Innova Zenix Q Hybrid CVT TSS (Rp 614,750 Juta)

Innova Zenix Q Hybrid CVT TSS memiliki semua kelengkapan standar di Toyota Kijang Innova Zenix V Hybrid CVT ditambah sejumlah fitur. Utamanya tentu fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense atau TSS.

TSS terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Kemudian tipe ini sudah dibekali 10 inch Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection yang dapat dioperasikan secara independen, paddle shift di setir, wireless charging, kamera parkir dengan panoramic view monitor, Blind Spot Monitor System (BSM).

Tipe Q ini sudah pakai pelek alloy 18 inci dengan ban 255/50R18, punya 6 airbags (pengemudi, penumpang depan, side airbag, dan curtain side airbags), material pelapis jok jenis kulit sintetis two-tone, power back door dengan voice command, panoramic sunroof, dan captain seat with ottoman.

Innova Zenix Q Hybrid CVT TSS Modellista (Rp 624,6 Juta)

Bedah Toyota Innova Zenix tipe terakhir yaitu Q Hybrid CVT TSS Modellista yang dibanderol Rp 624,6 juta. Mesin sama dengan G dan V Hybrid, yaitu 4-silinder 1.987 cc 16 valve DOHC Dual VVT-i yang ditambah satu motor listrik (M20A-FXS), mesin bensin: 150 hp/6.000 rpm, torsi 187 Nm/4.400-5.200, motor listrik: 111 hp dan torsi 206 Nm, Total tenaga 183 hp.

Kelengkapannya sama persis dengan Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid CVT TSS. Bedanya pada tipe ini sudah dibekali kosmetik racikan Modellista seperti spoiler di bumper depan, belakang, side skirt, dan ornamen lainnya.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika