Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Begini Tampang Mitsubishi Evo IX MR Tim Indonesia Tampil di Jepang Bersama NMAA

by Ivan
Mitsubishi Evo IX MR tim Saber Great of Indonesia

Tim modifikator dan produsen aftermarket Indonesia yang tergabung dalam campaign Saber Great of Indonesia sudah tiba di Tokyo, Jepang untuk terjun di event Osaka Auto Messe (OAM) pada 10-12 Februari 2024. Salah satu amunisi yang diusung ialah sebuah Mitsubishi Evo IX MR.

Mobil inipun sudah melaksanakan sesi foto foto di Gunung Fuji yang terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanash Jepang.

Kegiatan yang digagas NMAA ini sekaligus menjadi pembuka rangkaian serie pertama Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2024 ‘Road to The World’ yang akan di laksanakan di Osaka merupakan pemanasan dari gelaran puncak yang akan digelar pada 4-6 Oktober mendatang di ICE, BSD.

Sejumlah persiapan seperti final check Mitsubishi Evo IX MR hingga display produk di booth Saber of Indonesia masih terus digencarkan.

Rilisan terbaru Turbo Bastard Wheels dan Produk Lampu Saber Industries (tangkapan layar Andre Mulyadi)

Rilisan terbaru Turbo Bastard Wheels dan Produk Lampu Saber Industries (tangkapan layar Andre Mulyadi)

Tak terketinggalan, modifikator dan produsen aftermarket lokal memajang line-up komplet terbaru. Misalnya produk lampu aftermarket dari Saber Industries yang siap dirilis, produk premium car dari WetShine.

Ada juga rilisan terbaru Turbo Bastard Wheel berkolaborasi dengan Free Flow Kustom, dan hasil pengecatan Free Flow Kustom. Serta tak ketinggalan, Shizka Prive menampilkan rancangan busana batik Hokokai yang dikenakan oleh model selama pameran berlangsung.

Baca juga  Menperin Dukung Penuh Pengembangan Ekosistem Industri Modifikasi Otomotif

“Agenda kali ini lebih memfokuskan pada peningkatan kerjasama antara industri modifikasi Indonesia dan Jepang. Seperti kita ketahui, Indonesia terus mendorong industri modifikasi agar terus naik level, dari awalnya product user menjadi game changer,” ungkap Andre Mulyadi selaku Founder NMAA dan IMX Project Director.

“Faktanya, manpower dalam industri modifikasi dan aftermarket Indonesia lebih unggul dan bisa merealisasikan ide-ide kreatif. Pengintnya sinergi lintas negara dapat memperluas ilmu dan wawasan demi terus mendukung pertumbuhan industri modifikasi dua negara secara kontinyu,” tambahnya.

Spesifikasi Modifikasi Mitsubishi Evo IX MR

Spek modif Sesi foto Mitsubishi Evo IX MR tim Indonesia bukan kaleng-kaleng

Spek modif Sesi foto Mitsubishi Evo IX MR tim Indonesia bukan kaleng-kaleng

Saber Great of Indonesia memboyong sebuah Mitsubishi Evo IX MR besutan car builder Saber Industries. Generasi sportcar eksklusif khusus pasar Jepang yang dikembangkan di Inggris tersebut siap menyapa industri modifikasi aftermarket Jepang.

“Partisipasi dalam campaign Saber Great of Indonesia merupakan upaya mengenalkan potensi industri modifikasi aftermarket Indonesia lebih luas. Selain menampilkan karya anak bangsa, juga mengakselerasi pertumbuhan industri modifikasi skala UMKM. Dengan bangga kami persembahkan Mitsubishi Lancer Evo IX MR dengan balutan kearifan budaya lokal Indonesia,” terang CEO Saber Industries Vincent C. Mergonoto.

Selama tampil di OAM 2024, Lancer Evo IX MR dibekali sejumlah penyempurnaan di semua sektor. Terutama di bagian bodi, generasi ke-9 sedan sport Lancer Evo tersebut mendapat imbuhan grafis visual dari seniman Kustom Paint, Free Flow.

Baca juga  Menperin Apresiasi Modifikator Lokal Berkiprah di Kancah Internasional

Grafis bertema “Colorful Indonesia” ini menghadirkan desain batik Hokokai yang diaplikasi melalui teknik hand painting dan canting batik. “Imbuhan grafis batik Hokokai punya irisan sejarah yang lekat dengan akulturasi budaya Indonesia dan Jepang. Konsep racing Mitsubishi Lancer Evo IX MR semakin kontras oleh balutan budaya lokal berkat striping bermotif batik Hokokai yang merepresentasi budaya khas Indonesia,” jelas Mochamad Syamsul Fahmi punggawa Free Flow Kustom.

Selain itu, beberapa part modifikasi dari modifikator Indonesia diantaranya lampu dari Saber Industries yang digarap oleh teknisi Yoong Motor Group, dan stiker bodi Premium Auto Wrap.

Sesi foto Mitsubishi Evo IX MR di kaki gunung Fuji, Jepang

Sesi foto Mitsubishi Evo IX MR di kaki gunung Fuji, Jepang

Sektor modifikasi lainnya paling menonjol terlihat dari body kit Varis Solid Joker dengan sejumlah part carbon fiber di sejumlah bagian dan kap mesin besutan Voltex.

Evo IX MR menekankan modifikasi lebih advance di sektor penerangan. Sebagai maskot yang mewakili produk lampu aftermarket Saber Industries, unsur atraktif di bagian depan mengekspos kombinasi custom slim frame DRL, turn signal signal, dengan dua buah projector Biled Laser SR900 Ultima. Detail menarik dari setup lampu ini terletak pada penambahan custom illuminated Saber Logo.

Baca juga  IMX 2024 Pacu Geliat Modifikasi di Tanah Air, Siap Pemanasan di Jepang

Agar tampilannya tetap fresh tanpa menghilangkan kesan JDM Street Racing, pemilihan skema warna biru di sekujur tubuhnya tampil kontras berpadu velg Regamaster Evo yang dijahit ban Advan Neova pada keempat sumbu roda. Kemudian, setup kaki-kaki mendapat pasokan coilover Aragosta.

Dilanjut, mesin berkapasitas 2.0 liter 4G63 berbekal turbocharger menerima serangkaian peningkatan dari beragam produk aftermarket. Alhasil, potensi tenaga Evo IX ini melonjak drastis dibanding kondisi mesin standar.

Seperti peningkatan kubikasi mesin menjadi 2.300 cc berkat ubahan stroker kit HKS stage 2. Ubahan ini diikuti pemasangan King Bearing, ATI Damper, ACL Oil Pump, Water Pump dan ARP Mainstud.

Berlanjut ke bagian head, didukung sejumlah part seperti GSC R2 Camshaft, GSC Behave Valve Spring, HKS Cam Gear, HKS Timing Belt, ARP Head Stud, hingga HKS packing head.

Tak lupa, bagian head juga sudah menempuh proses porting polish supaya performa mesin lebih enteng. Bagian sistem gas buangnya sendiri dihantarkan langsung ke komponen knalpot Fujitsubo dilengkapi custom piping yang membuat suara mesin makin parau.

Peranti doping performa diolah melalui turbocharger HKS GTIII 4R GT35, dilanjut Tial Wastegate, Greddy Boost Controller, HKS Blow off dan Wagner tuning Intercooler. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika