Minggu, September 25, 2022

5 Bengkel Mobil Racing untuk Tuning Mobil Harian

by Tigor Sihombing

Mungkin saat ini kamu sedang mencari referensi bengkel mobil racing.  Untuk keperluan balap atau bahkan hanya unutuk tune up harian saja.

Di Jakarta sendiri sebenarnya ada beberapa bengkel mobil racing yang juga berjaya di arena balap. Namun bengkel-bengkel tersebut juga ramai dikunjungi konsumen mobil harian, alias bukan versi balap. Biasanya mereka mau meningkatkan performa mesin mobilnya, agar nyaman dipakai sehari-hari

“Kalau saya ke bengkel balap umumnya untuk tuning aja, atau remap ECU, Karena kalau nyeting ECU atau tuning di bengkel yang terbiasa menangani mobil balap rasanya beda aja,” kata Adli, pekerja swasta pengguna Innova Diesel. 

Menurut Adli, salah satu keunggulan melakukan service di bengkel yang terbiasa menangani mobil balap tentunya ada di keandalan mekanik-mekaniknya. Selain itu tools yang lengkap yang didukung dengan teknologi mumpuni.

Nah saat ini Moladin akan menyampaikan beberapa bengkel mobil racing di Jakarta. Siapa tahu bengkel-bengkel tersebut bisa membantu kamu dalam menangani permasalahan seputar mesin, seperti misalnya mendongkrak tenaga standar bawaan mobil agar lebih bertenaga.

1. Engine Plus Motorsport

Bengkel Mobil Racing

Ilustrasi mobil sport

Bengkel mobil racing yang pertama adalah Engine Plus Motorsport. Engine Plus Motorsport atau bisa disingkat Engine+ ini didirikan pada 2010 oleh Luckas Dwinanda, seorang tuner berbakat sekaligus pembalap.

Selain itu bengkel ini awalnya banyak mengoprek mobil-mobil sport Jepang dan Eropa milik teman-temannya. Maka tidak heran di bengkel Engine Plus Motorsport banyak menangani mobil-mobil kencang seperti Nissan GT-R, Misubishi Evolution, Honda Civic Type R, Subaru WRX STi, BMW, dan Porsche.

Baca juga  Bengkel DFSK Beroperasi Normal Saat PPKM Level 3

Bengkel tersebut juga menangani mobil-mobil non turbo yang ingin dimodifikasi mesinnya untuk dipasangi turbo, seperti mobil-mobil produksi lokal Honda Brio dan Honda Jazz.

Tidak hanya itu, untuk mendukung keinginan konsumennya Engine Plus Motorsport juga menyediakan spare part performa tinggi mulai dari turbo, piston kompresi tinggi, connecting rod sampai kepala silinder modifikasi.

Pokoknya semua kebutuhan performance atau part-part JDM. Terkait tools yang dimiliki Engine Plus Motorsport membekali dirinya dengan sejumlah persenjataan demi hasil tuning optimal.

Contohnya agar hasil korekan bisa lebih maksimal, Engine Plus Motorsport memiliki mesin flowbench sendiri. Mesin ini mampu membaca debit udara maksimal yang bisa masuk ke ruang bakar dan yang menuju exhaust.

Dengan semakin baiknya aliran udara yang masuk ke ruang bakar maka semakin baik juga efisiensi volumetrik yang didapat. Hasilnya pasti tenaga mesin otomatis akan meningkat setelah melakukan porting dan polish.

Untuk kamu yang penasaran bengkel Engine Plus Motorsport silahkan sambangi tempatnya di Jl Indokarya 1 Blok A No.1, Sunter, Jakarta Utara. Atau bisa kepoin langusng Instagram di @engineplus_motorsport.

2. RFT Motorsport

Bengkel Mobil Racing

Bengkel milik Rifat Sungkar

Bengkel mobil racing berikutnya adalah RFT Motorsport. Bengkel milik pereli Rifat Sungkar ini berada di jalan Pondok Cabe Ilir Raya No.89, Tangerang Selatan.

Nah di bengkel ini lebih spesifik. Karena melayani pembuatan mobil kompetisi seperti reli, touring, off-road, drifting, slalom, gymkana, dan time attach.

Adapun mobil-mobil yang biasa dioprek bengkel ini mulai dari Mitsubishi Evo, Subaru, Porsche, Ferrari, hingga Lamborghini. Menariknya di bengkel tersebut budget bisa disesuaikan dengan isi kantong.

Baca juga  Apa Itu Bengkel Ketok Magic? Pakai Sihir?

Misal, dari beberapa sumber yang kami himpun, di RFT Motorsport untuk membuat mobil reli kisarannya mulai dari Rp 200 – Rp 500 juta, kalau 4WD dari Rp 300 juta hingga Rp 1 miliar.

Dalam mengerjakan mobil pesanan konsumen, RFT Motorsport benar-benar memulai pengerjaannyadari nol. Dan dibuthkan waktu rata-rata mulai 20 haru – 1,5 bulan kerja.

Selain itu RFT Motorsport juga menawarkan paket hemat untuk menambah performa pada kendaraan, dengan cara hanya menambahkanECU Unichip Piggyback.

Untuk harga, RFT Motorsport tidak menyebutnya secara rinci. Namun kamu bisa kontak langsung bengkelnya di nomor telpon 021-74703549.

3. AFJ Motorsport

Bengkel Mobil Racing

AFJ Motorsport berlokasi di Jakarta Timur

Bengkel mobil racing berikutnya adalah AFJ Motorsport. Berada Jl Basuki Rahmat No 40, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Untuk menjalankan kegiatannya, AFJ Motorsport didukung oleh mekaniik-mekanik andal di dunia balap. Maka tidak heran jika bengkel ini parnah terlibat dalam menejemen balap super car Forza GT3 di sirkuit Sentul beberapa waktu lalu.

AFJ Motorsport sendiri menyediakan berbagai pelayanan modifikasi mobil siap balap. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung dari spesifikasi, serta kebutuhan mobil.

Selain itu bengkel ini juga menawarkan paket kursus balap yang sudah dilengkapi instruktur.

Sama dengan bengkel lainnya, AFJ Motorsport juga melayani perbaikan berupa perawatan berkala, sporing dan balancing. Penasaran dengan bengkel ini ? Kontak saja langsung AFJ Motorsport di nomor telpon 021-8620770.

4. Gardan Speed

Bengkel Mobil Racing

Garden speed pengalaman di dunia balap.

Gardan Speed merupakan salah satu dedengkot bengkel mobil balap di Jakarta. Bengkel ini berdiri sejak 1995 yang awalnya hanya melayani jasa pelayanan yang melayani perawatan rutin mesin kendaraan harian produksi Jepang maupun Eropa.

Baca juga  Berapa Biaya Servis Veloz Baru di Bengkel Resmi?

Namun saat ini Garden Speed terkenal lantaran beberapa mobil racikan bengkel ini kerap naik podium disejumlah kejuaraan. Garden Speed berlokasi di Jl Muhasyim VII No 45 A, Cilandak, Jakarta Selatan.

5. REV Enginering

Bengkel Mobil Racing

REV Enginering ahli remap ECU.

Untuk kamu yang berencana dongkrak tanaga kendaraan degan cara remap Electronic Control Unit (ECU), Rev Engineering salah satu ahlinya.

Bengkel yang dimiliki oleh pria bernama Teddy Suryajaya tersebut beralamat di Jl. Panjang No. 70, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Remap ECU sendiri cukup populer di kalangan penyuka kecepatan. Prosesnya dilakukan dengan melakukan kalibrasi ulang ECU mobil sesuai dengan keinginan penggunaan sehingga didapat tenaga mesin lebih besar.

Di REV Enginering biaya remap ECU berkisar  Rp 4 – 5,5 jutaan. Selain remap ECU, di bengkel ini konsumen juga melakukan pemasangan piggyback, tune up, servis kaki-kaki, hingga melakukan swap engine.

Untuk remap misalnya REV sering menjadi langganan pengguna Toyota Fortuner untuk manaikan tanaga SUV Toyota tersebut. Klaim bengkel ini, mobil tersebut mampu terdongkrak tenaganya hingga 40 hp lebih.

Dari enaga standarnya 149 hp menjadi 195 hp. “Untuk prosesnya sekitar 30 menit beres,” kata Teddy.  Terkait cara kerjanya, Teddy mengatakan hanya  menyambungkan laptop ke OBD mobil.

Setelah itu, baru dimasukkan program ECU yang telah dioptimalkan. Agar lebih aman, proses remapping ECU ini juga dibarengi dengan test dynometer. Untuk harga remap ECU berkisar Rp 4,5 jutaan.

Demikian ulasan terkait bengkel mobil racing. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika