by

Berburu Nissan Serena C24 Bekas, Perhatikan Hal Ini!

Nissan Serena C24 bisa jadi mobil bekas pilihan, jika kamu sedang mengincar MPV yang muat banyak penumpang. Kenapa demikian? 

Karena mobil Nissan Serena C24 merupakan MPV murni yang bisa menampung 7-orang dewasa. Soal kenyamanan juga tidak perlu diragukan.

Nissan Serena generasi kedua alias C24 mulai dipasarkan di Indonesia tahun 2004. Unit ini memiliki desain modern dengan body sudah mengotak dibanding versi C23 sebelumnya.

Fakta menariknya, Nissan Serena C24 sebenarnya sudah lebih dahulu di jual di Jepang sejak tahun 1999. Namun disinilah keunggulan produk build up asal Jepang ini, yang mempu membuat model mobil timeless, hingga masih pantas untuk dijual pada tahun 2004 di Indonesia.

Ya memang sih ketika di zamannya, mobil ini tidak ada saingan. Hanya Isuzu Panther dan Kijang Kapsul yang bermain di kelas MPV 7-seater, Di mana kedua unit itu merupakan produk unggulan yang desainnya Indonesia banget dan tidak mementingkan fitur.

Fitur Nissan Serena C24 Terlengkap di Zamannya

Nissan Serena C24
Interior Nissan Serena C24 HWS 2012

Di Indonesia Nissan Serena menggunakan mesin berkode QR20DE dengan kapasitas 2.000 cc. Nissan Serena C24 hadir dalam tiga varian yakni Comfort Touring atau CT, Highway Star (HS) dan Autech.

Untuk detil perbedaannya, trim Comfort Touring sudah tidak dilengkapi dengan pintu geser elektrik dan kamera parkir belakang. Sedangkan  varian Highway Star dan Autech sudah dilengkapi dengan pintu geser elektrik di sebelah kiri dan kamera parkir belakang.

Menurut brosur resmi pabrikan Nissan terdahulu, pada varian HS sudah memiliki monitor pada kedua head rest, dan meja lipat yang praktis, serta horden untuk meningkatkan privasi penumpang yang membuat varian ini makin premium dan mewah.

Baca juga  Sosok Nissan Terra Facelift Muncul Ditengah Penutupan Pabrik

Tipe HS juga hadir dengan fitur jok kulit, lampu sen di spion, TV sekaligus DVD player, wood panel, kamera mundur dan pintu kiri belakang elektrik, membuka-tutup tinggal pencet tombol.

Selanjutnya baru di tahun 2010, Nissan merilis varian Autech. Model ini memiliki ubahan pada gril, bumper depan dan belakang, hood top moulding, lampu kabut, side sill protector, polish alloy wheel, dan combi lamp.

Pada varian Autech ini, Serena tampak makin elegan, stylish, dan mewah. Di kelasnya, di tahun 2005 hingga 2010-an, mobil tersebut adalah MPV salah satu MPV yang kaya fitur dan mewah. “Kalau gak salah build up Jepang,” kata Putra pemilik bengkel mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Terkait fitur keamanan Nissan Serena C24 telah mengadopsi airbag, ABS+EBD dan Brake Assist. Selain itu juga terdapat fitur seat belt dan sensor parkir untuk mendukung keselamatan.

Putra menambahkan, salah satu yang paling diingatnya dari varian C24 adalah suspensinya yang terasa sangat nyaman. Ini merupakan salah satu keunggulan Serena C24. Jadi pas sekali kalau kamu memilihnya sebagai mobil keluarga.

Perhatikan Ekterior dan Interior Nissan Serena C24

Nissan Serena C24
Nissan Serena CT 2010

Sebelum mengincar Nissan Serena C24, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah kelengkapan dan tampilan eksterior dan interior.

Baca juga  Bocor Sosok Nissan Terra Facelift 2021

Khusus di sektor interior, Nissan Serena C24 umumnya memiiki warna cerah. Jika kondisinya kusam, berarti pemilik sebelumnya kurang memperhatikan kabin.

Meski begitu, hal ini masih tergolong wajar untuk mobil yang sudah memasuki usia sekitar 10 tahun kurang lebih. “Yang terpenting perhatikan stir, jangan sampai ada bagian yang robek, karena kalau kotor bisa dibersihkan,” kata Ahmad Sodikin pedagang mobil bekas di bilangan Bekasi Timur.  Ia menambahkan, umumnya pada mobil, ketika stir sudah robek jadi tidak nyaman digenggam.

Selanjutnya perhatikan juga bahan pelapisnya joknya, terutama untuk varian standar atau Comfort Touring (CT). Karena pada type ini material jok menggunakan bahan fabric berwarna cerah, kalau yang Highway Star sudah pakai bahan kulit.

Bahan fabric lebih mudah kotor dan rentan kena tumpahan minuman sehingga menimbulkan bercak. Kalau lama tak dibersihkan, akan sulit menghilangkan noda bercak tersebut.

Ujung-ujungnya bikin tampilan interiornya jadi kurang apik, kecuali kalau kamu berniat mengganti atau melapisi joknya dengan kulit. Pun begitu dengan bagian plafon yang menggunakan bahan material yang sama.

“Sewajarnya mobil bekas, ada baiknya setelah membeli, bawa ke salaon agar makin bersih dan mendekati kondisi tampilan orisinilnya,” Jelas Ahmad.

Lalu untuk ekterior, sebaiknya perhatikan bagian-bagian detail Nissan Serena C24. “Karena mobil ini detail ekteriornya mahal, seperti pada lampu-lampu, pastikan masih menggunakan originalnya, jangan tergiur dengan aftermarket,” tambahnya.

Harga Pasaran Nissan Serena C24

Nissan Serena C24
Ilustrasi Nissan Serena c24

Terkait harga pasaran Nissan Serena C24 terbilang anjlok. Untuk tahun 2011 misalnya, mobil ini dibanderol pada kisaran di bawah Rp 100 jutaan.

Baca juga  Pro dan Kontra Pajak 0 Persen Mobil Baru Ditolak

Jika kamu mau cari yang lebih murah, bisa pilih tahun yang lebih tua. Ambil contoh Nissan Serena 2010 C24 Autech, harganya Rp 92 jutaan. Sementara di tahun yang sama, Nissan Serena CT Rp 87 jutaan. Selanjutnya type tengah Highway Star dibanderol pada kisaran harga Rp 90 jutaan.

Walau demikian, kalau memang bujet kamu benar-benar terbatas bisa pilih tahun yang lebih tua. Nissan Serena C24 keluaran 2004, harganya cuma Rp 50 jutaan. Jika dibandingkan dengan mobil lain, unit ini sebanding dengan harga Toyota Kijang kapsul tahun 1999-2000 yang juga memiliki pasaran Rp 50 jutaan.

Apa pun pilihan kamu, haruslah sabar dalam membeli mobil bekas. Sungguh bukan hal mustahil, kamu akan menemukan Nissan Serena C24 terbaik dalam kondisi kilometer rendah. Pasalnya sebagai mobil MPV mewah, tidak jarang mobil ini hanya dipakai antar jemput anak dari rumah, sekolah, rumah. Maklum, umumnya Serena jadi mobil pilihan ke dua dalam keluarga.

Kemudian sediakan pula bujet lebih untuk melakukan perbaikan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa membeli mobil bekas tahun lama pasti perlu perbaikan minimal ke salon mobil.

Demikian ulasan terkait berburu Nissan Serena C24 bekas. Semoga apa yang kami sampaikan bisa jadi bekal kamu dalam menemukan Nissan serena bekas terbaik.

Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update konten berita terbaru seputer otomotif.

Terbaru