oleh

Biaya Pasang Anti Karat Mobil, Semahal Apa?

Saat ini kamu mungkin sedang mencari tahu biaya pasang anti karat mobil. Tapi sebelum membahasnya, kira-kira seberapa penting sih pemasangan anti karat pada mobil?

Umumnya untuk mobil keluaran-keluaran terbaru sudah menggunakan pelapis anti karat dari pabriknya. Tapi jika saat di tangan konsumen hendak diberikan anti-karat lagi, tentu bukan sesuatu yang salah.

Di pasaran sendiru, banyak merek-merek anti karat yang beredar. Salah satu di antaranya: Ultragard, Ziebart, atau Flintkote.

Lalu apakah mobil baru perlu anti karat? Menurut Toyota Auto2000 perlu. Sebab dengan kekuatan tambahan lapisan anti-karat tentu akan membuat komponen-komponen logam di mobil kesayangan lebih awet.

“Paling konsekuensinya mobil lebih berat sedikit saja. Karena tiap mobil umumnya membutuhkan cairan anti karat sebanyak 2- 4 literan,” kata Putera mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Balik lagi soal harga dan biaya pasang anti karat mobil. Kisarannya mulai Rp 2 jutaan. Kalau kamu masih penasaran dengan alasan mobil harus pakai anti karat, berikut bahasan lengkapnya.

Alasan Mobil Harus Pakai Anti Karat

review kijang grand extra
Mobil dengan anti karat tentu punya daya tahan yang lebih baik, terutama dari keropos

Selain itu ada beberapa alasan mengapa mobil perlu dianti karat. Ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin mengaplikasikannya:

​​​​​​​1. Nilai Jual Lebih Tinggi

Dengan komponen-komponen logam yang selalu baik kondisinya dan tanpa karat, otomatis akan meningkatkan nilai jual kembali mobil, kamu. Mobil bebas karat lebih berharga bagi pembeli.

2.Memperpanjang Usia mobil

Dengan melindungi kolong, panel bodi, dan komponen mekanis dengan anti karat, mobil kamu akan bertahan lebih lama.

3. Minim Kerusakan

Jika tidak ditangani, karat dapat menyebar ke sistem pengereman dan perkabelan, bahkan sistem kelistrikan mobil kamu.

Baca juga  Masalah Mobil Matic dan Gejala yang Ditimbulkan

Jika beberapa bagian tersebut sudah terserang maka wajib hukumnya untuk diperbaiki. Dengan anti karat tentu akan mengurangi biaya perbaikan, karena body mobil akan lebih terlindungi.

4. Struktur Mobil Lebih Kuat

Korosi dari waktu ke waktu akan merusak kekuatan struktural mobil. Karena karat yang dibiarkan akan memakan struktur sasis. Jika menggunakan anti karat, maka sasis akan lebih aman.

5. Tampilan Selalu Segar

Mobil yang baru keluar dari dealer selalu tampil klimis, mengkilap dan sempurna tanpa setitikpun karat. Pertahankan hal itu dengan penggunaan anti-karat.

Itulah alasan mobil Toyota baru tetap harus diberikan pelapis anti karat. Tentu Anda tak perlu bingung lagi dengan pertanyaan apakah mobil baru perlu anti karat atau tidak?

Harga Anti Karat untuk Mobil

Biaya Pasang Anti Karat Mobil
Ilustrasi cat anti karat untuk mobil

Pemasangan anti karat pada mobil sendiri umunya dengan melakukan penyemprotan di beberapa bagian yang rentan akan karat. Semisal bodi mobil dan bagian bawah mobil.

Tak jarang, anti karat juga disemprotkan di bagian-bagian mobil yang cukup sulit dijangkau. Seperti lipatan-lipatan pada mobil dan juga sela-sela pintu.

Agar anti karat bisa disemprotkan ke bagian-bagian sulit itu, anti karat mesti disemprotkan dengan peralatan khusus. Anti karat yang berkualitas biasanya punya garansi sekitar 3 sampai 5 tahun.

Terkait biaya pasang anti karat mobil, di pasaran bergam paketnya. Untuk mobil baru dengan dimensi berukuran kecil (small). harus keluarkan uang kisaran Rp 2 – 2,5 jutaan. Sedangkan untuk mobil ukuran sedang (medium) harganya Rp 2,6 – 3 jutaan, dan mobil ukuran besar (large) dibanderol Rp 3 – 4 jutaan.

Baca juga  6 Cara Ganti Ban Mobil untuk Pemula, Pasti Bisa!

“Kalau mobil baru umumnya dihitung daru 3 bulan pertama setelah mobi keluar diler,” tambah Putera.

Anti Karat untuk Mobil Bekas Lebih Mahal

4 cara menghilangkan karat pada chrome
Ilustrasi mobil bekas berkarat

Sedangkan mobil bekas, biayanya lebih mahal sedikit. Hal ini karena penanganan mobil bekas lebih ekstra dan ada pengecekan lebih detail. Maka harga pemasangan anti karat pada mobil seken lebih mahal.

“Karena kita tidak tau kondisi sebelumnya seperti apa, jadi harus dicek ulang,”tambahnya.

Adapun biaya pasang anti karat mobil bekas berukuran kecil (small) Rp 2,5 – 3,5 jutaan. Mobil berukuran sedang (medium) Rp 3,5 – 4 jutaan, dan mobil berukuran kecil (large) Rp 4,5 jutaan.

“Kalau mesin juga bisa dilapis anti karat, biayanya kisaran Rp 300 ribuan,” tambah Putera lagi.

Tidak hanya sebagai pencegah karat, anti karat pada mobil juga bisa dipakai sebagai peredam suara. Fungsi tersebut berlaku jika anti karat disemprotkan di bagian dalam mobil, serta di bagian bawah mobil.

Dengan adanya anti karat bagian-bagian mobil tersebut bisa meredam berbagai macam suara yang mengganggu. Mulai dari suara mesin, putaran roda, hingga suara transmisi mobil dan hempasan air.

Untuk harga anti karat sekaligus sound protection, berkisar Rp 2,1 juta untuk merek Ziebart.

Cara Pengerjaan Anti Karat

Biaya Pasang Anti Karat Mobil
Disarankan untuk membersihkan bagian-bagian yang hendak diberi anti karat. Semisal bodi mobil dan bagian bawah mobil.

Setelah tahu biaya pasang anti karat mobil yang tidak murah. Maka dari itu, kamu harus melakukan pemasangan secara hati-hati dan teliti. Ada beberapa cara yang harus dilakukan, jika kamu hendak menggunakan anti karat pada mobil. Menurut Daihatsu, cara-cara tersebut adalah:

Baca juga  7 Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir, Dorong Saja!

Bersihkan Mobil Terlebih Dahulu

Jika mobil dirasa kotor, cara pertama ini harus dilakukan terlebih dahulu. Disarankan untuk membersihkan bagian-bagian yang hendak diberi anti karat. Semisal bodi mobil dan bagian bawah mobil.

Khusus untuk bagian bawah mobil, kamu bisa meminta bantuan jasa cuci mobil, bila kamu kewalahan melakukannya. Setelah semuanya bersih, pastikan semua bagian mobil yang telah dicuci itu kering, agar nantinya lebih mudah diberi anti karat.

Lapisi Anti Karat ke Bagian Mobil yang Dituju

Selanjutnya segera lapisi bagian-bagian mobil tersebut dengan anti karat. Saat ini, anti karat tersedia dalam bentuk cat maupun spray.

Kamu bisa memakai salah satunya yang cocok. Bila bagian-bagian mobil sudah dilapisi anti karat, kamu mesti membiarkannya selama beberapa jam, hingga anti karatnya mengering.

Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Jika anti karat sudah mengering, kamu bisa kembali menggunakan mobil seperti biasa. Namun, jangan lupa untuk melakukan pembersihan mobil secara rutin, agar fungsi anti karatnya tetap terjaga. Lapisi lagi bagian mobil dengan anti karat, bila sekiranya diperlukan.

Meminta Bantuan Pihak Bengkel

Kalau kamu tidak bisa melakukan semua cara di atas sendiri,sebaiknya bisa meminta bantuan pihak bengkel. Walau harus mengeluarkan kocek yang cukup besar, melakukan cara ini bisa membuat proses pelapisan anti karat pada mobil jadi lebih efektif dan efisien.

Pastikan kamu melakukan cara ini di bengkel terpercaya. Selain hasil kerjanya bisa dipertanggungjawabkan, bengkel resmi juga lazim memberikan garansi.

Demikian ulasan terkait biaya pasang anti karat mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomtif.

Terbaru