Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Biaya Pasang Lampu Led Mobil, Semahal Apa?

by Tigor Sihombing
biaya pasang lampu LED mobil

Apakah biaya pasang lampu LED mobil, mahal? Sebelum mengetahuinya, kamu wajib tahu dulu apa itu lampu LED? Perbedaan antara lampu LED (Light Emitting Diode) dengan bohlam adalah dari prose menghasilkan cahayanya.

Lampu bohlam konvensional menghasilkan cahaya dari pemanasan kawat tungsten dan emisi elektron. Sementara lampu LED menghasilkan cahaya langsung melalui elektroluminesensi di dalam chip semikonduktor.

Saat ini, sebenarnya sudah banyak mobil keluaran terbaru yang sudah menggunakan LED (Light Emitting Diode) sebagai lampu penerangan utama. Terutama pada mobil mewah atau varian tertinggi. Hanya saja untuk mobil varian rendah atau keluaran lawas, LED belum digunakan. Oleh karena itulah, banyak pemilik mobil dengan lampu bohlam ingin ganti atau modifikasi ke LED.

Penggunaan LED pada kendaraan tentunya sangat menarik, lantaran banyak keuntungannya jika dibandingkan dengan lampu penerangan yang masih menggunakan bohlam. Misalnya, lampu mobil yang menggunakan LED akan lebih efisien dalam menyedot energi kelistrikan. Dengan begitu, bisa membuat aki lebih awet.

Selain itu, lampu LED mobil juga memberikan cahaya yang lebih terang dan tajam. Bicara usia pakai, lampu LED juga tentunya lebih lama dibandingkan dengan bohlam, sehingga kamu tidak perlu mengganti lampu mobil begitu sering. Hal ini karena lampu LED lebih tahan terhadap guncangan dan getaran.

Modifikasi Lampu Bohlam ke LED, Berapa Biayanya?

biaya pasang lampu LED mobil

Biaya ganti lampu LED mobil ternyata tidak semahal yang dibayangkan. Ongkos pemasangannya terkadang sudah termasuk dari harga lampu LED itu sendiri. Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk membeli lampu LED mobil adalah Rp 500 ribuan sepasang, tergantung merek. 

“Kalau jasa biaya pasang relatif, mulai dari Rp 50 – 100 ribu, mobil Eropa lebih mahal. Tapi kalau beli lampu LED di sini, biasanya sudah termasuk ongkos pasang,” kata Rudy, pemilik bengkel mobil variasi di bilangan Otista Jakarta Timur.

Baca juga  Microsleep Saat Berkendara, Penyebab Kecelakaan Mobil!

Sebagai gambaran, berikut harga lampu LED (lampu utama dan foglamp) untuk mobil dari berbagai merek yang kami rangkum dari beberapa toko baik offline maupun online. Di bawah ini adalah harga sepasang lampu.

Lampu LED H4 (Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dst)

  • Autovision Xandway Rp 417.900
  • Osram XLZ Rp 595.000
  • Philips Ultinon Essential Rp 668.250
  • Novsight F03 Rp 601.400

Lampu LED H7 (Mobil BMW X1, X3, dst)

  • Philips Ultinon Pro3021 Rp 649.000
  • Osram XLZ Rp 578.750
  • Autovision Highway Rp 700.000
  • Novsight Headlight Rp 550.000

LED H8 LED Foglamp (Mobil BMW X1, X3, dst)

  • Autovision LED Foglamp Rp 332.500
  • Turbo LED Rp 365.000
  • Philips Ultinon Pro3021 Rp 750.000
  • Osram XLZ Rp 600.000

LED H11 Foglamp (Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, dst)

  • Autovision Highway Rp 700.000
  • Philips Ultinon Essential Rp 649.000
  • Osram XLZ Rp 595.000
  • Bellford Rp 350.000
  • Ayoto A3 Rp 259.120

Jenis H16 untuk foglamp dengan tegangan lebih rendah dibanding H11

  • Osram XLZ Rp 600.000
  • Philips Ultinon Essential Rp 689.000
  • Hella LED Rp 575.000
  • Autovision Laser Rp 332.500

Proses Pemasangan Lampu LED

biaya pasang lampu LED mobil

Cara pasang lampu LED mobil

Setelah tahu biaya pasang lampu LED mobil, kamu juga perlu mengerti proses penggantiannya. Adapun cara mengganti bohlam konvensional atau halogen ke LED terbilang mudah. Langkah pertama kamu harus memperhatikan tipe lampu depan yang dipakai mobil. Umumnya kode lampu depan itu kombinasi huruf dan angka seperti H1, H3, H4, H5, H6, H7, dan H11.

Contohnya Toyota Avanza lama pakai lampu depan jenis H4, maka kamu tinggal cari lampu depan LED yang jenis H4 juga. Jika tipenya sama, maka kamu tinggal pasang saja tanpa perlu melakukan modifikasi.

Baca juga  5 Cara Merawat Aki Basah Agar Tidak Cepat Tekor

Selain dari tipe lampu, kamu juga mesti mengecek spesifikasinya. Misalnya warna yang dihasilkan dan lumen (satuan lm). Soalnya, ada lampu LED yang high beam-nya (lampu jauh) warna putih sedang low beam-nya (lampu dekat) warna kuning, tapi ada juga yang dua-duanya warna putih.

Sementara itu, perhatikan juga Lumens-nya yang pancaran kekuatan sinar lampu. Semakin besar angka lumens maka pancaran cahayanya lebih luas dengan intensitas yang lebih besar. Misalnya low beam 8.000 lm sedang high beam 12.000 lm atau bisa juga dua-duanya lumensnya sama seperti 10.000 lm.

Adapun cara pasangnya sama seperti memasang bohlam lampu mobil biasa. Berikut detialnya:

  1. Pertama melepas lampu halogen lama, beserta soket-soketnya.
  2. Berikutnya adalah dengan memasang terebih dahulu adaptor atau dudukan lampu LED (ada di dalam kotak ketika membeli lampu LED aftermarket) ke rumah lampu mobil.
  3. Jika adaptor kaki lampu sudah terpasang kuat di rumah lampu, maka selanjutnya pasang terlebih dulu karet penutup lampu tersebut.
  4. Berikutnya sambungkan soket lampu LED dengan soket lampu kabel lampu yang ada di mobil. Jangan lupa untuk lindungi soket dengan isolasi agar terlindung dari korsleting kiba air hujan.

Tips Memilih Lampu LED yang Tidak Silau

biaya pasang lampu LED mobil

Perhatikan lumens dan kelvin di lampu LED sebelum melakukan pemasangan

Untuk memilih lampu LED, juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Tetapi umumnya lampu LED yang baik adalah yang tidak menyilaukan mata dan tembus terhadap hujan. Maka dari itu, perhatikan pula angka lumens dan kelvin yang ada di lampu tersebut.

Berikut kami beberkan tips penting ketika ingin memilih lampu LED terbaik untuk mobil:

  1. Pilih lampu LED dengan lumens yang sesuai. Umumnya angka lumens ini berkisar antara 2.500 hingga 3.000. Supaya tidak menyilaukan mata, jangan sampai lumens lampu LED mobil kamu lebih dari 3.000. Buat yang belum tahu, lumens atau lm adalah indikator yang memberikan gambaran pancaran sinar lampu. Semakin besar lumens, maka semakin tinggi intensitas dan luas pendaran cahaya lampu LED.
  2. Cek angka kelvin yang sesuai. Untuk lampu depan utama di mobil, kamu bisa menggunakan temperatur 4300K (warna putih kekuningan) atau temperatur 6000K (warna putih bening). Untuk lampu dim atau lampu jauh, temperatur yang disarankan adalah 4300K agar tidak terlalu silau, jika dilihat dari arah berlawanan. Sedangkan untuk lampu kabut disarankan menggunakan temperatur 3000K (kuning keemasan) / 4300K (putih kekuningan), agar bisa tembus hujan dan kabut.
  3. Perhatikan sudut sinar. Sudut sinar yang terlalu lebar dapat menyebabkan cahaya tersebar terlalu banyak dan membuat pengemudi lain terganggu, sementara sudut sinar yang terlalu sempit dapat membuat pandangan menjadi terbatas.
  4. Pilih lampu LED dengan lensa berkualitas. Lensa berkualitas akan membantu menyebar cahaya dengan lebih merata dan mengurangi silau yang terjadi.
  5. Pilih lampu LED yang tahan terhadap air. Pastikan untuk memilih lampu LED yang memiliki rating IP yang tinggi. IP rating menunjukkan seberapa tahan terhadap air dan debu sebuah produk. Semakin tinggi rating IP, semakin tahan terhadap air produk tersebut.
  6. Gunakan lampu LED dari merek yang terpercaya, seperti Phiplips, Osram, Hella, dan lain-lain.
Baca juga  5 Cara Pasang Roof Box Mobil Yang Aman

Dengan memperhatikan tips di atas, kamu dapat memilih lampu LED yang sesuai dengan kebutuhan, tahan terhadap hujan, dan tidak menyilaukan bagi pengemudi lain di jalan.

Demikian ulasan biaya pasang lampu LED mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berta terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika