by

5 Daftar Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir

Berapa biaya perbaikan mobil terendam banjir? Pastinya tidak murah, namun perbaikan haruslah dilakukan. Terlebih jika kamu ingin mobil bisa kembali ke kondisi prima.

Soal estimasi biaya perbaikannya, ternyata beragam. Faktor pendukungnya banyak, mulai dari dimensi mobil, derajat kemewahan, sampai dengan ketinggian air.

Komponen yang kemasukan air juga sangat mempengaruhi. Bila cuma terendam karpetnya dasar saja. Maka biaya bisa cuma Rp 500 ribuan. Hanya saja kalau sampai ke komponen kelistrikan, mesin, dan lain-lain. Bukan tidak mungkin proses perbaikan memakan ongkos jutaan, bahkan seharga mobil baru.

Buat kamu yang mobilnya habis kebanjiran. Lalu mau tahu detail biaya perbaikan mobil terendam banjir? Simak bahasan berikut:

1. Mulai Rp 500 Ribu untuk Interior, Tergantung Dimensi dan Kemewahan

biaya perbaikan mobil terendam banjir
Paling parah kalau mobil sudah terendam sampai plafon

Biasanya bengkel memberikan paket pembersihan interior bekas banjir, berdasar dimensi mobil. Contoh untuk mobil kecil, masuk di dalamnya: city car, sedan, sampai dengan Toyota Avanza mendapat ongkos yang termurah. Biaya pembersihan interiornya, mulai Rp 500 ribuan.

Kemudian untuk tipe mobil berdimensi sedang, seperti Toyota Innova, Nissan Serena, dan Toyota Voxy, tarifnya lebih tinggi. Paling mahal adalah mobil-mobil berdimensi besar dan mewah, seperti Toyota Alphard, Mercedes-Benz GLE, BMW X7, dan lain-lain.  Mobil kelas ini, tarifnya mulai Rp 2 jutaan.

Tarif pembersihan interior yang dipatok, dihitung berdasar luas pengerjaan serta kerumitannya. Harga di atas merupakan biaya perbaikan mobil terendam banjir khusus interior yang paling sederhana yaitu karpet dasar. Jika banjir ternyata merembet ke jok, atau hingga plafon, maka ongkosnya semakin mahal.

Baca juga  Cara Membuat Shampo Mobil Dengan Biaya Hemat

Belum lagi untuk mobil mewah, kalau ditemukan ada komponen interior yang harus diganti, pasti harganya tidak murah. Jadi intinya semakin kecil mobilnya, perbaikan semakin murah. Semakin besar dan mewah mobilnya bakal tambah mahal.

Maka, beruntunglah kamu yang punya mobil murah dan berdimensi kecil. Setidaknya ongkos perbaikan yang lebih murah, bisa membuat kesedihan kamu tidak terlalu dalam. Meski sebenarnya, mobil kebanjiran juga sudah merupakan duka tersendiri.

Baca juga:

2. Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir Termahal Kalau Kelistrikan dan Mesin Terendam

biaya perbaikan mobil terendam banjir
Kalau mesin dan transmisi sudah kemasukan air, biayanya bisa bertambah berkali-kali lipat

Sebagai gambaran, harga ECU Toyota Avanza sekitar Rp1,2 juta. Itu cuma ECU, bagaimana jadinya kalau harus ganti airbag, anti-lock braking system (ABS), head unit, AC, dan masih banyak lagi. Terlebih kalau sampai turun mesin mobil.

Pasalnya, komponen kelistrikan memang musuhnya air. Kalau sudah terendam, biasanya mau tidak mau harus ganti dengan yang baru. Berapa kira-kira uang yang perlu dikeluarkan?

Kalau memang kerusakan menyeluruh seperti itu, bukan tidak mungkin biaya perbaikan mobil terendam banjir bisa seharga mobil baru. Untungnya sudah jadi kebiasaan, ketika musim banjir, bengkel-bengkel resmi memberi diskon perbaikan mobil yang terendam.

Hanya saja kalau harga perbaikan di bengkel resmi tetap dianggap mahal, kamu bisa mencari mekanik perorangan supaya lebih murah. Maka dari itu, tidak ada salahnya melakukan survey harga terlebih dulu. Tujuannya tidak lain, kamu mendapat harga terbaik untuk biaya perbaikan mobil terendam bajir.

Baca juga  7 Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Tidak Sulit

3. Biaya Termurah untuk Ketinggian Air di Karpet Dasar

biaya perbaikan mobil terkena banjir
Biasanya ada paket pembersihan interior untuk mobil kena banjir, paling murah didapat untuk mobil berdimensi kecil, seperti Honda Brio

Biaya perbaikan mobil terkena banjir yang termurah adalah saat ketinggian air cuma menyentuh karpet dasar. Kenapa? Kemungkinan cuma komponen tersebut saja yang biasanya perlu dibersihkan.

Kalau cuma air, karpet bahkan tidak perlu diganti. Cukup dicopot, kemudian dicuci, terakhir dikeringkan. Beda lagi, kalau air yang masuk juga mengandung lumpur. Apalagi karena lumpur, karpet dasar tidak lagi bisa dipakai.

Estimasi biaya untuk ketinggian air di karpet dasar, sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta untuk mobil berdimensi kecil. Sementara mobil berdimensi besar dan mewah, bukan tidak mungkin biayanya mulai Rp 2 jutaan.

4. Ketinggian Air Sampai Dashboard, Berapa Biayanya?

fitur mitsubishi xpander facelift
Kalau banjir sudah sampai masuk ketinggian dashboard, maka head unit, AC, air bag, dan lain-lain kemungkinan besar harus diganti

Siap-siap rogoh kocek dalam kalau mobil kamu terendam air sampai dashboard. Pasalnya komponen yang perlu dibersihkan tentu lebih banyak. Bukan cuma karpet dasar, tapi juga jok dan panel pintu. Alhasil biaya perbaikan mobil terendam banjir tahap ini jadi mahal.

Di samping ongkos lebih tinggi, efeknya ke waktu pengerjaan yang agak lama. Sampai benar-benar bersih, estimasinya sekitar satu minggu pengerjaan. Soal ongkos, buat pembersihan interior saja bisa menghabiskan mulai Rp 2 jutaan untuk mobil berdimensi kecil. Sementara mobil premium dimulai dengan angka Rp 5 jutaan.

Baca juga  Kisaran Biaya Kursus Mengemudi Mobil, Mahal?

Belum lagi kalau head unit, panel instrumen, dan AC rusak. Lebih parahnya lagi, kalau ternyata air sampai masuk ke mesin serta transmisi. Uang yang lebih banyak pasti melayang untuk perbaikan.

5. Banjir Sampai Plafon Mulai Rp 3 Jutaan untuk Interior

biaya perbaikan mobil terkena banjir
Jangan sekali-kali mencoba terobos banjir, mencegah lebih baik dari mengobati

Khusus pembersihan interior, biaya perbaikan mobil banjir yang menyentuh plafon masuk kategori paling mahal. Pasalnya mobil terendam total, maka biaya pembersihannya bisa berkali-kali lipat.

Pengerjaannya mulai dari karpet dasar, jok, dashboard, hingga langit-langit perlu dicopot habis. Lalu seperti biasa dilakukan pencucian, terkahir pengeringan.

Estimasi biaya pembersihan untuk mobil murah yang terkena banjir sampai plafon, mulai Rp 3 juta. Jika kamu datang ke bengkel resmi, biaya perbaikan mobil terendam banjir bisa semakin mahal. Sementara untuk mobil premium, harganya mulai Rp 6 juta.

Ambil contoh dealer Suzuki Buana Trada pernah membeberkan paket kendaraan terendam air sampai plafon, ongkosnya mencapai Rp 4,1 juta pada tahun lalu.

Hal yang dilakukan adalah membersihkan karpet, rem dan kuras minyak rem, interior, ruang mesin, servis AC, engine tune up, ganti/over haul komponen elektronik, bongkar pasang dashboard, sterilisasi atau ozonisasi, dan bersihkan jok. Tidak cuma itu, ada pula ganti oli, kuras tangki, ganti plafon, hingga poles eksterior.

Biaya yang disebutkan di atas, semua sebatas jasa pekerjaannya saja ya. Tidak termasuk penggantian suku cadang. Untuk informasi terbaru dan terlengkap terkait dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru