Jumat, Mei 24, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Biaya Service Kaki-Kaki Mobil, Apa Benar Mahal?

by Tigor Sihombing
Biaya service kaki-kaki mobil

Moladiners, buat kamu yang sedang mencari referensi biaya service kaki-kaki mobil, artikel berikut ini cocok untuk disimak sampai tuntas.

Sebagaimana diketahui, kaki-kaki mobil merupakan salah satu bagian komponen kendaraan yang membutuhkan perawatan secara berkala. Bukan tanpa alasan, kaki-kaki mobil dengan kondisi prima akan mendukung kenyamanan dan keselamatan penumpang saat berkendara.

Namun begitu, karena posisi kaki-kaki mobil ada dibagian bawah kolong dan tidak kasat mata, banyak pemilik mobil yang mengabaikan kondisinya dan tidak melakukan perawatan berkala. Alhasil, muncul gejala-gejala kerusakan dengan indikasi muncul bunyi asing saat mobil berjalan.

Bahkan jika kerusakan sudah parah, bunyi yang muncul akan semakin nyaring dan juga kenyamanan kabin akan terganggu. Bukan hanya karena bunyi-bunyian saja, namun juga berdampak pada saat mobil melewati jalan tidak rata atau saat bermanuver.

Sebagai contoh, komponen kaki-kaki yang bermasalah dan menimbulkan bunyi mengganggu seperti tie rod, ball joint, shockbreaker, link stabilizer, dan bearing.

Nah, jika sudah muncul gejala kerusakan seperti yang disebutkan tadi, sebaiknya kita membawa mobil kebengkel resmi atau spesialis kaki-kaki terpercaya untuk dilakukan pengecekan.

Biaya service kaki-kaki mobil sendiri memiliki harga yang beragam. Tergantung seberapa besar kerusakan dan parts bagian mana yang bermasalah. Untuk mengetahui komponen kaki-kaki yang bermasalah wajib dideteksi lebih dulu.

Untuk mendapatkan sparepart kaki-kaki mobil, kita bisa membeli di bengkel resmi untuk menjamin keaslian produk. Selain bengkel resmi, parts kaki-kaki mobil juga bisa didapatkan di sentra onderdil. Di lokasi ini kamu bisa menemukan berbagai macam parts kaki-kaki mobil dari yang original hingga imitasi dengan harga bervariasi. 

Selanjutnya part gantian untuk kaki-kaki mobil juga dengan mudah dibeli secara online, seperti di berbagai macam market place yang ada di Indonesia.

Mau tahu lebih jauh biaya service kak-kaki mobil lebih lanjut. Berikut ulasan lengkapnya:

Biaya Penggantian Komponen Kaki-kaki Mobil

biaya service kaki-kaki mobil

Kaki-kaki yang bermasalah bisa jadi penyebab tarikan mobil terasa berat

Biaya cek kaki-kaki mobil memang beragam, tergantung tingkat kerusakan dan juga komponen yang harus diganti. Dalam hal ini, ada beberapa komponen yang jika sudah mengalami kerusakan, maka harus diganti dengan part baru.

Baca juga  Biaya Perbaikan Jok Mobil, Semurah Apa?

Salah satu mekanik bengkel Auto2000 Cikarang. Ia menyampaikan jika shockbreaker bocor, maka harus diganti alias tidak bisa diperbaiki.

“Level kebocoran pada shockbreaker memang ada beberapa tingkatan, yang artinya dengan indikasi shock bocor masih oke untuk dipakai jika masih ringan. Hanya saja, kalau di bengkel resmi kami merekomendasikan harus segera diganti dengan yang baru,” terangnya saat ditanya Moladin.com melalui pesan singkat beberapa waktu lalu.

Tidak hanya shockbreaker, beberapa komponen lai seperti ball joint dan tie rod juga sebaiknya diganti dengan yang baru jika kondisinya sudah rusak.

“Tie rod dan ball joint kalau karet-karetnya sudah oblak dan getas harus diganti, karena ini berpengaruh pada kenyamanan saat mobil dikendarai, tidak ada perbaikan tie rod atau ball joint melainkan harus diganti,” tegasnya.

Sebagai contoh, harga cek kaki-kaki mobil untuk Toyota Avanza tergolong cukup terjangkau. Untuk biaya jasa pergantiannya sekitar Rp 300 ribu untuk pengerjaaan shock belakang kanan dan kiri. Sedangkan jasa pergantian untuk shock depan kanan kiri sekitar Rp 382 ribu.

Bicara harga pergantian partsnya, beberapa waktu lalu kami sempat mengecek ke service advisor Toyota Auto2000. Disana dikatakan untuk harga satuan shock breaker depan Avanza dikisaran Rp 850 – 950 ribu.

Sedangkan shock belakang mulai dikisaran Rp 450 ribu per itemnya. Untuk lama pengerjaan pada bengkel resmi sekitar 1-2 jam.

Selain suspensi, bushing yang ada di bagian kaki-kaki juga wajib mendapat perhatian khusus. Bushing mobil yang bermasalah biasanya akan membuat mobil tidak nyaman dikendarai,

Tanda ini akan terasa jika mobil melewati jalan berlubang. Tanda bushing yang masih normal bentuknya masih bagus. Sedangkan yang bermasalah sudah mengalami keretakan pada permukaan karetnya.

Sebagaimana diketahui bahwa bushing sendiri berfungsi sebagai peredam getaran, jika retak dan mengeras ia akan mengeluarkan bunyi dan mengganggu kenyamanan .

Biaya ganti bushing arm mobil bagian roda belakang, ditaksir mencapai Rp 300 ribuan. Sedangkan tie road original Avanza, di market place di pasarkan sekitar Rp 340 ribuan. Untuk model Toyota Avanza lawas rakitan 2012-2016. Harga tersebut belum termasuk jasa bongkar pasang sekitar Rp 300 ribuan.

Baca juga  Biaya Perbaikan Knalpot Mobil Bocor, Mahal?

Sementara itu, untuk harga ball joint Toyota Avanza original di patok pada kisaran Rp 150 ribuan. Oh ya, apabila link stabilizer Toyota Avanza juga harus diganti, harga ongkos pasang link stabilizer beserta partnya berkisar Rp 800 sampai 900 ribuan.

Ada lagi, bagian kaki-kaki yang tidak luput dari masalah kerusakan adalah bushing arm. Jika komponen ini harus dilakukan pergantian biaya bushing arm original untuk Avanza berkisar Rp 160 ribuan.

Terakhir adalah bearing atau biasa disebut bantalan roda. Jika harus mengalami pergantian, komponen ini dibandrol mulai Rp 185 ribuan untuk bagian depan dan Rp 130 ribuan untuk bagian roda belakang.

Biaya Rekondisi Shockbreaker Mobil

Biaya servis shockbreaker mobil

Kalau service atau rekondisi shockbrekaer, biayanya akan lebih murah jika dibanding ganti baru

Meski begitu, bukan berarti kaki-kaki seperti shock breaker tidak bisa diperbaiki. Kalau di bengkel resmi, mungkin langsung diganti. Hanya saja di bengkel umum spesialis kaki-kaki banyak yang menawarkan jasa service alias perbaikan.

Ambil contoh di bengkel Feri Creative Shockbreker di bilangan Joglo Jakarta Barat. Itu merupakan bengkel spesiali kaki-kaki mobil yang mengerjakan service peredam kejut ini dengan harga beragam.

Sang pemilik bengkel, Feri Rahman mengatakan untuk servis shock breaker rekondisi biasa, harga mulai Rp 275 ribu sampai 500 ribu per pasang. Hal tersebut sudah termasuk garansi 1 tahun. Oh ya, harga itu juga include ganti seal dan oli shockbreaker.

Alhasil kamu tidak perlu melakukan penggantian shock breaker baru, cukup rekondisi saja di bengkel spesialis kaki-kaki. Maka bujet yang dikeluarkan tidak bakal terlalu banyak dibanting ganti baru.

Namun biaya bisa lebih mahal, jika mobil menggunakan sistem suspensi hidrolik seperti pada Mercedes-Benz untuk seri S-Class berkisar Rp 2 jutaan per buah, atau sokbreker Toyota Harrier Rp 1,5 juta sampai Rp 2 jutaan.

Untuk waktu pengerjaan biasanya memakan waktu 2-7 hari tergantung kondisi antrean di bengkel. Dari mulai membongkar, memperbaiki, hingga pemasangan kembali.

Merawat Kaki-kaki supaya Awet

Biaya service kaki-kaki mobil

Penggunaan setiap hari dan menempuh ratusan ribu kilometer, pasti kaki-kaki harus diganti

Selain dengan cara berprilaku berkendara yang benar, agar komponen kaki-kaki awet harus dilakukan perawatan. 

Baca juga  Mengenal Perbedaan Mesin DOHC Vs SOHC, Mana yang lebih baik?

Misalnya dengan menjaga tekanan ban mobil sesuai standar yang ditentukan. Karena ban yang kurang angin membuat mobil berjalan lebih berat dan kerja kaki-kaki menjadi ekstra.

Selain itu ada baiknya selalu menghindari rute dengan jalanan yang kondisinya jelek. Sebaiknya kurangi kecepatan jika harus melewati jalur yang berlubang atau rusak.

Selanjutnya, untuk menekan biaya service kaki-kaki mobil ada baiknya selalu melakukan pemeriksaan dan servis secara berkala di bengkel spesial kaki-kaki atau bengkel resmi. Usahakan untuk segera melakukan perbaikan jika telah dirasa kurang nyaman untuk dikendarai atau terdeteksi ada kerusakan.

Berikutnya pakailah pelek yang telah sesuai dengan anjuran dari pabrik aslinya. Sebisa mungkin, jangan melakukan modifikasi pada kaki-kaki mobil melewati batas kemampuan mobil itu sendiri. Misalkan mobil diceperin atau menggunakan diameter ban yang terlalu besar.

Kemudian, disarankan membawa beban yang secukupnya saja di bagasi mobil dan jangan melebihi batas maksimum beban yang bisa ditanggung oleh mobil.

Terakhir, bersihkan secara berkala bagian kolong dan kaki-kaki mobil. Caranya bisa dengan mencuci mobil yang menggunakan hidrolik. Sehingga bagian bawah mobil tersebut bisa dibersihkan dari kotoran yang menempel dengan optimal.

Tips Memilih Bengkel Kaki-kaki Mobil

Biaya service kaki-kaki mobil

Selain ke bengkel resmi, pergantian kaki-kaki mobil juga bisa dilakukan di bengkel spesialis yang kamu anggap terbaik dan percaya.

Untuk di luar bengkel resmi, enggak ada salahnya kamu mencari refrensi dengan sesama atau komunitas atau dari forum-forum sosial media terkait bengkel terbaik dan biaya service kaki-kaki mobil.

Selain itu pilihlah lokasi bengkel kaki-kaki yang terdekat dari rumah agar tidak banyak menghabiskan waktu dan tenaga di jalan. Dan juga, agar lebih mudah untuk mengontrol hasil pengerjaanya.

Demikian ulasan terkait biaya service kaki-kaki mobil. Sebagaimana kita tahu, kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang sama dengan komponen mobil lainnya yang memerlukan perhatian.

Untuk melihat berita lebih lengkap terkait otomotif pantau terus Moladin.com.

Ditulis ulang oleh: Firdaus Ali

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika