by

BMW R18 First Edition Rp 969 juta, Cruiser Retro Istimewa

Motor gede bergaya retro, BMW R18 First Edition resmi dijual di Indonesia. Harganya Rp 969 juta (off the road).

Produk ini istimewa lantaran punya tampilan cruiser retro yang khas. Desainya telanjang, jok rendah, setang lebar, dan pijakan kaki agak ke depan. Hadir pula lampu bulat di depan, pelek jari-jari, serta tangki tanpa sudut.

Tampilan klasik tersebut terinspirasi dari BMW R5 lansiran 1936. Itu merupakan motor pertama BMW yang mengadopsi sistem perpindahan gigi transmisi menggunakan kaki. Sebelumnya, ganti gigi pakai tangan dengan menggunakan tuas.

Kemudian yang tidak kalah menarik dari BMW R18 First Edition, terdapat beberapa keunikan yang membedakan dengan R18 versi massal. Ingin tahu lebih detail tentang motor cruiser ini? Cek bahasan di bawah:

Pembeli BMW R18 First Edition Dapat Banyak Bonus

welcome box bmw r18 first edition
Selain detail motor yang beda, pembeli R18 First Edition juga dapat welcome box seperti ini

Pembeli BMW R18 First Edition dapat welcome box yang berisi topi, belt kulit dengan buckle bertuliskan R18 First Edition. Tidak hanya itu, ada pula emblem BMW dan baut model vintage untuk diaplikasikan ke motor.

Baca juga  Benelli Siap Luncurkan Panarea 125 untuk Lawan Vespa

Buat yang suka membaca sejarah, di dalam welcome box tersebut tersedia juga buku eksklusif yang berisi perjalanan BMW Motorrad di industri otomotif dunia.

Kemudian tampilan motornya juga dibuat beda. Sebut saja kehadiran emblem first edition di bawah jok, elemen chrome lain di bodi, serta grafis pinstripe.

“Sampai dengan hari ini di Indonesia sudah ada 20 booking untuk First Edition, pemesanan dibuka sampai Februari 2021,” kata CEO PT Maxindo Moto, Joe Frans selaku pemegang merek BMW Motorrad di Tanah Air pada Selasa (24/11/2020).

Joe menambahkan, kalau sampai lewat dari Februari 2021, maka konsumen Indonesia tidak bisa lagi membeli BMW R18 First Edition. Pasalnya dari sisi jumlah memang diproduksi terbatas.

Meski demikian, pemasaran R18 versi massal tetap dilakukan. Hanya saja, para pembeli tidak lagi mendapat detail-detail istimewa seperti yang disebutkan di atas.

Spesifikasi BMW R18, Kombinasi Klasik Modern

bmw r18 first edition
Mesin Big Boxer dikombinasikan gardan telanjang, sungguh memunculkan aura klasik yang menarik

Kalau kamu tidak mendapat BMW R18 First Edition, sesungguhnya tidak masalah. Pasalnya versi massalnya pun tetap istimewa. Salah satu yang membuatnya unik, penggunaan mesin boxer besar berukuran 1.802 cc tanpa pendingin cairan.

Baca juga  Test Ride Review Yamaha XSR 155: Retro Bukan? (Bag.1)

Itu merupakan mesin boxer terbesar kepunyaan BMW Motorrad atau disebut sebagai Big Boxer. Di atas kertas torsi yang mampu dikeluarkan jantung mekanis tersebut mencapai 157 Nm pada 2.000 – 4.000 rpm. Kemudian tenaganya tembus 91 PS pada 4.750 rpm.

Sebagai padanan, BMW memberi sistem transmisi 6-percepatan manual via gardan untuk menggerakkan roda belakang. Kemudian untuk pengereman, ada cakram kembar di roda depan dan tunggal di roda belakang.

Hal menarik lain dari BMW R18, tersemat banyak fitur modern. Jadi, jangan salah duga dengan tampilannya yang klasik. Ada sistem pencahayaan full digital. Dari sektor keselamatan, motor cruiser ini sudah mengadopsi automatic stability control (ASC) serta kendali traksi (MSR).

Kemudian kamu juga bisa memilih tiga mode berkendara: rain, roll, dan rock. Masing-masing mode, memiliki pengaturan bukaan throttle, cara kerja ABS, ASC, dan MSR yang berbeda sesuai preferensi pengendara.

Setelah mengetahui spesifikasi BMW R18, apakah kamu tertarik meminangnya? Atau jangan-jangan lebih kepincut dengan BMW R18 First Edition yang jumlahnya terbatas?

Baca juga  BMW C400GT Terbaru, Fiturnya Lebih Modern

Terbaru