Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Cara Cek Pajak Kendaraan di Jawa Timur (Jatim) & Bayar Online 2022

by Baghendra Lodra
cara cek pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur lewat sms

Cara cek pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur kini sudah bisa dilakukan secara online. Kamu bisa mengetahui nominal pajak tahunan mobil dan motor, hingga detail informasi kendaraan dengan beberapa metode, mulai sms hingga mengunjungi beberapa situs resmi milik pemerintah.

Bahkan di zaman serba online ini, kamu tidak perlu mengunjungi kantor SAMSAT terdekat untuk mendapatkan tanda bukti pembayaran sah. Jadi lebih mudah bukan?

Agar kamu bisa melakukannya dengan mudah, kali ini kami akan menjelaskan beberapa rekomendasi cara cek pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Tentunya dilengkapi juga dengan tahapan-tahapan yang bisa diterapkan. 

Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Timur 2022

Ada beberapa metode yang bisa kamu pilih sesuai dengan kondisi masing-masing. Semua langkah di bawah ini sudah disesuaikan dengan tata cara terbaru dan resmi. Yuk, intip daftarnya pada artikel kali ini!

Cek Pajak Kendaraan Jatim melalui SMS

cara cek pajak kendaraan jatim via sms

Mudah mengetahui pajak mobil dan motor kamu di wilayah Jawa Timur bisa lewat SMS

Cara paling mudah untuk mengecek tagihan pajak kendaraan mobil dan motor yaitu melalui SMS. Layanan ini disediakan agar masyarakat dari semua kalangan bisa melakukannya. Pasalnya, SMS bisa dilakukan oleh pemilik smartphone yang tidak memiliki layanan internet sekalipun. SMS sejauh ini cuma menggunakan pulsa.

Berikut langkah-langkahnya untuk cek pajak kendaraan Jawa Timur dengan SMS:

  1. Ketik JATIM[spasi]Nomor kendaraan 
  2. Kirim ke 7070
  3. Tunggu beberapa saat untuk mendapat balasan 

Untuk saat ini, layanan cek pajak kendaraan di Jawa Timur melalui SMS ini hanya akan menampilkan informasi pajak tahunan saja. Jika kamu membutuhkan informasi yang lebih lengkap, kamu bisa menggunakan metode lain. 

Cek Pajak Kendaraan Online melalui Website

cara cek pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur melalui website

Situs cek tagihan pajak kendaraan bermotor Jawa Timur site:info.dipendajatim.go.id

Alternatif yang paling umum dipakai untuk mengecek tagihan pajak kendaraan bermotor online yaitu melalui situs resmi DISPENDA Jawa Timur. Informasi yang dijelaskan melalui website ini lebih lengkap jika dibandingkan dengan yang cara sebelumnya. Cara pengecekannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti 6 langkah berikut. 

Baca juga  Polri Usul Penghapusan Pajak Progresif dan Bea Balik Nama Kendaraan
  1. Kunjungi situs https://info.dipendajatim.go.id/eSAMSAT/
  2. Pilih kota asal kendaraan / SAMSAT asal kendaraan
  3. Masukkan nomor kendaraan dengan format (huruf – angka – huruf), contoh L 1234 GH
  4. Ketikkan huruf dan angka yang ada di kotak kode keamanan di kolom sebelah kanan
  5. Tekan “cek data kendaraan” 
  6. Akan tampil pop up yang menampilkan informasi mengenai pajak kendaraan kamu

Informasi yang ditampilkan pada pop up akan berbeda-beda. Berikut beberapa penjelasannya:

  1. Jika sudah saatnya kamu membayar pajak kendaraan, maka akan tampil identitas kendaraan beserta nominal yang harus dibayarkan dengan rincian biaya PKB, sanksi PKB,  SWDKLLJ, sanksi SWDKLLJ, PNBP Pengesahan STNK dan biaya parkir langganan jika ada. 
  2. Jika belum waktunya membayar pajak, pop up akan menampilkan informasi “Belum waktunya membayar Pajak Kendaraan Bermotor.”.
  3. Jika sudah melebihi 6 bulan dari tanggal masa pajak berlaku, maka tidak akan tampil nominal dari pajak kendaraan kamu dan akan mendapatkan himbauan untuk melakukan pembayaran di kantor SAMSAT terdekat atau bisa juga melalui Alfamart, LinkAja, Tokopedia. 

Pastikan kamu membayar tagihan secara tepat waktu untuk menghindari pajak kendaraan terblokir.

Cara bayar pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur melalui website

Setelah mendapatkan informasi nominal yang harus dibayarkan, kamu bisa langsung melakukan pembayaran pada website tersebut. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan: 

  1. Tekan tombol selanjutnya di bagian bawah 
  2. Masukkan kode nomor mesin kendaraan
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di STNK
  4. Pilih bank pembayaran 
  5. Jika kamu ingin mendapatkan kode bayar melalui e-mail, masukkan alamat e-mail. Langkah ini bisa kamu lewati jika tidak ingin mengirimkan kode bayar ke e-mail karena kode bayar akan tampil setelah data kamu masukkan. 
  6. Tekan tombol kode bayar
  7. Akan tampil kode bayar berupa rangkaian angka. Kamu juga bisa menyalin atau mencetak kode tersebut. 
  8. Lakukan pembayaran melalui m-banking
  9. Jika sudah lunas, kamu akan mendapatkan bukti cetak STNK melalui SMS
  10. Cetak tanda bukti pembayaran tersebut sebagai STNK yang baru

Jika dalam durasi beberapa waktu setelah melakukan pembayaran kamu belum mendapatkan tanda bukti melalui SMS, kunjungi kantor SAMSAT terdekat dengan membawa bukti pembayaran lunas dan transaksi STNK online. 

Cek Pajak Kendaraan Jatim Online melalui Tokopedia

cara cek pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur di tokopedia

Bayar Pajak mobil dan motor di Jatim bisa lewat Tokopedia

Tokopedia kini sudah dilengkapi fitur untuk memudahkan pembayaran dan pengecekan tagihan pajak kendaraan bermotor. Ikuti tahapan di bawah ini untuk melakukannya. 

  1. Buka aplikasi Tokopedia di ponsel kamu
  2. Masuk ke “lihat semua” atau menu Jelajah Tokopedia dan pilih bagian Pajak
  3. Klik e-SAMSAT
  4. Pilih Samsat JATIM di kolom “Pilih wilayah”
  5. Pastikan nomor telepon yang terhubung di akun Tokopedia kamu adalah nomor yang aktif. Hal ini bertujuan agar nantinya pihak SAMSAT bisa mengirimkan tanda bukti pembayaran ke nomor telepon tersebut. 
  6. Masukkan nomor polisi kendaraan, nomor mesin dan NIK
  7. Tekan tombol “Cek tagihan”
  8. Kamu akan diarahkan ke halaman yang berisikan kode bayar, atas nama dan ringkasan pembayaran. Untuk melihat rincian biaya, klik “LIhat detail”.
  9. Tekan “Pilih pembayaran” untuk memilih metode pembayaran, lalu tekan “Bayar”
  10. Tunggu beberapa saat sampai kamu menerima SMS berisikan total tagihan yang telah dibayarkan, plat nomor kendaraan yang dilunasi dan link berisikan tanda bukti pembayaran yang bisa kamu cetak. 

Fitur e-SAMSAT di Tokopedia ini merupakan hasil program kerjasama dengan SAMSAT di masing-masing provinsi. Per Oktober 2022 hanya tersedia beberapa wilayah saja yang mendukung pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan melalui e-commerce satu ini. Kamu bisa memantau secara berkala untuk memastikan apakah SAMSAT di wilayah kamu sudah tersedia pada fitur e-samsat di Tokopedia atau belum.

Apakah Tanda Bukti Pembayaran sama dengan STNK?

STNK VIOS

Ilustrasi STNK mobil

Seperti yang telah kamu baca di atas, tanda berhasilnya proses pembayaran ditandai dengan adanya SMS berisikan link tanda bukti pembayaran. Nantinya tanda bukti pembayaran tersebut, bisa kamu cetak secara mandiri dengan ukuran yang 23 x 7,5 cm atau sesuai dengan ukuran gambar. Dokumen tersebut sudah legal dan sah, tetapi jika kamu ingin memvalidasi atau mendapat pengesahan, kamu bisa meminta stempel di SAMSAT terdekat dengan membawa dokumen tersebut. 

Itu tadi penjelasan bagaimana cara melihat tagihan pajak kendaraan di wilayah Jawa Timur yang bisa diterapkan. Ada baiknya untuk segera melunasi biaya pajak agar tidak dikenai sanksi yang berkembang. Selain itu kamu juga bisa membaca artikel terkait otomotif dan informasi menarik lainnya di Moladin. Karena tidak hanya menjadi platform jual beli mobil bekas berkualitas dan terpercaya di Indonesia, kami juga menyediakan artikel-artikel informatif serta video yang bermanfaat untuk kamu di channel Youtube Moladin. Karena #MoApapunMoladin aja!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika