Selasa, April 23, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cara Daftar Mudik Gratis Polri Presisi 2023, Sediakan 500 Bus!

by Firdaus Ali
Mudik gratis Polri Presisi

Pada musim lebaran tahun ini ada program mudik gratis Polri Presisi bagi masyarakat Jakarta yang ingin pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri 2023. Menariknya, Polri telah menyediakan 500 unit bus mudik gratis dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

“Ada 500 bus disiapkan, pendaftaran mudik gratis akan dibuka sejak 29 Maret hingga 12 April mendatang. Nantinya masyarakat bisa daftar melalui seluruh Samsat, Gerai Samsat, dan Gerai SIM yang berada di wilayah Polda Metro Jaya,” terang Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman (29/3/2023)

Kombes Latif juga mengatakan bahwasanya syarat untuk mendaftar mudik gratis Polri Presisi 2023 sangat mudah. “Bagi masyarakat yang akan daftar mudik gratis hanya perlu melampirkan satu fotocopy kartu tanda penduduk (KTP) dan satu lembar fotocopy kartu keluarga (KK),” imbuh Kombes Latif. 

Dikutip dari laman korlantaspolri, titik keberangkatan mudik gratis tahun ini sendiri bakal difokuskan di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Jadwal keberangkatan mulai dari tanggal 18 hingga 19 April  2023, pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Baca juga  22 Lokasi SPBU di Rest Area Tol Trans Jawa, Persiapan Mudik 2023!

Kota Tujuan Mudik Gratis Polri Presisi 2023

1. Jawa Barat
– Jalur Utara (Indramayu dan Majalengka)
– Jalur Selatan (Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Sumedang)

2. Jawa Tengah
– Jalur Utara (Brebes, Selawi, Pemalang, Batang, Kendal, Demak, Purwodadi, Klaten, Karanganyar, Boyolali, Sragen, Sukoharjo, Pacitan)
– Jalur Selatan (Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Cilacap, Kebumen, Kulonprogo, Sleman, Gunung Kidul, Bantul)
– Jalur Utara – Timur (Jepara, Pati, Blora)

3. Jawa Timur
-Jalur Utara (Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Situbondo, Lumajang, Jember, Banyuwangi dan wilayah Malang Raya)
-Jalur Selatan (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Mojokerto, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Nganjuk)

Jumlah Pemudik Meningkat, Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Mudik gratis Polri Presisi

Jumlah kendaraan diprediksi meningkat, Polri siapkan rekayasa lalu lintas

Pada musim lebaran tahun 2023 ini diprediksi jumlah pemudik akan meningkat. Hal tersebut dikarenakan sudah dicabut status PPKM oleh Pemerintah. Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, lonjakan pemudik diprediksi naik cukup signifikan. Sebanyak 123,8 juta penduduk diprediksi akan melakukan pergerakan mudik di tahun 2023.

Baca juga  5 Tempat Wisata di Solo Yang Hits, Kental Budaya Lokal

Sementara itu, untuk wilayah Jabodetabek, diprediksi ada 18,3 juta penduduk yang akan melakukan mudik. Itu artinya, lebih dari setengah penduduk Jabodetabek mudik lebaran di tahun 2023 ini.

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memprediksi 42 ribu kendaraan akan memadati Pelabuhan Merak, Banten, saat puncak mudik lebaran tahun 2023. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan puncak arus kendaraan yang terjadi pada h-3 lebaran 2022 lalu yang mencapai 37 ribu kendaraan.

“Korlantas beserta stakeholder terkait telah melaksanakan survei ke beberapa ruas Jalan. Baik ruas Jalan Pantai Selatan Banten sampai dengan DIY. Korlantas Polri juga mengecek ruas jalan pantai utara Jakarta sampai dengan Semarang. Jalan Tol dari Jakarta sampai dengan Surabaya, serta ruas jalan menuju ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan. Untuk mekanisme pengaturan lalu lintas saat arus mudik dan balik, termasuk apakah ada pembatasan kendaraan masih terus dibahas. Nantinya, keputusan itu akan tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB),” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

Baca juga  Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023, Moda Bus, Kereta Api dan Kapal Laut

Moladiners, itulah ulasan mudik gratis Polri Presisi 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika