by

6 Cara Ganti Ban Mobil untuk Pemula, Pasti Bisa!

Cara ganti ban mobil yang aman dan nyaman di bawah ini berguna untuk kamu yang tidak terbiasa. Karena ritual mengganti ban akan menjadi perkejaan yang berat jika tidak dilakukan dengan cara yang benar.

Nah jika cara kamu sudah benar, bukan mustahil meski kamu wanita akan bisa dengan mudah melakukan ganti ban mobil. Baik itu saat berada di garasi rumah atau dalam kondisi darurat di pinggir jalan sekalipun.

Untuk kamu yang saat ini masih bingung dengan cara ganti ban mobil yang nyaman dan aman ada baiknya menyediakan tool kit terlebihi dahulu.

Adapun peralatan utama yang akan dipakai untuk mengganti ban seperti  dongkrak, kunci roda, dongkrak, dan ban cadangan.

Agar perjalananmu bersama mobil kesayangan aman. Ada baiknya pelajari juga cara ganti ban mobil di bawah ini : 

1. Ketahui Posisi Ban Serep

Cara Ganti Ban Mobil
Ban pengganti Avanza terletak di bagian kolong bagian belakang mobil. Tepatnya adalah di bagian bawah bagasi.

Yang utama sebelum kamu melakukan pergantian ban mobil adalah dengan mengetahui dahulu posisi ban serep. Karena beberapa mobil ban serepnya diletakan tersembunyi agar meminimalisir ruang.

Untuk kamu pengguna mobil baru, mengetahui posisi ban serep juga penting untuk mempersingkat waktu pergantian. Jadi kamu tidak direpotkan dengan mencari posisi ban dan mencari tahu cara menurunkannya.

Misal pada mobil sejuta umat Toyota Avanza, posisi ban serepnya agak berada di lokasi tersembunyi.

Ban pengganti tersebut berada di bagian kolong bagian belakang mobil Avanza. Tepatnya adalah di bagian bawah bagasi.

Baca juga  6 Penyebab Kaca Mobil Pecah, Jangan Sepelekan!

Untuk mengetahui letak ban serep tersebut kamu harus mengintipnya dengan berjongkok di bagian belakang mobil kemudian melihat ke arah kolong.

2. Peralatan yang Dibutuhkan

Cara Ganti Ban Mobil
Alat-alat yang dibutuhkan untuk ganti ban mobil

“Sedikitnya pengguna mobil harus menyediakan tiga alat yang dibutuhkan untuk mengganti ban mobil yang bocor. Seperti ban serep, kuci roda dan dongkrak,” kata Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Ban Serep

Fungsi ban serep tentunya untuk mengganti ban utama yang bocor atau pecah. Selain itu pastikan juga ban serep terawat.

“Dalam artian keadaannya bersih terisi angin, karena ini penting banget ketika darurat,” kata Putra.

Dongkrak

Dongkrak digunakan untuk mengangkat beban berat, termasuk mobil ketika mengganti ban. Umumnya, ada berbagai macam bentuk dongkrak yang bisa kamu gunakan.

Misalnya dongkrak buaya (dongkrak yang menyerupai mulut buaya, dongkrak botol (dongkrak yang berbentuk botol), atau dongkrak jembatan (dongkrak yang berbentuk jembatan).

Kunci Roda

Cara ganti ban mobil selanjutnya adalah kamu harus memiliki kunci roda. Alat ini berfungsi untuk melepas atau mengganti baut roda mobil.

Kunci roda terbuat dari batang baja, dimana masing-masing ujungnya mempunyai kepala soket segi enam. Setiap mobil memiliki ukuran kepala soket yang berbeda-beda pada kunci roda.

Hal ini dikarenakan setiap mobil juga memiliki ukuran baut yang berbeda-beda pada bagian velg (tergantung velg yang digunakan).

Misal untuk ukuran baut roda standar mobil Jepang seperti Toyota, Daihatsu, dan Honda umumnya menggunakan ukuran 1,5 mm. Sedangkan mobil Eropa umumnya menggunakan ukuran baut roda 1,75 mm.

Baca juga  5 Rekomendasi Bengkel Bodi Repair Mobil

Kunci roda Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga standar berukuran 21 mm

2. Kendurkan Baut Ban

Cara Ganti Ban Mobil
Ilustarsi mengendurkan baut ban

Setelah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, langkah kedua yang harus kamu lakukan yaitu mengendurkan baut ban pada velg mobil. Untuk melakukannya kamu harus menggunakan lubang baut yang sesuai dengan yang digunakan pelek.

Caranya, masukkan lubang baut kunci kedalam baut ban, kemudian putar sampai mengendur ke arah yang berlawanan dengan arah jarum jam (2 hingga 3 kali putaran). Lakukan pada semua baut ban.

Pastikan baut tidak sampai terlepas, karena jika terlepas akan mempersulit kamu ketika memasang dongkrak nantinya.

3. Pasang Dongkrak di Posisi Aman

Cara Ganti Ban Mobil
Dongkrak bisanya diletakkan di rangka mobil dengan titik terkuat

Tentukan titik ungkit dongkrak mobil agar proses pergantian ban aman. Karena mengetahui titik dongkrak di mobil kamu bisa menghindari dari kerusakan di sasis. Cara mudah mengetahui titik dongkrak adalah dengan melihat buku manual di mobil kamu.

Pada Avanza misalnya titik tumpu dongkrak berada pada dua coakan di pinggir body, tumpuan dongkrak berada diantaranya. Cara pakainya adalah dengan menjepit di antara coakan tersebut agar terhindar dari dongkrak meleset.

Cara ganti ban mobil selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu memasang dongkrak di posisi ban yang mau diganti. Pemasangan dongkrak bertujuan untuk mendorong mobil naik kebagian atas, sehingga mempermudah kamu ketika mengganti ban.

Baca juga  Uji Emisi di Auto2000 Gratis, Ini Syaratnya

Selanjuntya pompa dongkrak menggunakan tuas pengungkit, sehingga dongkrak pun akan mendorong mobil naik ke atas.

4. Lepaskan Baut Ban Secara Keseluruhan

Cara Ganti Ban Mobil
Copot baut

Langkah atau cara ganti ban mobil berikutnya yaitu melepaskan baut ban. Cara melakukannya yaitu sama dengan poin nomor 2 (melonggarkan baut ban). Namun, pada bagian ini kamu harus melepaskan baut ban pada ban yang bocor.

Setelah baut ban lepas, kemudian lepaskan juga roda yang bocor tersebut dengan cara menariknya ke bagian luar.

5. Pasang Ban Serep 

Cara Ganti Ban Mobil
Ilustrasi ban serep mobil

Langkah selanjutnya yaitu memasang ban serep. Ambil ban serep dan pasang pada posisi yang tepat. Kemudian pasang semua baut hingga mengendur.

Kamu tidak perlu memasangnya secara kuat, yang terpenting baut mampu menahan posisi ban mobil tetap berada pada posisi yang tepat.

Jika ban mobil sudah terpasang, turunkan dongkrak ke bawah hingga ban mobil menyentuh permukaan jalan.

6. Kuatkan Baut Ban dan Cabut Dongkrak

cara ganti ban mobil
Injak kunci roda hingga yakin bahwa bautnya terpasang dengan baik

Setelah memasang ban serep dan menurunkan dongkrak, kemudian kencangkan semua baut yang masih terpasang secara mengendur. Gunakan kunci roda dan putar ke arah jarum jam hingga benar-benar kuat dan ban tersebut terpasang secara sempurna.

Terakhir, cabut dongkrak yang sedang terpasang pada mobil. Kemudian jangan lupa untuk menyimpan kembali semua peralatan mobil yang sudah digunakan pada tempat yang aman.

Demikian ulasan terkait cara mengganti ban mobil yang bocor. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru