Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Cara Klaim Recall Mobil Toyota Avanza, Soal ECU Airbag!

by Tigor Sihombing
Toyota recall ribuan Avanza

Toyota recall ribuan Avanza, Veloz dan Raize karena masalah pada ECU Airbag. Lalu bagaimana cara klaim recall mobil Toyota yang mengalami masalah tersebut?

Sebagai informasi, total jumlah kendaraan yang terkena recall Toyota menjelaskan ada 3.538 unit, yang terdiri dari Avanza 3.360 unit, Veloz 103 unit, dan Raize 75 unit. Adapun kendaraan yang terdampak kampanye perbaikan ini, merupakan unit dengan tahun produksi Desember 2022 hingga Januari 2023.

Malfungsi pada salah satu kapasitor ECU Airbag di Toyota Avanza, Veloz, dan Raize perlu diperbaiki. Pasalnya jika didiamkan, kerusakan komponen itu menyebabkan adanya potensi Airbag tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Airbag yang baik akan mengembang untuk mencegah benturan untuk pengemudi dan penumpang di dalam mobil saat terjadi kecelakaan.

Dalam keterangan resmi dikutip 5 Juni 2023, Toyota mengimbau kepada para pemilik model yang disebutkan untuk mengecek dan atau mengganti ECU airbag di dealer resmi. Aktivitas recall sendiri, merupakan hal yang umum terjadi, termasuk bagi produsen kendaraan bermotor. Di Toyota, recall dilakukan sebagai bagian dari upaya serta komitmen menghadirkan ever-better cars untuk menjamin kualitas produk serta menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan.

Baca juga  Nandi Julyanto Pemimpin Baru Toyota Motor Manufacturing Indonesia

“Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Daihatsu juga Recall Xenia dan Raize Terkait ECU Airbag

cara klaim recall mobil toyota - daihatsu xenia

Daihatsu Xenia selaku kembaran Toyota Avanza juga mengalami masalah soal ECU Airbag

Selain mobil Toyota yang kena recall, ternyata Daihatsu juga melakukan hal serupa. Di mana mobil yang bermasalah adalah kembaran dari Toyota Avanza dan Raize, alias Daihatsu Xenia dan Rocky. Persoalan yang dialami kedua mobil Daihatsu tersebut pun serupa yaitu ECU Airbag berpotensi malfungsi.

“Kami mengajak Sahabat pemilik kendaraan Daihatsu Rocky dan All New Xenia untuk mengikuti program Recall ECU AIRBAG, tanpa dipungut biaya alias GRATIS! Waktu yang dibutuhkan untuk Recall ECU AIRBAG hanya 1 jam saja!,” beber Daihatsu lewat akun Instagram resminya.

Adapun, untuk jumlah unit yang masuk ke dalam program recall Daihatsu terkait ECU Airbag ini adalah All New Xenia dan Daihatsu Rocky yang diproduksi 15 Desember 2022 – 11 Januari 2023. Di mana untuk jumlah unitnya ada 1.095 Xenia dan 115 Rocky.

Baca juga  Poles Bodi dan Perbaikan di Auto2000 BP Center Malang Raya Diskon Rp 2 Jutaan

Proses Klaim Recall ECU Airbag di Mobil Toyota dan Daihatsu

cara klaim recall mobil toyota - ecu airbag

Airbag adalah komponen safety di mobil yang bisa mengurangi resiko cedera ketika terjadi kecelakaan

Setelah tahu mobilnya bermasalah, bagaimana cara klaim recall mobil Toyota dan Daihatsu yang mengalami masalah ECU Airbag?

Khusus untuk Toyota, cara klaim recall Avanza dan Raize yang bermasalah bisa dilakukan dengan banyak jalur. Mulai dari menghubungi jaringan dealer dan bengkel resmi Toyota terdekat di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315. 

Di samping itu, pengguna mobil Toyota juga dapat mengakses www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pengecekan nomor rangka. Selanjutnya akan diberikan informasi, apakah kendaraannya masuk dalam program recall Toyota atau tidak? Bila ECU Airbag mobil Avanza dan Raize-nya bermasalah, maka langsung diarahkan mendatangi dealer terdekat dan dilakukan perbaikan (jika dibutuhkan).

Kemudian untuk pemilik mobil Daihatsu, cara klaim recall Xenia dan Rocky yang bermasalah ECU Airbag, bisa hubungi Daihatsu Access 1-500-898. Opsi lain, cek website recall.daihatsu.co.id pada bagian “Recall ECU AIRBAG” untuk mengetahui status recall kendaraan kamu.

Baca juga  Menakar Konsumsi BBM Innova dan Tips Supaya Irit

Secara keseluruhan, proses pengecekan hingga pengerjaan airbag mobil Toyota dan Daihatsu ini berlangsung sekitar 1 jam. Untuk prosesnya, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti. Dan seluruh proses pemeriksaan dan penggantian tidak dipungut biaya sama sekali (gratis).

Cara klaim recall mobil Toyota dan Daihatsu yang bermasalah tersebut, sesungguhnya tidak cuma untuk persoalan ECU airbag. Bila ada recall lain, maka cara itu tetap bisa dilakukan untuk mendapat penggantian komponen atau perbaikan komponen secara gratis.

Demikian ulasan terkait cara klaim recall mobil Toyota dan Daihatsu. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika