Cara Membedakan Pelumas Shell Asli atau Palsu

Membedakan Pelumas Shell Asli atau Palsu – Pemalsuan produk pelumas atau oli marak terjadi di pasar otomotif Tanah Air, dampaknya pun hampir ke seluruh produsen pelumas yang tentunya merugikan masyarakat luas.

Menanggapi pemalsuan pelumas yang kian memprihatinkan, Shell Lubricants Indonesia pun mengambil langkah jitu untuk dapat meminimalisir pemalsuan produk mereka di pasar Indonesia.

Salah satunya dengan menghadirkan teknologi Jam Jar untuk dapat membedakan pelumas asli dan palsu. Terobosan ini dilakukan Shell untuk dapat menjaga keaslian produk mereka yang beredar di pasaran. Serta dapat meningkatkan standar layanan produk pelumas Shell bagi masyarakat luas.

Dian Andyasuri, President Director and Country Chair, Shell Indonesia mengatakan, teknologi Jam Jar merupakan terobosan Shell untuk menjaga keaslian produk Shell yang beredar.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan produk terbaik bagi pelanggan kami, untuk itu kami terus berinovasi agar dapat memastikan pelanggan mendapatkan produk terbaik dan tetap menjaga keaslian produk yang beredar di masyarakat, melalui teknologi Jam Jar,” papar Dian.

Beda Pelumas Shell Asli dan Palsu

Teknologi Jam Jar Shell Indonesia
Dengan hadirnya teknologi Jam Jar, konsumen dapat memastikan keaslian produk yang dibeli

Bagi Anda yang biasa menggunakan pelumas Shell, pada botol pelumas tersedia Jam Jar yang dilengkapi dengan kode QR. Adanya di lapisan kedua yang dapat dipindai dan terhubung ke server Shell Anti-Counterfeit System. Nantinya sistem itu mampu mendekteksi pelumas tersebut asli atau pun tidak.

Kode itu terdapat di bagian tutup kemasan yang juga dilengkapi dengan hologram anti rusak. Jika ingin mengetahui keaslian produk pelumas Shell, kode itu harus Anda pindai.

Langkah selanjutnya, Anda mengunjungi ac.shell.com dan memasukkan 16 angka yang tertera di lapisan kedua pada segel pengaman untuk melakukan verifikasi produk terkait dengan keasliannya.

Cek Pakai Smartphone

pelumas asli palsu
Shell Helix Ultra, pelumas untuk mobil

Selain dengan cara tersebut, konsumen Shell juga bisa mengecek keaslian pelumas Shell melalui gawai Anda. Caranya kirim SMS 16 angka yang tertera pada lapisan kedua tersebut ke nomor 085574670055. Layanan ini bebas pulsa, lohh!

Jika ingin lebih simpel, konsumen juga bisa melakukan pengecekan melalui smartphone. Buka lapisan pertama terlebih dahulu, selanjutnya pindai kode QRR 2D dengan smartphone (menggunakan aplikasi scanner/pemindai).

Setelah itu, masuk ke laman http://ac.shell.com, kemudian aplikasi tersebut akan terhubung dengan website sistem Anti-Counterfeit (Anti-Pemalsuan).

Langkah selanjutnya pilih bahasa Indonesia, muncul kalimat ‘geser untuk mengkonfirmasi saya’. Kemudian tekan kata ‘lanjutkan’ dan terakhir kode telah terverifikasi.

Sebagai informasi tambahan, teknologi Jam Jar ini sudah tersedia pada seluruh produk pelumas Shell yang dipasarkan di Indonesia, mulai dari Shell Helix Ultra, Shell Helix HX8, Shell Helix HX7, dan Shell Helix HX5 di kemasan 4L dan 1L.

“Melalui teknologi yang kita miliki saat ini, harapannya hanya produk pelumas terbaik dan asli yang beredar di pasaran, dan konsumen setia Shell bisa merawat kendaraan bermotornya secara maksimal,” pungkas Dian.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *