Ini Loh 5 Ritual Perawatan Helm yang Wajib Kalian Lakukan

Haloo sobat Moladiners. Hari minggu pagi biasanya kalian ngapain sih? Ada nggak diantara kalian kalo hari minggu suka banget Sunmori? Bukan merk yogurt botolan itu ya sob, itu loh Sunday Morning Ride alias Riding minggu pagi. Kalo kegiatan yang satu ini hampir tiap minggu, Jinny rutin melakukan ritual ini, brosis. Sunmori ini seru banget loh, kalian bisa ngerasain udara jalanan yang masih seger, terus jalanan juga relatif masih sepi. Tapi jangan lupa ya sob, semua perlengkapan riding wajib dipakai, salah satunya, helm.

Helm emang penting banget, nggak cuma melindungi kepala, kalian juga bisa memotivasi pengendara lain untuk sadar akan pentingnya penggunaan helm. Tapi bukan asal helm sob, minimal punya standar SNI, sebab kualitas dan kekuatannya sudah diuji terlebih dulu.

BACA JUGA: 6 Helm Terbaik di Indonesia

Nggak cuma SNI, standar keamanan helm ada beberapa macam, selengkapnya bisa kalian baca disini. Jangan main-main dalam memilih, helm murah belum tentu hemat di kantong, bisa jadi boros di rumah sakit, duhh amit-amit.

Suzuki GSX R 150

*DP mulai dari

Percuma punya helm berkualitas terbaik sedunia jika kalian salah dalam melakukan perawatan helm. Helm mahal kan belum tentu bebas perawatan. Bau helm yang apek dan lengket bisa mengganggu konsentrasi kalian saat berkendara loh, guys. Agar helm kalian tetap terawat dan nyaman dipakai, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin. Ini loh 5 ritual cara membersihkan helm yang perlu kalian ketahui!

1. Bersihkan Kaca Helm

membersihkan Kaca Helm
Bersihkan Kaca Helm Dengan Air Mengalir

Cara membersihkan helm yang pertama, cukup bersihkan kaca helm memakai air sabun dengan bantuan spons lembut sampe debu dan kotoran hilang. Untuk kalian ketahui, membersihkan kaca helm tanpa sabun bisa bikin visor atau kaca helm kalian baret yang disebabkan oleh kotoran. Nah, setelah itu bilas dengan air hingga bersih dari sisa sabun. Lap kaca dengan kain micro-fiber atau bisa pakai kain halus biar nggak lecet.

2. Cuci Busa Helm

Mencuci Busa Helm
Mencuci Busa Helm Cukup Direndam Dengan Air Sabun

Busa pada model helm terbaru biasanya mudah dibongkar pasang. Hal itu memang dirancang untuk mempermudah dalam mencuci busa helm. Sebaiknya, cuci busa helm rutin 1 atau 2 kali dalam se-bulan. Caranya dengan merendam busa dengan air hangat yang dicampur deterjen selama 15 menit. Jangan dicampur pewangi dan nggak usah disikat ya, brosis. Jangan lupa dibilas dan cukup diangin-anginkan.

3. Semprot Pewangi Helm

Semprot Parfum Helm
Semprot Dengan Parfum Helm Untuk Mencegah Bau
Yamaha Vixion R

*DP mulai dari

Kalian bisa semprot parfum khusus helm setelah busa helm bener-bener kering. Setelah disemprot, sebaiknya diangin-anginkan atau dijemur sebentar biar pewangi helm cepat meresap. Nah, kalo helm wangi, pasti kalian makin betah pake helm lama-lama, ya kan.

4. Simpan Helm Saat Parkir

Meletakkan Helm Saat Parkir
Meletakkan Helm Saat Parkir

Cara menyimpan helm saat parkir ada caranya juga. Hindari meletakkan di kaca spion, karena busa akan tertekan hanya dititik tertentu yang bisa bikin fungsi busa helm tidak maksimal. Posisikan helm di jok belakang dengan mengikatnya di behel jok biar nggak jatoh. Pastikan kaca helm tertutup biar helm nggak kemasukan debu dan air.

5. Penyimpanan Bila Ditinggal Lama

tatakan helm
Simpan Helm Dengan Posisi Terbalik

Ada kalanya jika kalian hendak pergi ke luar kota atau mudik, simpan helm dengan posisi terbalik. Hal ini biar sirkulasi udara menjadi lancar, helm nggak gampang jamuran. Tempatkan helm pada ruangan yang kering dan tidak pengap.

Demikian tips and trick cara membersihkan helm dari Moladin. Semoga tips ini membantu kalian agar punya helm yang lebih bersih lagi agar nyaman digunakan ya! Ingat Motor, Ingat Moladin!

BELI HELM DENGAN HARGA TERJANGKAU DI SINI AJA! KLIK SEKARANG!

Honda Supra GTR 150

*Angsuran mulai dari

Baca juga artikel lainnya :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *