11 Cara Membersihkan Karat Dalam Tangki Motor, Mudah dan Ampuh!

Disadari atau tidak masalah mesin kerap muncul kalau motor digunakan jarang dirawat dengan baik. Misal motor yang mendadak mogok di tengah jalan dan sulit sekali dinyalakan kembali. Kemungkinan besar terjadi karena ada masalah dengan oli yang menyebabkan mesin jadi overheating.

Selain masalah overheating, mesin juga bisa mogok kalau di dalamnya terdapat kotoran atau kerak. Tangki dari bahan bakar umumnya mudah sekali mengalami karatan dan menyumbat pasokan bahan bakar ke mesin. Berikut cara membersihkan karat pada tangki motor yang bisa kamu coba tanpa perlu ke bengkel.

 

Menyiapkan Semua Perlengkapan

Karat Tangki Motor

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum kamu membersihkan kerak dan karat pada tangki bahan bakar adalah dengan menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Benda yang harus dipersiapkan tentu saja wadah untuk menampung bahan bakar, selang transparan, lalu obeng dan lainnya.

Karena proses akan memakan waktu lama dan butuh lokasi yang nyaman, ada baiknya menjauhi yang dekat dengan api. Dikhawatirkan kalau dekat dengan api, bahan bakarnya akan tersulut.

 

Mengeluarkan Bensin yang Tersisa

Mengeluarkan Bensin

Setelah menyiapkan semua peralatan yang ada, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengeluarkan semua bahan bakar dari tangki. Kenapa harus dikeluarkan? Karena kalau tangkinya dilepas, bahan bakar atau bensin yang digunakan akan tumpah ke mana-mana dan membuat lantai jadi kotor.

Gunakan selang yang transparan untuk mengeluarkan bahan bakar dari dalam tangki sampai habis. kamu bisa meletakkan selang di dalam tangki terdalam lalu sedot dengan mulut. Begitu bahan bakar sudah bergerak, segera tampung dengan wadah.

 

TVS Dazz

*Angsuran mulai dari

 

Melepas Tangki Bahan Bakar

Mengamplas Tangki

Setelah semua bahan bakar dikeluarkan sampai habis dan tidak bersisa, kamu bisa segera melepas tangki perlahan-lahan. Pelepasan harus dilakukan perlahan-lahan. Semua komponen yang terlepas letakkan di dalam wadah yang sama dan jangan sampai tercecer agar mudah dirakit kembali.

Kalau saat pelepasan tangki bahan bakar masih ada yang tercecer, segera bersihkan menggunakan kain yang menyerap dengan cepat. Dengan melakukan ini kamu menghindari bahan bakar tercecer ke mana-mana dan rawan tersulut api.

 

Membersihkan Tangki dengan Bensin

Membersihkan Tangki

Setelah tangki terlepas dengan sempurna, segera bersihkan bagian dalam dan luarnya hingga bersih. Pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan bensin. Jadi, bensin yang sudah kamu tampung tadi sebagian disimpan untuk nanti dimasukkan lagi dan yang lain digunakan untuk membersihkan.

Gunakan kain atau sikat untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Selanjutnya kembali basuh dengan bensin hingga benar-benar tidak ada kerak yang menempel lagi.

 

Gunakan Asam Sulfat

Asam Sulfat

Cara membersihkan karat pada tangki motor selanjutnya kalau bensin tidak bisa membersihkan kerak, adalah memaki asam sulfat atau air aki. Air ini memiliki sifat asam dan bisa membuat bagian kerap mengelupas perlahan-lahan. Sayangnya air ini sifat asamnya tinggi dan akan membuat tangan jadi gatal atau bahkan melepuh.

Kalau terpaksa menggunakan asam sulfat, ada baiknya untuk menggunakan sarung tangan yang kuat. Gunakan juga kacamata untuk menghindari ada cairan yang terciprat. Lakukan agak jauh dari motor agar tidak ada cairan yang terciprat dan merusak bagian bodi yang lain.

 

Gunakan Amplas Kalau Dibutuhkan

Amplas Motor

Apabila penggunaan bensin dan juga asam sulfat tidak mampu membuat karatan atau kerak hilang dengan cepat, terpaksa amplas harus bekerja. kamu bisa menggunakan amplas yang tidak terlalu kasar untuk menggosok bagian dalam tangki bahan bakar yang memiliki banyak karatan.

Lakukan pengamplasan secara perlahan-lahan saja. Jangan terlalu kasar saat mengamplas karena dikhawatirkan bisa merusak bagian lain di dalam tangki bahan bakar.

 

Bersihkan dan Lap Permukaan Tangki

LapTangki

Setelah diamplas hingga hilang keraknya, segera bersihkan dan lap. Jangan sampai ada sisa amplasan masuk ke dalam tangki dan menyebabkan penyumbatan.

 

Cuci Kembali dengan Bensin

Tangki tangki bensin

Cuci kembali tangki bahan bakar yang sudah dibersihkan. kamu bisa menggunakan bensin yang masih bersih. Jangan gunakan bensin yang sudah kotor karena bisa membuat bagian dalam tangki tersumbat.

 

Keringkan Tangki Bahan Bakar

Keringkan Tangki Bensin

Keringkan tangki bahan bakar dengan menggunakan kain sampai tidak ada sisa bahan bakar dan kotoran. kamu tidak perlu sampai menjemurnya karena bensin cepat menguap.

 

Pasang Kembali Tangki Bahan Bakar

Pasang Kembali Tagki

Setelah semua proses berjalan dengan lancar, segera pasangkan kembali ke bodi. Lakukan perlahan-lahan dan jangan sampai salah.

 

TVS Callisto

*Angsuran mulai dari

 

Pastikan Semua Sudah Terpasang Sempurna

Pastikan semuanya sudah terpasang dengan sempurna. Selanjutnya kamu bisa memasukkan bahan bakar atau bensin bersih yang tersisa dan motor bisa segera digunakan.

Demikianlah beberapa ulasan tentang cara membersihkan karat pada tangki motor. Semoga ulasan di atas bisa memberikan rekomendasi pada kamu untuk belajar membersihkan tangki motor atau melakukan perawatan rutin. Dengan melakukan hal di atas, masalah mesin tidak akan muncul lagi.

Kalau kamu merasa tidak mampu membersihkan sendiri masalah pada tangki, ada baiknya untuk membawanya ke bengkel. Lakukan pengecekan secara rutin setiap bulannya agar karatan atau pengerakan bisa dicegah.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *