by

11 Cara Membersihkan Karat Tangki Motor di Rumah Saja

Cara Membersihkan Karat Tangki Motor – Disadari atau tidak masalah mesin kerap muncul, kalau motor digunakan jarang dirawat dengan baik. Misal motor yang mendadak mogok di tengah jalan. 

Kemungkinan besar terjadi karena dua persoalan: Pertama, ada masalah dengan oli yang menyebabkan mesin jadi overheating. Kedua, selain masalah overheating, mesin juga bisa mogok kalau sistem pembakarannya tidak sempurna lantaran terhambat kotoran atau kerak.

Bagaimana bisa bisa ada kerak? Paling sering, kerak datang dari tangki yang karatan. Selanjutnya karat tersebut terbawa bensin, hinga masuk ke sistem pembakaran. Alhasil, karat memberi sumbatan pasokan bahan bakar ke mesin.

Kemudian, motor kamu jadi mogok. Oleh karenanya, kamu harus cegah hal tersebut terjadi. Cara paling mudah dengan rajin membersihkan tangki motor. Kalau memang sudah berkarat, hilangkanlah karatnya!

Bagaimana cara menghilangkan karat tangki motor atau mengurasi tangki motor? Inilah 11 langkah yang bisa kamu lakukan dari rumah. Tidak perlu ke bengkel!

Cara Merawat Tangki Bahan Bakar

Karet penutup tangki
Air bisa masuk ke tangki bensin dan menimbulkan karat, kalau karet ini sudah rusak

Mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Sebelum tangki kamu berkarat, ada baiknya lakukan pencegahan dengan rutin merawat tangki bahan bakar. Caranya tidak sulit.

Mau tahu? Simak informasi berikut:

Selalu Isi Penuh Tangki Bahan Bakar

2014 SR400 MNM3 AU 11
Full Tank merupakan cara terbaik merawat tangki bensin motor dari karat

Cara paling mudah dalam merawat tangki motor adalah dengan selalu mengisi penuh bensin. Jangan mengisi bensin sedikit-sedikit, karena alasan tidak punya uang.

Pasalnya, hal itu bakal berakibat karat di dalam tangki. Nanti uang yang keluar bisa lebih besar lagi kalau benar terjadi.

Kenapa isi penuh tangki bisa mencegah karat? Udara merupakan salah satu komponen penyebab karat, terlebih saat bercampur dengan air. Kehadiran air di dalam tangki juga sesuatu yang lumrah.

Air bisa datang saat kamu mencuci motor dengan kompresor. Dapat pula melalui hujan. Tidak ketinggalan, mengisi bensin eceran pun bisa menjadi salah satu penyebab air masuk ke tangki.

Isi Bensin dengan Kualitas Baik

cara membersihkan karat tangki motor
Pilih bensin minimal dengan RON 92

Jadi, sebisa mungkin selalu pakai bensin berkualitas baik dengan selalu mengisinya di stasiun pengisian bahan bakar (SPBU). Pakai oktan tinggi kalau perlu, seperti RON 92.

Baca juga  Yamaha XMAX Pak Polisi, Modifikasi Matic Dinamis dan Stylish

Bensin dengan oktan tinggi lebih minim residu. Sebaliknya, kalau oktan rendah memiliki residu yang lebih tinggi. Efeknya tangki jadi kotor. Ujung-ujungnya membuat macet sistem pembakaran.

Cara Membersihkan Karat Tangki Motor

karat di tangki
Tangki motor laki, paling beresiko kemsukan air

 

Setidaknya ada sebelas cara yang harus kamu lakukan untuk membersihkan karat di tangki motor. Langkah ini bisa dikatakan mudah, selama kamu menyiapkan segala sesuatunya dengan benar. Kemudian wajib bersabar.

Menguras tangki motor, tidak sesederhana itu. Banyak sekali tahapan yang perlu dilakukan. Apa saja? Simak bahasan berikut:

1. Menyiapkan Semua Perlengkapan Merupakan Cara Membersihkan Karat Tangki Motor yang Pertama

Karat Tangki Motor
Peralatan yang diperlukan, salah satunya kompresor angin bertekanan tinggi

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum kamu membersihkan kerak dan karat pada tangki bahan bakar adalah menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Menguras tangki motor bakal efektif, kalau semua peralatan pendukungnya ada.

Benda yang harus dipersiapkan tentu saja wadah untuk menampung bahan bakar, selang transparan, lap, obeng dan lainnya. Kamu juga perlu menyediakan kompresor bertekanan tinggi untuk mempermudah proses menguras tangki.

Lantaran proses akan memakan waktu lama dan butuh lokasi yang nyaman, ada baiknya menjauhi yang dekat dengan api. Dikhawatirkan kalau dekat dengan api, bahan bakarnya akan tersulut.

2. Mengeluarkan Bensin yang Tersisa

cara membersihkan karat tangki motor
Perlu keluarkan bensin terlebih dulu sebelum mebersihkan karat di dalam tangki motor

Setelah menyiapkan semua peralatan yang ada, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengeluarkan semua bahan bakar dari tangki. Kenapa harus dikeluarkan? Karena kalau tangkinya dilepas, bahan bakar atau bensin yang digunakan akan tumpah ke mana-mana dan membuat lantai jadi kotor.

Gunakan selang yang transparan untuk mengeluarkan bahan bakar dari dalam tangki sampai habis. kamu bisa meletakkan selang di dalam tangki terdalam lalu sedot dengan mulut. Begitu bahan bakar sudah bergerak, segera tampung dengan wadah.

3. Melepas Tangki Bahan Bakar

Mengamplas Tangki
Melepas tangki memang tidak mudah, tapi lakukanlah perlahan saja asal punya semua peralatan pasti bisa

Setelah semua bahan bakar dikeluarkan sampai habis dan tidak bersisa, kamu bisa segera melepas tangki perlahan-lahan. Pelepasan harus dilakukan perlahan-lahan. Semua komponen yang terlepas letakkan di dalam wadah yang sama dan jangan sampai tercecer agar mudah dirakit kembali.

Kalau saat pelepasan tangki bahan bakar masih ada yang tercecer, segera bersihkan menggunakan kain yang menyerap dengan cepat. Dengan melakukan ini kamu menghindari bahan bakar tercecer ke mana-mana dan rawan tersulut api.

Baca juga  Mudah Rawat Motor Karburator atau Injeksi? Cari Tahu di Sini!

4. Cara Membersihkan Karat Tangki Motor, Tidak Boleh pakai Air

cara membersihkan karat tangki motor
Bersihkan tangki bagian dalam pakai bensin

Setelah tangki terlepas dengan sempurna, segera bersihkan bagian dalam dan luarnya. Pembersihan tidak boleh pakai air, terutama bagian dalam. Kamu dapat melakukannya menggunakan bensin bersih.

Bensin yang sudah kamu tampung tadi, sebagian disimpan untuk nanti dimasukkan lagi ke dalam tangki untuk membersihkan. Kalau ternyata bensin tersebut kotor, kamu bisa beli bensin baru yang terjamin kebersihannya.

Kocok-kocok tangki bensin yang sudah terisi bensin. Kemudian buang bensin tersebut sampai bersih. Lakukan prosesnya berulang, sampai karat benar-benar hilang.

5. Gunakan Asam Klorida

Asam Sulfat

Cara membersihkan karat pada tangki motor selanjutnya kalau bensin tidak bisa membersihkan kerak, pakai asam klorida atau HCL. Cairan ini memiliki sifat asam dan bisa membuat karat kerap mengelupas perlahan-lahan. Sayangnya air ini sifat asamnya tinggi dan akan membuat tangan jadi gatal.

Kalau terpaksa menggunakan asam klorida, ada baiknya untuk menggunakan sarung tangan yang kuat. Gunakan juga kacamata untuk menghindari ada cairan yang terciprat. Lakukan agak jauh dari motor agar tidak ada cairan yang terciprat dan merusak bagian bodi yang lain.

Bila mau membersihkan karat tangki, masukkan dulu cairan ini. Lalu diamkan beberapa saat sampai karat di tangki menjadi lebih lunak. Setelah itu kocok-kocok tangki dan buang cairannya. Lakukan pula kegiatan ini berulang, sampai kerak menghilang.

6. Gunakan Amplas Kalau Dibutuhkan

Amplas Motor
Pakai amplas kalau perlu untuk membersihkan karat di bagian luar tangki

Sementara kalau karatnya ada di tangki bagian luar. Kamu dapat membersihkannya pakai amplas. kamu bisa menggunakan amplas yang tidak terlalu kasar. 

Lakukan pengamplasan secara perlahan-lahan saja. Jangan terlalu kasar saat mengamplas karena dikhawatirkan bisa merusak tangki dan mengakibatkan kebocoran.

7. Bersihkan dan Lap Permukaan Tangki

LapTangki
Jaga kebersihan permukaan tangki, jangan sampai kotor

Setelah diamplas hingga hilang keraknya, segera bersihkan dan lap. Jangan sampai ada sisa amplasan masuk ke dalam tangki dan menyebabkan penyumbatan.

Kebersihan ini perlu benar-benar diperhatikan. Pasalnya kalau sampai kotoran bekas amplas masuk, maka semua yang kamu lakukan dari awal tadi bakal sia-sia.

Baca juga  Honda Thailand Rilis Scoopy Lucu, Pakai Sticker Line

8. Cuci Kembali dengan Bensin Sebagai Cara Membersihkan Karat Tangki Motor Selanjutnya

Tangki tangki bensin

Cuci kembali tangki bahan bakar yang sudah dibersihkan. kamu bisa menggunakan bensin yang masih bersih. Jangan gunakan bensin yang sudah kotor karena bisa membuat bagian dalam tangki tersumbat.

Ingat, ketika mencuci tangki dengan bensin, sebaiknya pakai oktan tinggi. Jangan menggunakan bensin kualitas rendah. Alasannya bensin oktan tinggi lebih bersih dan minim residu.

9. Keringkan Tangki Bahan Bakar

cara membersihkan karat tangki motor
Keringkan tangki bahan bakar dengan lap dan angin bertekanan tinggi dari kompresor

Keringkan tangki bahan bakar dengan menggunakan kain dan kompresor sampai tidak ada sisa bahan bakar. Caranya dengan menyemprotkan udara bertekanan tinggi ke dalam tangki.

Setiap air yang keluar, sebaiknya kamu tampung dengan kain. Ulangi proses ini sampai tangki benar-benar kering. 

10. Pasang Kembali Tangki Bahan Bakar

cara membersihkan karat tangki motor
Satu persatu baut wajib terpasang sempurna

Setelah semua proses berjalan dengan lancar, segera pasangkan kembali ke bodi. Lakukan perlahan-lahan, baut demi batu harus terpasang sempurna. Jangan sampai salah.

Nikmati saat melakukan proses ini, karena bisa jadi salah satu cara untuk semakin intim dengan motor.

11. Masukkan Bahan Bakar Bersih Sampai Penuh, Merupakan Cara Membersihkan Karat Tangki Motor yang Terakhir

cara membersihkan karat tangki motor
Selalu isi bensin sampai full tank

Pastikan semuanya sudah terpasang dengan sempurna. Selanjutnya kamu bisa memasukkan bahan bakar atau bensin bersih yang tersisa. Ingat, isi pentuh tangki tersebut untuk mencegah adanya ruang udara.

Pasalnya, udara merupakan salah satu komponen pemicu karat. Terlebih saat udara tersebut bercampur dengan air. Jadi selalu isi bensin full tank ya untuk mencegah karat kembali lagi menempel di tangki.

Demikianlah beberapa ulasan tentang cara membersihkan karat tangki motor. Semoga ulasan di atas bisa memberikan rekomendasi pada kamu untuk belajar membersihkan tangki motor atau melakukan perawatan rutin. Dengan melakukan hal di atas, masalah mesin tidak akan muncul lagi.

Kalau kamu merasa tidak mampu membersihkan sendiri masalah pada tangki, ada baiknya untuk membawanya ke bengkel. Lakukan pengecekan secara rutin setiap bulannya agar karatan atau pengerakan bisa dicegah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru