by

Cara Membersihkan Mesin Mobil di Rumah Saja

Cara membersihkan mesin mobil – Meski kondisinya selalu tertutup oleh kap, mesin mobil tetap harus dibersihkan. Debu dan kotoran bisa masuk lewat berbagai celah, tidak terkecuali.

Efeknya tampilan mesin jadi tidak sedap dipandang. Selain itu, kotoran di mesin punya potensi masuk ke ruang bakar. Alhasil performa berkendara bisa terganggu.

Tentunya kamu tidak mau hal tersebut terjadi kan? Maka rajin-rajinlah membersihkan mesin mobil. Tidak perlu ke bengkel atau tukang cuci. Kamu bisa melakukannya di rumah saja.

Buat kamu yang ingin membersihkan ruang mesin mobil, setidaknya ada beberapa langkah yang kamu perlu ketahui. Perlu diingat, membersihkan ruang mesin itu gampang-gampang sudah. Kenapa?

Di balik kap mobil tersimpan komponen vital yang rentan mengalami kerusakan. Sebagai contoh di ruang mesin tersedia filter udara dan juga komponen elektronik yang berakibat fatal, jika terkena air. Untuk itu, kamu harus mengetahui cara yang benar membersihkan mesin mobil.

Mau tahu detailnya? Berikut sejumlah cara membersihkan ruang mesin mobil secara tepat dan aman, bisa lakukan sendiri di rumah.

Kotoran di Mesin Bisa Bikin Boros BBM

cara berkendara berpengaruh ke borosnya bensin
Konsumsi BBM bisa boros kalau mesin kotor

Jangan pernah membiarkan kotoran dan debu yang ada di mesin mobil. Kalau dibiarkan, kotoran tersebut bisa terhisap ke filter udara. Selanjutnya bukan tidak mungkin masuk ke dalam sistem injeksi.

Hal ini berakibat ke suplai udara yang terhambat masuk ke ruang bakar. Efeknya, pengemudi jadi harus sering menginjak pedal gas lebih dalam untuk dapat menghasilkan akselerasi lebih baik. Konsumsi bahan bakar otomatis jadi lebih boros, karena tenaga yang dikeluarkan lebih besar.

Bila kondisi ruang mesin bersih, tentunya akan enak untuk kamu pandang. Mesin yang bersih pun dapat membuat kinerja mesin jadi optimal, dan yang pasti konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Baca juga  Mengenal Ciri-Ciri ECU Mobil Rusak, Awas Salah Penanganan!

Peralatan membersihkan mesin mobil

Peralatan cuci mobil
Peralatan cuci mobil

Sebelum memutuskan untuk membersihkan mesin mobil, kamu harus mempersiapkan seluruh peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membersihkan ruang mesin. Mereka punya peran penting dalam membersihkan dan menjaga mesin dalam kondisi prima.

Setidaknya ada sejumlah perlengkapan yang harus kamu siapkan:

  • air bersih
  • selang
  • ember
  • sikat
  • kuas
  • spons
  • sabun khusus mobil
  • engine degreaser
  • lap plas chamois
  • lap microfiber.

Seluruh perlengkapan tersebut memiliki fungsi masing-masing. Contohnya engine degreaser dapat membersihkan kotoran bercampur oli yang menempel pada mesin. 

Jadi kamu perlu persiapkan semuanya terlebih dulu, sebelum benar-benar membersihkan mesin mobil. Tidak boleh ada yang kurang ya!

Perhatikan lokasi, ketika ingin membersihkan mesin

Proses mencuci ruang mesin
Proses mencuci ruang mesin

Alangkah baiknya jika kamu juga memperhatikan lokasi, ketika ingin membersihkan ruang mesin mobil. Lokasi paling pas mungkin di garasi rumah kamu. Namun ada sejumlah ketentuan juga yang harus diketahui.

Usahakan mobil ditempatkan di permukaan yang rata dengan pencahayaan terang. Pencahayaan ini berasal dari lampu, jangan dari matahari. Ruang mesin yang terjemur matahari dapat membuat kabel dan plastik penutupnya menjadi lapuk, getas, dan mudah pecah.

Ketika membersihkan mesin mobil, usahakan kamu juga harus memilih tempat yang tidak berdebu dan juga jauh dari api.

Cara membersihkan mesin mobil

Mesin dibersihkan dengan sabun cuci mobil
Mesin dibersihkan dengan sabun cuci mobil

1. Tutup komponen Kelistrikan

Cara membersihkan mesin mobil yang pertama, kamu harus menutup sejumlah komponen dengan plastik terlebih dulu. Mulai dari konektor aki, ECU, busi, sampai dengan sekring-sekring. Tujuannya supaya tidak basah karena air. 

Maklum, komponen-komponen yang disebutkan tersebut sangat rawan air. Kalau sampai basah, kelistrikan kendaraan bisa terganggu. Bukan tidak mungkin, mesin mobil jadi tidak dapat diaktifkan.

Baca juga  5 Daftar Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir

2. Cara membersihkannya mulai dari kotoran yang paling bandel di mesin mobil terlebih dulu

Saat membersihkan ruang mesin mobil, usahakan kamu memulainya dengan membersihkan kotoran yang membandel terlebih dahulu, seperti tetesan oli atau kerak yang menempel. 

Kotoran membandel seperti bekas oli atau kerak dapat dibersihkan dengan cairan engine degreaser. Caranya mudah, kamu hanya perlu menyemprotkan cairan engine degreaser pada bagian yang kotor.

Selanjutnya, diamkan selama beberapa menit, baru kamu dapat sikat dengan halus menggunakan air sabun hingga bersih. Bila terlihat sudah bersih, bilas dengan air mengalir dari selang dengan tekanan rendah.

3. Bersihkan ruang mesin secara menyeluruh pakai Spons

Cara membersihkan ruang mesin, pastikan dalam kondisi kinclong dan kering
Bersih dan keringkan ruang mesin secara menyeluruh

Untuk membersihkan ruang mesin mobil secara keseluruhan. Kamu dapat menyiramnya secara perlahan dengan air mengalir dari selang dengan tekanan rendah. Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan spon berbahan lembut.

Cara ini dilakukan agar tidak menimbulkan goresan-goresan yang akan merusak mesin mobil. Ketika menemui bagian yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan sikat gigi ataupun kuas.

Agar ruang mesin dapat bersih optimal, kamu bisa menggunakan sabun khusus untuk mobil yang memang terbukti ampuh mengangkat dan melarutkan kotoran dan oli. Sehingga mesin bisa terlihat bersih, kinclong dan tak ada lagi kotoran yang menempel.

4. Setelah Bersih, Pastikan kering dan tidak ada sisa busa

Setelah kamu membersihkan dengan sabun, bilas hingga bersih. Hal yang tak kalah penting harus kamu lakukan adalah memastikan semua komponen mesin terbebas dari sisa busa.

Keringkan seluruh bagian ruang mesin dengan lap plas chamois atau microfiber. Untuk menghindari timbulnya kerak alias water spot, diamkan mobil selama 2-3 jam dalam posisi kap mesin terbuka. Pastikan ruang mesin mobil sudah bersih secara menyeluruh.

Baca juga  Wuling Rilis Program Year End Surprise 2020, Ini Kelebihannya

5. Setelah bersih, segera panaskan mesin mobil

Setelah memastikan ruang mesin sudah bersih dan kering, kamu bisa memanaskan mesin mobil. Tujuannya untuk menjamin tidak ada korsleting dan mesin mobil kamu tetap berjalan semestinya setelah dibersihkan.

Kamu juga bisa menjadwalkan untuk membersihkan ruang mesin mobil secara teratur. Jika menghadapi musim kemarau, kamu bisa membersihkan minimal sebulan sekali. Sementara di musim hujan, kamu bisa membersihkan ruang mesin mobil setidaknya sebulan dua kali atau dua minggu sekali.

Well.. buat kamu yang ingin membersihkan ruang mesin mobil, sekarang sudah tahukan cara dan langkah yang tepat yang bisa kamu aplikasikan sendiri. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat buat kamu

Masalah yang terjadi, jika membersihkan mesin mobil salah!

Korsleting di mesin mobil
Korsleting di mesin mobil disebabkan oleh air yang mengenai komponen kelistrikan di ruang mesin

Masalah yang biasa ditemui, karena mencuci mesin mobil dapat mengganggu sistem kelistrikan. Umumnya air yang disemprot ke daerah mesin mengenai soket-soket listrik di dalam mesin.

Air yang di semprot ke ruang mesin, berdampak cukup berbahaya untuk mobil dan juga pemiliknya. Karena air di soket, lama kelamaan bisa menjadi jamur dan membuat koneksi listrik menjadi terhambat.

Fatalnya bisa mengakibatkan korslet, lantas menimbulkan percikan bunga api pun mungkin terjadi apabila cara mencucinya langsung disiram air. Jadi sebaiknya dilap saja, dan pastikan semuanya dalam kondisi normal tidak ada bagian yang basah.

Baca juga:

Terbaru