by

Cara Membersihkan Mesin Motor yang Berkarat Agar Kinclong Lagi!

Mesin adalah bagian paling penting dari motor yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Meski kamu tidak ahli dalam hal permesinan, menjaga mesin tetap harus dilakukan setiap saat. kamu tidak perlu sampai membongkar jeroannya, cukup bersihkan bagian luarnya dari kotor setiap harinya.

Kalau mesin motor tidak rutin dibersihkan apalagi setiap hari kamu melalui jalanan yang kotor, kemungkinan berkarat akan besar. Kalau sampai berkarat, kemungkinan terjadi gangguan pada mesin akan besar. Oleh karena itu simak beberapa cara membersihkan mesin motor di bawah ini.

 

Menggunakan Bahan Bakar

Membersihkan Motor dengan bahan bakar

 

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membersihkan kerak atau karatan di mesin adalah dengan menggunakan bensin atau solar. Bahan bakar ini bisa melarutkan karatan atau kotoran yang menempel di mesin khususnya bagian-bagian yang sulit dibersihkan secara langsung.

kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian sela-sela komponen mesin yang direndam dengan bahan bakar. Saat melakukannya, gunakan bak penampung agar bahan bakar tidak tercecer ke mana-mana. Akan sangat bahan kalau bahan bakar sampai terciprat dan tersambar api,

 

Menggunakan Cairan Pencuci Piring

Cara Membersihkan mesin motor dengan pencuci piring

Kalau kamu tidak mau menggunakan bensin atau solar karena cukup berbahaya kalau sampai tersambar api, ada baiknya menggunakan cairan pencuci piring. kamu bisa menggunakan berbagai cairan pencuci piring merek apa pun yang ada di pasaran. Larutkan dengan air atau gunakan dalam bentuk konsentrat.

Baca juga  Marquez: Puncaki Klasemen Penting Ketimbang Menang di Austria

Cairan cuci piring bisa digunakan untuk menghilangkan kerak dan juga karatan, kamu bisa menggunakan busa atau menggunakan sikat gigi bekas ke bagian yang memang sulit sekali dijangkau oleh tangan. Setelah kerak hilang, keringkan mesin hingga bersih dan jangan sampai ada sisa cairan pencuci piring yang menempel.

 

Kawasaki Ninja 250  2018 14191 67377 large
Kawasaki Ninja 250 - 2018

*Angsuran mulai dari

 

Menggunakan Cairan Pembersih WC

Cara Membersihkan Mesin Motor

Beberapa bagian motor ada yang sangat sulit dibersihkan lantaran kerak dan karatnya cukup tebal. Kalau kamu sudah menggunakan cairan cuci piring dan tidak berhasil, ada baiknya menggunakan cairan pembersih WC. Dengan cairan pembersih WC yang dikenal kuat mengeruk kerak. mesin bisa kembali bersih dan kinclong.

Cairan pembersih WC umumnya sangat kuat dan membuat permukaan mesin yang berkarat mengelupas. Saat membersihkannya, jangan lupa menggunakan sarung tangan agar kulit tidak gatal. Kalau kamu membersihkannya dengan sikat gigi, gunakan kacamata agar cairan yang cukup keras ini tidak terciprat dan masuk ke mata.

 

Melakukan Pengamplasan Bagian yang Berkarat

Poles Mesin

Cara membersihkan mesin motor selanjutnya dari kerak dan karat adalah dengan melakukan pengamplasan. Cara ini dilakukan untuk mengikis bagian yang karatan agar hilang dan mesin kembali mengkilap. Lakukan pengamplasan kalau memang beberapa cara di atas tidak bisa mengatasinya.

Baca juga  Suzuki Satria Racing Look Ala MotoGP, Rombak Total Tampang Maksimal

Pengamplasan harus dilakukan dengan benar dan tidak sembarangan. Kalau pengamplasan dilakukan sembarangan, mesin akan semakin terkikis kemungkinan rusak atau bocor cukup tinggi. Daripada mesin terjadi kerusakan, lebih dilakukan perawatan secara rutin setiap beberapa minggu atau bulan.

 

Menggunakan Larutan Cuka

Bersihksn dengan cuka

Kalau di dalam rumah hanya ada larutan cuka, kamu menggunakannya untuk membersihkan karatan. Larutan cuka yang digunakan bisa cuka untuk makanan atau larutan asam lain yang memiliki kemampuan dalam mengikis kerak dan juga karatan sehingga mesin bisa tampak lebih mengkilap seperti biasanya.

Saat menggunakan larutan cuka, ada baiknya untuk berhati-hati dan tidak tercecer ke mana-mana. Larutan dengan sifat asam mampu merusak cat yang ada di mesin atau bagian lain dari bodi motor. Jadi, jangan asal membersihkan agar bagian lain tidak rusak.

 

Memakai Metal Polish

Metal Polish

Metal polish adalah salah satu cara untuk menjaga mesin agar tetap bersih dan mengkilap. Pengaplikasian metal polish dilakukan setelah mesin benar-benar dibersihkan dari kerak menggunakan beberapa cara di atas. Kalau belum bersih sudah diberi metal polish, justru mesin terlihat sangat kotor.

Berikan metal polish secara merata di mesin setelah mesin tidak memiliki kotoran. Lakukan secara rutin agar kerak tidak cepat muncul.

Baca juga  Honda Revo, Motor Bebek yang Nyaman Buat Harian

 

KTM Duke 250 New 14399 81788 large
KTM Duke 250 New

*Angsuran mulai dari

 

Melakukan Pengecatan Mesin Motor

Cat Mesin

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membersihkan mesin motor dari karatan dan membuatnya kembali kinclong adalah dengan pengecatan. Cara ini bisa dilakukan saat pembersihan mesin sudah dilakukan dan karatnya hilang. Selanjutnya mesin bisa dilapisi dengan cat hingga merata.

Pengecatan ini dilakukan kalau memang kamu sudah sulit melakukan perawatan secara rutin dan mesin semakin terlihat kotor. Pengecatan juga harus dilakukan dengan cat yang tahan sekali dengan panas. Kalau catnya tidak tahan panas, kemungkinan mengelupas akan sangat besar.

Inilah beberapa cara membersihkan mesin motor yang benar agar tidak mengalami karatan. Dengan melakukan cara di atas secara rutin, mesin motor akan kinclong kembali dan kemungkinan mengalami kerusakan akan kecil. Oh ya, kira-kira dari beberapa cara di atas, adakah yang pernah Moladiners lakukan?

 

Baca Juga :

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru