Cara Membersihkan Mika Lampu Motor Hingga Licin Kinclong!

Cara Membersihkan Mika Lampu Motor – Headlamp kamu tampak menguning? Jangan khawatir, ada cara membersihkan mika lampu motor yang akan Moladin ulas di sini! Bukan cuma mobil, mika lampu motor pun bisa menguning karena beberapa penyebab. Di antaranya karena motor sering dijemur di luar seperti di tempat parkir outdoor atau bisa juga disebabkan oleh watt lampu yang besar.

Selain berpengaruh pada tampilan motor kesayangan kamu, mika lampu yang menguning pun berpotensi menyebabkan headlamp tidak berfungsi maksimal seperti penerangan yang kurang jika berkendara di malam hari.

Tentu, kita tidak bisa selalu menghindari terik matahari demi mika lampu. Maka, haruslah pandai-pandai merawat mika lampu motor termasuk membersihkannya jika tampak menguning. Daripada mengganti lampu dengan yang baru, yang lebih mahal, di bawah ini beberapa cara membersihkan mika lampu motor hingga kinclong, dengan mudah dan murah!

Dengan Pembersih Kaca

Menggunakan Pembersih Kaca

Sebelum mengaplikasikan cara pertama ini, kamu harus pastikan dulu bahwa spot yang menguning terdapat di bagian luar atau di bagian dalam mika lampu. Jika di bagian dalam maka akan ada kemungkinan besar untuk menggantinya dengan yang baru. Namun, jika kuning di bagian luar, bersihkanlah dengan cairan pembersih kaca.Semua jenis cairan pembersih kaca harusnya aman untuk permukaan cat. Namun jika permukaan cat terkena tetesan cairan pembersih, seka dan keringkan sesegera mungkin agar tidak meninggalkan bekas.

Caranya, semprot cairan ke arah mika lampu dari dalam sprayer-nya, seka dengan kain yang lembut. Langkah selanjutnya adalah mengoles motor polish pada bagian mika lampu, ikuti petunjuk yang tertera di botol kemasan motor polish tersebut. Penting diingat untuk tidak melakukan tahap ini di bawah sinar matahari langsung.

Terakhir, poles mika lampu menggunakan pemoles elektrik untuk hasil maksimal. Agar bersih tahan lama dan terlindungi, aplikasikan wax silicone pada mika lampu demi mencegah mika menguning kembali.

Baca Juga :

 

Dengan Paket Pembersih Mika

Pembersih Mika

Jika ingin hasil yang lebih menjamin, gunakanlah paket pembersih mika lampu yang beredar di pasaran. Satu set peralatan biasanya berisi teko penguap, corong pengarah, anti drip, cairan nano, selotip kertas, amplas dan masker yang terdapat dalam satu box. Kelebihan membersihkan mika lampu dengan paket ini adalah pembersihan yang lebih menyeluruh hingga ke pori-pori mika, cuma butuh waktu 25 menit serta tanpa bongkar kaca.

Cara membersihkan mika lampu motor dengan paket ini adalah, langkah pertama, tutupi sekeliling mika lampu dengan selotip kertas. Mengapa selotip kertas, adalah agar lem perekat yang terkandung di dalam selotip tidak merusak permukaan cat. Kedua, amplas mika lampu, jika takut amplas akan menimbulkan goresan, basahi amplas dengan air sabun lebih dulu.

Biasanya dalam satu paket tersedia amplas dengan beberapa tingkat kelembutan. Pengamplasan pertama, gunakan untuk membuang lapisan plastik yang kasar. Kedua, gunakan amplas yang lebih lembut untuk menghilangkan goresan yang timbul akibat pengamplasan sebelumnya. Ingat untuk selalu merendam amplas selama lima menit dengan air sabun setiap kali mulai mengamplas.

Selanjutnya, semprot cairan pembersih lalu poles dan seka sesuai petunjuk. Langkah terakhir adalah dengan menggunakan teko penguap yang telah diisi cairan nano. Penguapan tidak boleh langsung terkena mika, harus diberi jarak sekitar 1 – 2 cm. Setelah diuap, mika lampu motor kamu akan bersih seperti semula sebening kristal.

Satu paket nano bisa digunakan untuk 30 kali pemakaian ya, Moladiners. Harganya memang cukup mahal, namun bisa untuk pemakaian jangka lama.

 

Dengan Pasta Gigi

Dengan Pasta Gigi

Pasta gigi untuk membersihkan mika lampu motor, memang bisa? Semua merek pasta gigi yang berfungsi untuk memutihkan mengandung zat abrasif seperti silica atau soda yang sanggup membersihkan noda kuning pada mika lampu.

Langkah pertama, cuci mika lampu dengan air kemudian tutupi sekeliling mika dengan selotip kertas. Tuang pasta gigi ke kain lembut yang basah, jangan langsung ke mika. Oleskan kain atau lap ke permukaan mika, gosok perlahan dengan gerakan memutar. Tambahkan pasta gigi jika dirasa masih kurang bersih.

Pasta gigi ini pun bisa diandalkan untuk membersihkan goresan pada mika. Caranya, tekan kuat-kuat goresan dengan lap dan pasta gigi hingga memudar. Jika sudah cukup bersih, lap mika lagi dengan campuran air dan pasta gigi. Bersihkan dengan air dan keringkan dengan kain lembut. Untuk hasil maksimal gunakan pemoles elektrik.

Moladiners, ingat ya, semua cara di atas dilakukan di tempat yang teduh dan terhindar dari cahaya matahari langsung. Selalu gunakan alat pelindung seperti masker dan sarung tangan terutama jika kamu memilih membersihkan mika dengan cara penguapan.

Nah, itu dia cara membersihkan mika lampu motor hingga licin kinclong. Moladiners pakai cara yang mana, nih? Jangan lupa untuk semua kebutuhan berkendara, belinya di Moladin, ya!

Baca Juga :

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *