oleh

7 Cara Merawat Mesin Diesel Euro4, Mudah!

Berikut Moladin akan sampaikan cara merawat mesin diesel Euro4. Secara unutk saat ini, sesuai regulasi dari pemerintah hampir semua kendaraan diesel terbaru yang beredar di Indonesia sudah mulai mengusung standar emisi Euro4.

Seperti pabrikan Toyota Indonesia misalnya, terhitung April 2022, semua mobil baru diesel dari pabrikan berlambang tiga oval ini sudah memenuhi standar emisi EURO4. Ambil contoh Toyota Fortuner dan Innova diesel.

Semakin tinggi standar EURO maka semakin kecil kandungan gas buangnya. Lantas bagaimana cara merawatnya? Kali ini dealer resmi Auto2000 membagikan cara merawat mesin Diesel Euro4, yang ternyata tidaklah sulit.

Apalagi teknologi-teknologi mobil mesin diesel sudah canggih. Seperti sudah menggunakan turbo variabel, common-rail, dan intercooler yang membuatnya berlimpah torsi, dan ramah lingkungan. Nah agar performanya tetap maksimal, kamu harus merawatnya. Seperti ini caranya: 

1. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

cara merawat mesin euro4
Mesin diesel Euro4 harus pakai BBM dengan kadar cetane yang sesuai

Auto2000 dalam keterangan resmi yang dikirim 7 Juni 2022, mengatakan penggunaan bahan bakar yang tidak tepat berdampak negatif pada kendaraan. Karena kandungan sulfur yang tinggi akan membuat sistem distribusi bahan bakar terganggu, performa mesin turun, dan mengurangi usia pakai mesin.

Baca juga  Toyota Luncurkan Alphard dan Vellfire 2021, Apa Istimewanya?

Kadar cetane di solar juga harus sesuai kebutuhan mesin diesel supaya dapat menyalurkan tenaga terbaiknya. Maka dari itu sesuaikan BBM yang dipakai dengan rekomendasi pabrikan atau yang terera di buku manual kendaraan.

“Agar kondisi tetap prima konsumen wajib mengikuti rekomendasi buku manual kendaraan dan servis berkala secara rutin di bengkel Auto2000,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (6/6/2022).

2. Cek Filter Solar

Kinerja filter bahan bakar diesel atau filter solar yang optimal memastikan kotoran tidak akan lolos masuk ke dalam sistem injeksi bahan bakar.

Ada lampu peringatan di panel instrumen mobil yang menyala bila kondisi filter diesel sudah kotor. 

3. Bersihkan Filter Udara

perawatan filter udara mobil
perawatan filter udara mobil bisa dilakukan sendiri

Filter udara bertugas menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Udara yang bersih sanggup membuat performa mesin terjaga dan penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Selain tentunya mereduksi timbulnya kerak di komponen bergerak dan mengurangi risiko sistem injeksi solar tersumbat kotoran.

4. Perhatikan Water Sedimenter

Water sedimenter berfungsi ntuk menangkap kandungan air pada saluran bahan bakar, agar tidak ikut mengalir ke dalam mesin supaya tidak mengganggu kinerja mesin dan mencegah risiko berkarat.

Baca juga  9 Rekomendasi MPV Pintu Geser Bekas Rp 100 Jutaan

Segera kuras water sedimenter ketika lampu indikator water sedimenter di panel instrumen menyala karena air sudah penuh.

5. Panaskan Mesin Sebelum Jalan dan Tunggu Sejenak Sebelum Mematikan

Cara setel klep mobil
Panaskan mesin terlebih dahulu sebelum berkendara

Tidak perlu lama-lama, cukup nyalakan mesin sekitar 1 menit untuk memastikan pelumas sudah bergerak merata guna melumasi seluruh komponen mesin sebelum mobil berjalan.

Biarkan mesin tetap menyala atau idle selama 1 menit sebelum matikan mesin, untuk sejenak mendinginkan komponen mesin yang bekerja pada kondisi ekstrem, terutama turbo.

6. Periksa dan Ganti Oli Mesin

Cek takaran oli mesin lewat dipstick untuk memastikannya tidak berkurang. Ganti oli mesin diesel setiap 6 bulan, sehingga kondisi oli selalu terjaga. Pastikan menggunakan oli mesin diesel TMO agar sesuai spesifikasi mobil Toyota yang beredar di Indonesia.

7. Servis Berkala

Cara Merawat Mesin Diesel Euro4
Ilustrasi servis mobil

Selanjutnya kamu bisa melakukan servis berkala di bengkel resmi atau terpercaya. Nantinya komponen penting mesin diesel akan diperiksa dan diganti ketika ada masalah atau sudah saatnya diganti untuk menjaga performanya.

Demikian ulasan terkait cara merawat mesin Diesel Euro4. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Spesifikasi Innova D’Masiv Yang Kecelakaan di Situbondo

Terbaru