Selasa, Maret 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Cara Merawat Motor Ojek Online, Mudah!

by Deni Ferlindungan
Cara merawat motor ojek online, driver wajib tahu

Cara merawat motor ojek online (Ojol) sejatinya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Mengingat untuk urusan perawatan kendaraan bukanlah perkara yang sulit.

Seperti diketahui hadirnya layanan dari ojek online beberapa tahun belakangan sangat membantu masyarakat dalam menunjang mobilitas sehari-hari. Alih-alih memiliki pendapatan yang lumayan besar, banyak orang yang tertarik dan beralih profesi sebagai ojek online.

Keberadaan ojek online bahkan saat ini sangat dibutuhkan, mulai dari mengantarkan penumpang dan barang, makanan, hingga banyak lagi layanan yang bisa diandalkan. Dalam kondisi normal, keberadaan ojek onine sangat membantu untuk kebutuhan mengantar anak sekolah hingga urusan kantor.

Setiap harinya, driver ojek online tentunya kerap berkutat dengan sepeda motor. Sebagai sumber mengais rezeki, tentunya setiap motor drive ojol wajib dilakukan perawatan secara berkala.

Tujuannya agar setiap perjalanan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan aman. Setiap harinya, ojol bisa menempuh jarak perjalanan yang cukup jauh.

Oleh karena itu, bagi kalian para pengemudi sebaiknya mengetahui cara merawat motor ojek online. Mengingat beban mesin sepeda motor cukup berat setiap harinya.

Daripada bingung mengenai cara merawat motor ojek online. Berikut ini Moladin akan memberikan tips singkat mengenai cara merawat motor untuk ojek online.

5 Tips Jitu Cara Merawat Motor Ojek Online

Cara merawat motor ojek online

Mudah dan harus diketahui, cara merawat motor ojek online

Membahas mengenai cara merawat motor ojek online, sejatinya bukanlah perkara yang sulit. Kamu hanya perlu memperhatikan sejumlah hal simpel yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Setidaknya ada beberapa langkah cara merawat motor ojek online yang perlu kamu ketahui, yang antara lain:

1. Lakukan Penggantian Oli Secara Berkala

Oli bekas punya manfaat untuk kehidupan

lakukan penggantian oli secara berkala, jadi salah satu cara merawat motor ojek online

Faktor penting mengenai cara merawat motor ojek online yang perlu diperhatikan betul adalah oli yang wajib diganti secara berkala. Pasalnya mesin sepeda motor tentunya membutuhkan pelumasan yang baik.

Baca juga  Knalpot Ngebas Halus, Begini Cara Membuatnya

Apalagi jika digunakan untuk perjalanan yang panjang setiap harinya. Tugas utama oli adalah untuk melapisi komponen mesin motor, agar seluruh komponen penggerak dapat berfungsi secara optimal saat mesin dinyalakan.

Pada motor matic, oli pun berfungsi sebagai anti karat. Sehingga motor dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Mengacu pada buku panduan servis pengendara yang didapat ketika membeli motor. Sebaiknya pemilik kendaraan melakukan penggantian oli per 5.000 km atau pada bulan tertentu.

Namun terkadang pada pengemudi ojek online, hal ini kerap diabaikan. Penggunaan sehari-hari menuntut jarak tempuh yang tentunya tidaklah sedikit.

Alhasil, driver ojek onlie haru mengganti oli dengan waktu yang berbeda, dan cenderung lebih cepat dibandingkan motor pada umumnya. Sebaiknya motor harus ganti oli mesin tiap kali motor mencapai 2.000 kilometer jarak tempuh.

Mengapa berbeda? Dengan tujuan agar dapat menjaga performa motor tetap dalam kondisi prima. Serta memperpanjang umur motor agar tidak cepat rusak, karena perjalanan sehari-hari yang cukup jauh.

2. Biasakan Memanaskan Motor Sebelum Digunakan

10-kebiasaan-sepele-bikin-aki-motor-cepat-soak

Sebelum jalan, panaskan motor kurang lebih 1 menit

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya panaskan lebih dulu kendaraan yang akan digunakan. Hal ini menjadi salah satu cara merawat motor ojek online yang perlu diperhatikan.

Pasalnya motor yang digunakan untuk ojek onlie digunakan lebih lama daripada pengendara pada umumnya setiap hari. Untuk itu, persiapan kendaraan sebelum dipakai untuk bekerja perlu mendapatkan perhatian ekstra.

Persiapan simpel yang mungkin perlu kalian lakukan adalah dengan memanaskan motor setiap hari sebelum digunakan. Dengan begitu dapat meminimalkan gesekan yang terjadi pada mesin kendaraan kalian.

Ketika tidak digunakan, mesin motor cenderung dingin. Saat mesin motor dingin dan langsung digunakan, dapat berisiko membuat gesekan berlebih di ruang mesin.

Baca juga  Penyebab Air Radiator Keluar Dari Tangki Cadangan

Gesekan berlebih di mesin disebabkan oleh oli belum bersirkulasi ke seluruh bagian mesin. Sehingga mesin belum terlumasi secara sempurna.

Memanaskan mesin sepeda motor tidak dibutuhkan waktu yang lama, kalian hanya perlu 1 menit saja lalu bisa melanjutkan perjalanan. Pasalnya terlalu lama memanaskan sepeda motor pun tidak baik bagi motor dan berpotensi menyebabkan mesin rentan overheat.

3. Cek Ban Motor Sebelum Bekerja

cek ban motor secara berkala

Cek ban secara berkala, sebagai cara merawat motor ojek online yang ampuh

Penting untuk diingat, cara merawat motor ojek lainnya selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi ban sebelum bekerja. Karena setiap driver mengandalkan layanan antar-jemput sebagai mata pencahariannya.

Ketika perjalanan, tidak hanya mesin motor saja yang menjadi tumpuan. Ban juga menjadi salah satu fokus penting bagi driver ojek online.

Diakui bagi sebagian pengemudi ojol, menjaga ban tetap awet sangatlah sulit dilakukan. Karena mobilitas perjalanan yang begitu tinggi setiap harinya.

Namun hal itu bukanlah perkara yang mustahil dilakukan, jika driver rajin mengecek kondisi ban setiap minggu, atau maksimal seminggu sekali.

Sebagai gambaran penting untuk kalian, ban motor memiliki kapasitas angin yang dibatasi. Bila tekanan udara dalam ban motor kurang, maka ban motor memiliki beban yang lebih berat.

Tekanan berat tersebut dapat menyebabkan ban cepat aus atau botak. Lakukan isi ulang nitrogen pada ban sekurang-kurangnya 5 hari sekali.

Driver juga wajib memeriksa kondisi lubang angina dan kerapatan ban dan pelek. Saat ban menghantam lubang atau permukaan jalan yang tidak rata, dapat berpotensi menyebabkan perubahan bentuk pelek.

Tak hanya itu saja, kerapatan sisi ban dan pelek pun bisa kendor sehingga angina dapat keluar. Walaupun terlihat sepele, kondisi ban harus selalu di cek untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berkendara.

4. Lakukan Pengecekan Rem, Jangan Paksakan Ketika Habis

Penyebab rem cakram seret dan cara mengatasinya

Rem salah satu komponen yang wajib diperhatikan oleh pengendara motor

Komponen sepeda motor yang perlu diperhatikan adalah rem yang tentunya menunjang keselamatan kalian ketika berkendara. Bila rem sudah habis segera lakukan pergantian dengan komponen yang baru.

Baca juga  Batas Tegangan Minimal Aki Motor, Harus Tahu!

Gejala rem habis, biasanya diikuti oleh munculnya bunyi-bunyian mendecit ketika kalian berkendara. Hal ini bisa disebabkan oleh komponen rem yang kotor ataupun sudah habis.

Jika sudah habis, jangan pernah mengabaikan hal ini. Karena berpotensi mengakibatkan kecelakaan ketika kamu bekerja. Mengecek rem secara berkala jadi cara  merawat motor ojek online yang cukup ampuh, lho!

Lakukan pengecekan komponen rem setidaknya satu minggu sekali. Dengan begitu, kalian selalu memastikan kendaraan dalam kondisi yang prima.

5. Kelistrikan Juga Perlu Diperhatikan

Sistem penerangan sepeda motor dilengkapi lampu high beam dan low beam

Mengacu cara merawat motor ojek online, rutinlah mengecek lampu sebelum bekerja

Terakhir yang perlu kalian ketahui dari cara merawat motor ojek online adalah perhatikan komponen kelistrikan di sepeda motor. Pasalnya ketika sistem kelistrikan di motor bermasalah, perjalanan kalian akan terganggu.

Lampu menjadi komponen yang cukup vital menunjang kenyamanan dan keamanan kalian ketika berkendara. Biasanya untuk motor yang setiap hari digunakan, lebih rentan putus mengingat intensitas perjalanan ojol begitu tinggi setiap harinya.

Cek lampu sepeda motor ketika sebelum memulai aktivitas. Jangan sampai kalian membawa motor dengan kondisi lampu yang mati. Lampu ini meliputi lampu utama, lampu rem dan juga sein, Sob!

Jadi itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait cara merawat motor ojek online. Untuk itu, sebelum kalian memulai perjalanan, biasakan untuk memanaskan mesin terlebih dahulu.

Perhatikan juga kondisi oli mesin motor dan ban, yang tak kalah penting untuk mendapatkan perawatan. Sebaiknya jadikan merawat motor sebagai kebiasaan, dengan begitu, kinerja sepeda motor tetap maksimal, tidak cepat rusak sehingga bisa digunakan tanpa ada kendala.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian para pengemudi ojek online!

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika