by

9 Cara Merawat Power Window Mobil Supaya Awet

Cara merawat power window mobil sebenarnya tidak lah susah. Yang sulit adalah melakukan perawatannya secara berkala.

Banyak orang lalai dalam merawat power window mungkin karena dianggap selalu terpantau dan letaknya terjangkau. Padahal sebenarnya power window rentan dari debu yang setiap hari terpapar masuk dari jendela.

Hal inilah yang jadi penyebab kerusakan umum power window. Nah supaya komponen power window awet, setidaknya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat power window mobil, berikut ulasannya.

1. Pakai Power Window Seperlunya

Cara Merawat Power Window Mobil
Pastikan power window tidak ditekan dengan sembarang.

Cara merawat power window mobil yang pertama adalah gunakan seperlunya. Maksudnya tidak dimain-mainkan, naik ketika diturunkan pun tidak perlu sampai mentok ke dasar. Dengan begitu dijamin bisa menambah panjang usia pakai.

“Apalagi power window sering diturunkan sampai bawah, akan semakin banyak debu yang terhisap,” kata Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Selain itu pastikan juga tombol power window tidak dipencet dengan cara sembarang. Misal buka tutup buka tutup dengan cara yang cepat, maka hal tersebut berpotensi membuat kerusakan pada motor bahkan korslet.

2. Rutin Cek di Bengkel Spesialis

Cara Merawat Power Window Mobil
Semakin rutin mengecek power window di bengkel spesialis, maka akan semakin panjang usia pakainya.

Banyak sekali pengendara yang menyepelekan peran bengkel spesialis pintu. Padahal dengan mengecek secara rutin power window di bengkel spesialis bisa mencegah kerusakan lebih parah.

Baca juga  Cara Membuka dan Memasang Aki Mobil yang Benar

Sebaiknya bawa mobil ke bengkel spesialis pintu minimal 6 bulan sekali untuk dilakukan pengecekan. Semakin rutin mengecek power window di bengkel spesialis, maka akan semakin panjang usia pakainya. Inilah cara paling mudah merawat power window mobil.

3. Cek Kondisi Karet Pada Kaca Mobil

cara merawat power window
Ilustrasi karet kaca mobil yang getas

Karet pada kaca mobil yang sudah kotor atau getas akan membuat kinerja dari power windows menjadi bermasalah. Kotoran yang menempel akan membuat karet di bagian kaca mobil menjadi rontok dan akan masuk ke bagian sela-sela mobil, sehingga akan menimbulkan kerak.

Pastikan kamu memperhatikan kondisi karet mobil dan jangan ragu untuk mengganti karetnya jika kondisinya sudah mulai mengeras. Karet kaca mobil yang sudah mengeras akan membuat power windows macet dan motornya akan tertahan. Dampak lainnyaa dalah bikin kaca mobil jadi beret.

4. Rutin Bersihkan Kaca Jendela

cara merawat power window mobil
Jendela mobil harus dibersihkan secara berkala

Cara merawat power window mobil berikutnya adalah dengan rajin membersihkan kaca mobil. Kegiatan ini bisa membuat dinamo power window terhindar dari macet karena kotoran.

Membersihkan kaca mobil bisa dilakukan menggunakan alat pembersih kaca khusus atau menggunakan kanebo yang permukaannya halus.

5. Power Windows Harus Tetap Dipakai

Cara Merawat Power Window Mobil
Gunakan power window secara normal agar usianya panjang

Apabila mobil kamu sering dipakai sendiri dan jarang membawa orang lain, maka kamu harus tetap mengecek kondisi power window bagian belakang. Jangan sampai naik turunnya kaca jendela menjadi macet akibat terlalu lama tidak dipakai.

Baca juga  Cara Mengetahui Pajak Kendaraan Diblokir atau Tidak

Power window merupakan fitur yang menggunakan sistem mekanik, sehingga sangat perlu untuk dipakai supaya kinerjanya tetap normal. Laman resmi Toyota menyebut minimal ada proses buka tutup dalam sehari, agar power windows tidak macet dan karatan di jangka panjang.

6. Tidak Menjemur Mobil

Cara Merawat Power Window Mobil
Gemuk yang terkena panas akan mengeras

Power window rusak bisa disebabkan oleh gemuk yang mengeras. Agar gemuk tidak mengeras, sebaiknya tidak membiarkan mobil terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama.

Ketika gemuk sudah terkena panas maka akan mengeras. Setelah mengeras, lalu power window kita pakasa bekerja maka hal ini bisa menimbulkan power window macet dan gigi-gigi roda beresiko pecah.

Maka dari itu, cara merawat power window sebaiknya mobil tidak di parkir di bawah sinar matahari langsung. Kalau terpaksa, maka berikanlah penutup atau cover mobil untuk mencegah pengerasan pada grease dan kerusakan komponen mobil lainnya. 

Solusi lainnya jangan parkir di tempat tersebut terlalu lama atau sebaiknya parkir ke tempat yang teduh.

7. Mengecek Sistem Kelistrikan

Cara Merawat Power Window Mobil
Memeriksa kondisi kelistrikan power window secara berkala menghindari power window rusak atau macet secara tiba-tiba.

Supaya power window tidak macet, kita juga harus merawat sistem kelistrikan seperti komponen mobil lainnya. Sebaiknya lakukan pengecekan kondisi sistem kelistrikan secara berkala.

Baca juga  Air Masuk Ke Knalpot Mobil Saat Banjir? Cuma Mitos

Memeriksa kondisi kelistrikan power window secara berkala menghindari power window rusak atau macet secara tiba-tiba.

Misal dengan memeriksa kelistrikan dan saklar power window. Bila tegangannya tidak normal namun tegangan aki bagus, kemungkinan saklar power window yang harus diganti.

Kerusakan saklar mungkin terjadi karena adanya korsleting yang berdampak pada terbakarnya saklar power window.

Terbakarnya saklar power window bisa menyebabkan korslet dan sekring putus. Karena fungsi sekering adalah pemutus arus listrik untuk meminimalisir terjadinya korsleting.

Bila sekering tersebut rusak bisa menyebabkan seluruh power window tidak akan berfungsi.

9. Bersihkan Tombol Power Window dari Debu 

Cara Merawat Power Window Mobil
Tobol yang bersih dari debu menghidarkan dari kemacetan dan kerusakan power window.

Tobol-tombol power window juga harus dicek secara berkala setidaknya setiap 6 bulan sekali. Apalagi jika jalanan yang dilalui adalah jalanan yang penuh debu maka harus lebih sering lagi melakukan pengecekan.

Pasalnya debu dikhawatirkan bisa masuk dan merusak pengatur kaca otomatis.

Selalu rawat power window untuk memastikan bahwa alat ini tetap bekerja maksimal. Karena kerusakan pada pengatur kaca otomatis akan memakan lebih banyak biaya perbaikan di masa mendatang.

Demikian ulasan terkait penyebab power window macet. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru