Minggu, April 14, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

6 Cara Poles Bodi Mobil di Rumah, Pasti Kinclong dan Murah!

by Tigor Sihombing
cara Poles Bodi Mobil di Rumah

Cara poles bodi mobil di rumah harus dilakukan dengan benar, agar hasilnya maksimal. Langkah dasarnya adalah dengan menyiapkan peralatan, dan cairan yang tepat sebagai treatment perawatan bodi mobil.

Selanjutnya barulah cara dalam proses poles mobil juga harus dilakukan dengan benar. Hal ini supaya cairan-cairan kimia yang digunakan bisa maksimal membuat tampilan bodi mobil menjadi lebih baik. 

Di samping itu, kelebihan memoles bodi mobil sendiri di rumah juga banyak. Salah satunya bisa menghemat waktu dan biaya. Hal ini karena kita tidak perlu menunggu waktu antrian, dan tidak ada biaya jasa yang harus dikeluarkan dalam proses memoles bodi mobil sendiri.

Pengertian Poles Bodi Mobil

cara poles bodi mobil di rumah

Mobil yang pernah dipoles akan lebih mudah ketika dibersihkan.

Sebelum melangkah lebih jauh, tidak ada salahnya kita mengenal apa itu poles (polish) bodi mobil? Poles bodi adalah salah satu bagian dari perawatan car detailing.

Prosesnya dengan melakukan pengikisan lapisan clear coat pada cat mobil menggunakan cairan bersifat abrasif. Tujuan akhir dari proses poles ini adalah mengikis bagian cat yang kusam atau baret untuk mengembalikannya seperti semula.

Akan tetapi, pemolesan tidak selamanya soal penampilan. Setelah dipoles, mobil memang terlihat lebih fresh dan tampak mengkilap. Namun, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan setelah mobil dipoles.

Diantaranya yaitu memudahkan kamu saat merawatnya. Karena, mobil yang pernah dipoles akan lebih mudah ketika dibersihkan. Artinya debu-debu tidak mudah menempel di bodi. Selain itu, pemolesan juga dapat memperlambat penuaan meskipun terlalu sering terpapar sinar UV.

Akan tetapi, poles mobil tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dapat membuat cat semakin tipis. Oleh karena itu, pemolesan sebaiknya dilakukan setiap 2-3 tahun sekali saja.

Alat Poles Bodi Mobil yang Harus Dipersiapkan

cara poles bodi mobil di rumah

Ilustrasi perlengkapan poles mobil.

Meski dilakukan di rumah, kamu juga bisa memoles mobil dengan hasil maksimal. Asalkan alat-alat yang dibutuhkan tersedia untuk menunjang proses pengerjaan. Adapun alat-alat yang dibutuhkan di antaranya:

  • lap microfiber.
  • mesin poles
  • cairan poles model spray
  • Felt Block Glass Polishing (alat poles kaca)
Baca juga  Rekomendasi Cairan Pembersih Interior Mobil, Awas Salah Beli!

Fungsi lap microfiber untuk memastikan bahwa tidak ada debu-debu dan sisa-sisa air di body mobil yang tertinggal. Lap Microfiber sendiri untuk kualitas yang lumayan baik tersedia mulai dari harga Rp 50 ribuan.

Berikutnya adalah mesin poles. Ini bukanlah benda wajib untuk poles mobil di rumah, tetapi karena harganya kini sudah terjangkau sepertinya mesin poles bisa kamu memiliki untuk memaksimalkan hasil polesan. Yang termurah cocok untuk rumahan dibanderol mulai harga Rp 230 ribuan.

Berikutnya agar cat terlapisi cairan pelindung, kamu harus memiliki cairan poles model spray. Cairan poles untuk ukuran 250 – 500 ml dibanderol dengan harga Rp 25 – 100 ribuan.

“Penghilang goresan jenis spray salah satu cairan yang paling mudah didapat dan digunakan untuk rumahan. Meski berbahan cairan spray mampu menghilangkan goresan yang cukup dalam, namun penggunaanya juga tidak boleh berlebihan karena memiliki sifat abrasif,” tambah Lukman.

Dan yang terakhir adalah Felt Block Glass Polishing seharga Rp 40 ribuan, berguna sebagai alat poles kaca. Felt Block berfungsi untuk menghilangkan jamur, atau bercak air, yang dikerjakan dengan cara digosokan pada permukaan kaca secara manual. Benda ini terbuat dari 100% material Wool yang padat.

Total biaya yang harus keluar untuk poles bodi mobil di rumah sekitar Rp 400-500 ribuan. Itu pun bukan cuma untuk satu kali, tapi bisa dilakukan berulang-ulang. Murah bukan? Kalau di bengkel poles, harga segitu cuma untuk satu kali poles.

Baca juga  7 Penyebab Mobil Susah Hidup dan Cara Mengatasinya

Cara Poles Bodi Mobil Dengan Mesin Vs Tanpa Mesin

cara poles bodi mobil di rumah

Poles bodi dengan kecepatan rendah dahulu, bertahap ke kecepatan tinggi.

Meski dilakukan di rumah, poles mobil bisa dilakukan dengan dua cara: menggunakan alat (Mesin Poles), atau tanpa alat. Cara poles bodi mobil di rumah dengan alat kamu bisa mengandalkan mesin poles.

Caranya pastikan mobil dalam keadaan kering dan tidak ada kotoran yang menempel. Lalu usap cairan poles mobil secara merata ke kain poles mesin. Kamu bisa melakukannya dari panel samping, depan, atau belakang secara bergantian.

“Sebaiknya poles dengan kecepatan rendah dahulu, bertahap ke kecepatan tinggi,” tambah Lukman. 

Pastikan kamu memegang alat poles mobil dengan benar, yakni dengan posisi tegak lurus, jangan sampai miring. Lakukan di setiap sisi bagian mobil hingga selesai.

Hati-hati saat memoles bagian body mobil yang sulit terjangkau, karena jika tidak berhati-hati alat poles bisa membuat baret pada bagian yang lain. Setelah selesai, lakukan waxing. Caranya samma dengan proses pemolesan.

Langkah Poles Bodi Mobil Tanpa Mesin

Cara poles bodi mobil di rumah

Poles bodi mobil di rumah, tidak sulit

Poles mobil juga bisa tanpa alat. Alat yang dimaksud disini adalah tanpa menggunakan mesin poles, yakni hanya dengan menggunakan alat tradisonal seperti lap microfiber. Adapun langkahnya sebagai berikut:

Poles mobil secara tradisional membutuhkan beberapa alat khusus untuk hasil yang optimal. Namun, jika kamu ingin melakukan poles mobil tanpa peralatan khusus, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan dengan bahan-bahan yang relatif mudah didapatkan:

  1. Bahan-Bahan:

    • Cairan pencuci mobil,
    • Air hangat,
    • Lap bersih dan lembut,
    • Kain mikrofiber atau handuk lembut,
    • Wax mobil.
  2. Bersihkan Mobil:

    • Campurkan cairan pencuci mobil dengan air hangat dalam sebuah ember atau wadah.
    • Basahi mobil secara menyeluruh dengan campuran cairan pencuci mobil menggunakan spons atau kain bersih.
  3. Bilas Mobil:

    • Bilas mobil dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan sisa sabun.
  4. Keringkan Mobil:

    • Keringkan mobil dengan lap bersih dan lembut atau kain mikrofiber untuk mencegah noda air.
  5. Wax Mobil:

    • Gunakan wax mobil, kamu bisa menggunakannya untuk memberikan kilau dan melindungi cat mobil.
    • Terapkan wax secara merata dan tipis pada permukaan mobil.
  6. Gosok Bodi Mobil Berulang:
    1. Cara menggosok bodi mobil dengan wax adalah memutar
    2. Gosok bodi mobil secara perlahan tapi berulang-ulang hingga didapat hasil yang maksimal
    3. Kemudian lap dengan kain kering sampai mengilap.
Baca juga  Cakram Mobil Berkarat, Bisa Berbahaya?

Pastikan untuk melakukan proses pembersihan dan poles dengan lembut agar tidak merusak cat mobil. Tetap hati-hati dan perhatikan hasilnya untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika memungkinkan, lebih baik menggunakan peralatan dan produk khusus untuk perawatan mobil.

Rekomendasi Wax Mobil Terbaik untuk Poles Bodi dan Harganya

cara poles bodi mobil pakai wax

Wax terbaik bisa dilihat dari merek populer

Banyak sekali produk wax yang bisa kamu pakai untuk poles bodi mobil dan harganya terjangkau. Pilihlah yang sesuai kebutuhan dan bujet, tidak perlu yang mahal. Terpenting adalah poles mobil secara berkala, tidak mungkin satu kali wax langsung berih.

Ini adalah daftar rekomendasi wax mobil terbaik:

  • Turtle Wax Metallic Car Wax 296 ml Rp 55 ribuan
  • Kit Grand Prix Cleaner Wax 275 ml Rp 53 ribuan
  • 3M Premium Wax 350 ml Rp 69 ribuan
  • Maguiars Hybrid Ceramic Wax 110 ml Spray Rp 34 ribuan
  • Care & Detail (Wash & Protection) 500 ml Rp 50 ribuan
  • Nanotech Wax Polish 100 gram Rp 64 ribuan

Demikian ulasan terkait cara poles bodi mobil di rumah. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika