by

Cek Perbedaan Toyota Raize 1.0 Turbo Vs 1.2, Beli yang Mana?

Ternyata perbedaan Toyota Raize 1.0 Turbo Vs 1.2, tidak hanya di sektor mesin. Kedua mobil ini juga memiliki beberapa pembeda, baik dari sisi eksterior, interior, fitur, hingga harga.

Lalu dari keduanya, mana mobil yang lebih pas untuk dibeli? Tentu jawabannya kembali lagi pada kebutuhan masing-masing. 

Buat yang menginginkan fitur-fitur lebih canggih, serta tampilan mentereng, bisa pilih mobil Toyota Raize 1.0 Turbo. Sementara untuk kamu dengan bujet terbatas, bisa beli Raize 1.2.

Mesin Raize 1.0 Turbo Lebih Bertenaga Dibanding 1.2

perbedaan toyota raize 1.0 turbo vs 1.2 - performa mesin
Mesin turbo Raize 1.0 lebih bertenaga dibanding varian 1.2

Perbedaan Toyota Raize 1.0 Turbo Vs 1.2 adalah performa mesin. Walau punya kubikasi lebih kecil, tapi varian 1.0 Turbo punya kompetensi lebih baik.

Mesin 1.000 cc berkonfigurasi tiga silinder miliknya dilengkapi teknologi turbo. Alhasil mampu mengeluarkan torsi puncak 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm dan tenaga maksimal 98 PS pada 6.000 rpm. 

Bandingkan dengan mobil Raize 1.2 yang pakai mesin 1.200 cc. Jantung mekanis tersebut cuma mampu melontarkan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 88 PS pada 6.000 rpm.

Sementara untuk pilihan transmisi, baik Raize 1.0 Turbo dan 1.2 sama-sama punya dua opsi: CVT dan 5-percepatan manual.

Baca juga  Panduan Modifikasi Calya, Biar Tidak Mirip Taksi Online

Fitur Toyota Raize 1.0 Turbo Vs 1.2

perbedaan toyota raize 1.0 turbo vs 1.2 - interior head unit
Head unit Raize 1.2 liter pakai ukuran lebih kecil, cuma 8 inci

Perlu kamu ketahui, bahwa kedua varian Toyota Raize dibangun dari platform sama. Baik varian 1.0 Turbo dan 1.2 sama-sama mengadopsi TNGA atau Toyota New Generation Architecture. Rangka tersebut diklaim ringan, serta sangat menyenangkan untuk diajak berkendara.

Kemudian banyak pula fitur yang serupa di kedua mobil ini.  Ambil contoh  panel instrumen TFT 7 inci, AC digital, lampu LED, start & stop engine hingga head unit layar sentuh.

Walau banyak kemiripan, namun bila ditilik secara detail cukuplah banyak perbedaan Toyota Raize 1.0 Turbo Vs 1.2. Sebut saja ukuran head unit layar sentuh di varian 1.2 lebih kecil yaitu cuma 8 inci. Sementara di varian 1.0 turbo pakai 9 inci.

Lalu Raize 1.2 tidak memiliki Toyota Safety Sense (TSS). Teknologi keselamatan mutakhir tersebut cuma ada di Raize 1.0 Turbo GR Sport. Dengan TSS, berkendara jadi lebih selamat karena terintegrasi berbagai fitur modern. Sebut saja adaptive cruise control, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, pre collision system, depature assist dengan steering control, hingga pedal missoperation control.

Fitur-fitur tersebut biasanya hadir di mobil dengan banderol di atas Rp 350 jutaan ke atas, seperti Wuling Almaz RS, Honda CR-V Turbo, hingga Mitsubishi Pajero Sport. Hanya saja di Raize 1.0 Turbo GR Sport yang banderolnya di bawah Rp 300 juta, konsumen sudah bisa memilikinya.

Baca juga  Bocor Sosok MG HS i-Smart, Secanggih Wuling Almaz RS?

Lalu fitur Raize 1.0 Turbo GR Sport juga tidak hanya itu. Ada tambahan paddle shift yang berguna meningkatkan aura sport di transmisi CVT. Alhasil pengendara dapat melakukan simulasi ganti gigi secara manual lewat tuas di lingkar kemudi. Ada pula fitur Auto AC yang  mampu membuat kabin sejuk hanya dengan satu tombol.

Eksterior Toyota Raize 1.2 Lebih Sederhana

perbedaan toyota raize 1.0 turbo vs 1.2 - eksterior
Tampilan Toyota Raize 1.200 cc, ciri khasnya pakai pelek silver

Perbedaan Toyota Raize 1.0 Turbo Vs 1.2, dapat terlihat dengan mudah lewat eksteriornya. Khusus varian 1.2 pakai pelek warna silver dengan ukuran ban 205/65-16 inci.

Tidak hanya itu, warna bodinya juga polos atau monotone. Bandingkan dengan Toyota Raize 1.0 Turbo yang memiliki opsi bodi berkelir two tone. Peleknya juga dicat two tone dengan ukuran ban lebih besar yaitu 205/60-17 inci.

Lebih istimewa lagi, Raize 1.0 Turbo tersedia dalam varian GR Sport. Varian tertinggi tersebut dilengkapi aero kit yang hadir di sekujur bodi mobil. Tambahan lainnya berupa lampu daytime running light (DRL) horizontal di atas lampu kabut. Serta pelek warna hitam.

Baca juga  Honda Luncurkan BR-V Terbaru 2021, Sudah Bisa Dipesan!

Harga Toyota Raize 1.2 Vs 1.0 Turbo

perbedaan toyota raize 1.0 turbo vs 1.2 - eksterior
Sosok Toyota Raize 1.0 Turbo varian G

Perbedaan Toyota Raize 1.0 Turbo Vs 1.2 yang terakhir adalah harga. Dengan performa mesin lebih lemah, fitur lebih sedikit, dan tampilan sederhana, wajar ketika varian 1.2 dijual lebih murah.

Banderol Raize sesungguhnya sampai sekarang belum final, karena pemerintah masih menggantung soal diskon PPnBM. Kabarnya bakal diperpanjang untuk potongan PPnBM 100 persen hingga Agustu 2021, namun peraturannya belum juga dibuat. Maka sampai sekarang, Toyota masih menganut harga dengan PPnBM 50 persen.

Untuk harga Raize 1.2 Rp 210,5 juta untuk varian G MT dan Rp 224,1 juta khusus varian G CVT. Harga tersebut tentu menarik jika kamu memiliki bujet yang terbatas.

Pasalnya harga Raize 1.0 Turbo jauh lebih tinggi. Untuk varian 1.0 Turbo G MT mulai Rp 228,4 juta. Sementara yang termahal 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS Two Tone Rp 276,1 juta.

Setelah mengetahui perbedaan Toyota Raize 1.0 Turbo Vs 1.2 secara lengkap, kamu lebih tertarik dengan yang mana? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru