Cek Sasis Motor Buat Orang Awam, Nih 3 Cara Simpelnya

Moladin – Kalau belum yakin atau masih penasaran motor sampeyan tidak bermasalah dengan sasis. Ada sih beberapa cara sederhana mengeceknya sebelum tunggangan dibawa ke bengkel pres.

Hal ini terjadi bisa karena beragam faktor, mengingat kondisi sasis yang abnormal dipastikan tak begitu saja terjadi. Salahs satu penyebabnya antara lain karena terlalu sering melibas jalanan berlubang atau bisa karena jatuh.

Tapi Moladiners tidak perlu khawatir, karena buat orang awam caranya mudah kok untuk mengetahuinya. Berikut langkah-langkah sederhana mengecek kelurusan sasis buat orang awam.

 

Mengukur Kelurusan Pakai Benang

Cek Kondisi BanCek kelurusan roda depan dan belakang paling mudah deteksi sasis miring | Foto: Contributor Moladin

Melacak sasis bengkok mengandalkan kelurusan benang di roda depan dan belakang, meskipun cara ini terlihat sederhana tetapi sudah lazim dilakukan kebayakan orang.

 

Yamaha Vega Force

*DP mulai dari

 

Adapun maksud dari trik ini, yaitu untuk memastikan center tidaknya sasis utama lewat kelurusan benang mulai dari tapak ban paling depan sampai tapak ban paling belakang. Jika salah satu bagian tapak renggang, itu artinya ada komponen yang mesti di pres.

 

Lepas Stang Ketika Berkendara

Stang MotorStang ngebuang salah satu ciri sasis miring | Foto: Contributor Moladin

Cara paling sederhana mengetahui apakah sasis motor mulai melengkung, adalah dengan mengendarai motor lalu sesaat melepas stang. Cuma trik ini hanya boleh dilakukan buat biker yang sudah terbiasa. Deteksinya mudah.

“Jika motor maunya belok ke kanan atau ke kiri dapat dipastikan ada komponen di seputar roda minta cek fisik. Begitu juga segitiganya untuk memastikan kelurusan as komstir dengan pipa teleskopik,” tukas Yus dari rumah modifikasi Inshan Motor Bekasi, Jawa Barat.

 

Lihat Dari Sambungan Antar Cover Bodi

Lihat Sambungan Aantar CoverOrang awam bisa cek dari sambungan cover bodi | Foto: Contributor Moladin

Sementara buat pemilik motor bebek yang punya feeling tajam juga bisa adalkan trik ini. Salah satunya dengan melihat kelurusan sambungan cover bodi.

 

Suzuki Smash FI New

*DP mulai dari

 

“Jika sambungan tidak mau lurus atau sulit disatukan saat akan diikat baut, dapat dipastikan kalau ada sasis yang minta diperkaiki. Sehingga dengan lurusnya sasis dipastikan cover bodi bisa kembali lurus,” timpal Marulloh alias Ulo pemilik bengkel Press JBB Putra Jaya Motor di jalan Khafi I, Ciganjur, Jakarta Selatan.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *