Komparasi Motor Trail, CRF 150 dan KLX 150 Unggul Mana?

Moladin – Pabrikan motor Jepang memang tidak ada matinya dalam tawarkan varian moto, selain motor sport, matic juga bebek, kini hadir varian motor trail yang kerap digunakan untuk kegiatan offroad dan menerjang medan yang sangat tidak stabil serta rawan sekali membuat motor terjatuh.

Dua pabrikan besar yang kerap adu produk di pasaran adalah Honda dan Kawasaki. Kedua pabrikan ini menelorkan dua produk yang memiliki kemiripan dan saling berhadapan di pasaran. Pertama Honda mengeluarkan CRF 150 L dan Kawasaki mengeluarkan KLX 150.

Nah, dari dua motor trail ini kira-kira mana yang terbaik di jenisnya? Apakah Honda atau Kawasaki? Simak beberapa perbandingan atau komparasinya di bawah ini sebelum menyimpulkannya.

 

Performa Mesin Motor Trail

Mesin 150cc Honda CRFHonda CRF 150L mesin berkapasitas 150cc 

Honda CRF 150L menggunakan mesin berkapasitas 150cc FI, 2 valves, dan berpendingin udara. Dengan sistem ini, performa mesin bisa berjalan dengan sangat baik dan juga andal untuk petualangan off road dan menerjang medan yang sangat berbahaya.

Kawasaki KLX 150 lebih memilih menggunakan mesin yang sederhana dan tidak memiliki banyak komponen kelistrikan. Meski demikian, kemampuanya cukup tangguh, apalagi harus menerjang jalanan desa yang kadang tidak stabil dan saat hujan banyak genangan serta penuh lumpur.

 

Kawasaki KLX 150

*Angsuran mulai dari

 

Handling dan Posisi saat Berkendara

Honda CRF 150 memiliki handling yang cukup baik apalagi di jalanan yang agak mulus. Penggunaan di kota juga cukup baik meski tidak sesuai medannya. Untuk posisi berkendara, motor ini akan cukup sulit digunakan kalau Anda memiliki tinggi badan kurang dari 170cm.

Secara umum handling dari Kawasaki KLX 150 sangat sempurna untuk jalanan pedesaan yang belum aspal atau jalanan yang masih rusak. Di jalan raya biasa bisa digunakan meski tidak akan nyaman. Selanjutnya posisi berkendara cukup sulit untuk mereka yang memiliki tinggi badan kurang dari 170cm.

Dua motor ini memiliki kelebihan dan kekurangan pada handling dan posisi. Bisa dikatakan keduanya memiliki karakter yang sama meski di beberapa hal ada salah satu yang lebih unggul, misal untuk penggunaan bahan bakar minyak per satu kilometernya..

 

Konsumsi BBM Motor Trail

Kawasaki KLX 150Honda Kawasaki KLX 150 konsumsi bahan bakar sekitar 31-35km

Disematkannya sistem pengabutan bahan bakar injeksi di Honda CRF 150 membuat kendaraan jadi berjalan dengan maksimal. Bahan bakar yang dipakai juga menjadi lebih irit meski banyak digunakan pada medan yang cukup terjal atau offroad. Satu liter bahan bakar bisa digunakan untuk menempuh perjalanan sekitar 40km.

Dengan kapasitas tangki bahan bakar hanya 6,9 liter saja, Kawasaki KLX 150 terbilang boros dibandingkan kompetitornya. Satu liter bahan bakar hanya mampu digunakan untuk menempuh jarak sekitar 31-35km. Satu tangki penuh hanya mampu digunakan untuk jarak 200km.

 

Fitur Unggulan

Ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh Kawasaki KLX 150. Fitur unggulan itu terdiri dari velg menggunakan model jari-jari dan warnanya chrome, velg berukuran 21″ depan dan 18″ belakang. Ada tambahan menambahkan Hand Guard, dan Engine Guard.

Selanjutnya untuk Honda CRF 150 L, fitur unggulan yang ditawarkan terdiri ukuran ban dan velg yang besar dan ban dual purpose yang bisa diandalkan dan siap untuk diajak berpetualang di berbagai kondisi jalan apa pun. Terakhir, tampilan speedometer yang lebih compact dan akurat membuat informasi berkendara lebih mudah terbaca.

 

Harga Motor Trail

Honda CRF 150Honda CRF 150 dipasarkan sekitar Rp 33 juta

Harga kedua motor ini baik Honda CRF 150 dan Kawasaki KLX 150 hampir sama. Kawasaki KLX 150 memiliki harga sekitar Rp 31 juta untuk harga tunai. Sementara itu untuk harga Honda CRF 150 sekitar Rp 33 juta untuk harga tunai. Dengan harga yang tidak terlalu jauh selisihnya, kedua motor ini memiliki daya saing yang besar.

Anda bisa membeli secara tunai salah satu motor ini untuk dipakai untuk berkendara di medan yang cukup terjal dan tidak rata. Umumnya, pengguna motor ini adalah mereka yang tinggal di kawasan pegunungan dengan kontur jalan yang berbukit-bukit.

Kalau Anda ingin melakukan kredit, coba gunakan aplikasi atau website. Dengan melakukan kredit di sana, Anda akan tahu seperti apa simulasi kredit dengan DP tertentu dan panjang cicilan yang diambil.

 

Honda CRF 150L

*Angsuran mulai dari

 

Inilah beberapa ulasan tentang Honda CRF 150 L dan Kawasaki KLX 150. Dari beberapa ulasan di atas, Anda bisa menyimpulkan sendiri kalau dua motor ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi akan agak sulit untuk membandingkan performa seluruhnya.

Kalau Anda ingin membeli salah satunya, pertimbangkan masalah harga, performa di jalanan, dan tentu saja fungsi. Setiap orang biasanya memiliki sentimen sendiri terhadap produk tertentu apakah lebih condong Kawasaki atau Honda. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda sebelum membeli motor trail.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *