by

Cuci Jok Mobil Sendiri di Rumah? Ini Caranya

Cuci Jok Mobil – Menjaga kebersihan jok di dalam kabin, tentunya menjadi kewajiban semua pemilik mobil. Dengan kabin yang bersih tentunya dapat meningkatkan kenyamanan ketika berkendara.

Pasalnya, interior mobil sangat rentan terhadap noda maupun kotoran, terlebih pada bagian jok. Sering kita temui kotoran debu ataupun bekas makanan yang menempel di bagian jok. Pemandangan ini tentunya tak enak untuk dilihat.

Pun begitu kamu tak perlu khawatir, karena ada cara mudah dan murah yang mungkin bisa kamu lakukan untuk membuat jok mobil terlihat bersih setiap saat. Salah satunya mungkin dengan cara cuci jok mobil, yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Cara membersihkan jok ini tentu saja juga disesuaikan dengan material dari jok mobil yang tersedia di mobil kamu. Karena setiap bahan butuh perawatan yang berbeda.

Berikut ini Moladin bakal mengulas secara rinci cara cuci jok mobil yang mudah. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini:

1. Cara Cuci Jok Mobil Berbahan Kain

Cuci jok mobil berbahan kain
Mencuci jok mobil berbahan kain

Setiap mobil yang dipasarkan saat ini memiliki bahan jok yang cukup beragam. Salah satu yang cukup banyak digunakan adalah jok berbahan kain. Cara mencuci jok berbahan kain tergolong lebih sulit ketimbang jok yang sudah dibalut kulit.

Namun sejatinya yang dimaksud mencuci di sini, bukan dibasahkan pakai air secara keseluruhan. Kamu cuma membasahkan sedikit bagian yang kotor.

Menariknya, kamu masih bisa melakukan kegiatan ini sendiri di rumah, tanpa perlu ke salon mobil. Pengerjaan cuci jok mobil berbahan kain bisa dilakukan di rumah. Mungkin tips berikut ini bisa kamu coba:

Perlengkapan yang harus disiapkan

vacum cleaner cuci mobil
Vacum cleaner menjadi salah satu perangkat wajib untuk membersihkan interior mobil

Sudah menjadi hal yang sangat lumrah, membawa makanan dan minuman ketika berkendara, terlebih ketika perjalanan jauh. Dampaknya jok mobil jadi sangat rentan terhadap noda dari makanan maupun minuman yang kamu bawa.

Baca juga  3 Penyebab Atap Mobil Bocor dan Akibat Buruknya

Untuk membersihkan noda atau kotoran di jok mobil berbahan kain, kamu harus persiapkan sejumlah perlengkapan:

  • vacum cleaner,
  • cairan pembersih,
  • Sikat gigi bayi

Khusus untuk sikat, sebaiknya kamu menggunakan sikat gigi bayi. Karena memiliki permukaan sikat yang lembut dan tidak merusak struktur jok.

Langkah pertama mungkin kamu bisa membersihkan jok mobil dengan vacum cleaner. Langkah ini dilakukan agar debu-debu dan partikel-partikel kotoran lainnya dapat terangkat terlebih dahulu.

Diharapkan saat dicuci, debu dan kotoran tersebut tidak semakin menempel. Terlebih ketika jok mobil di cuci menggunakan cairan pembersih.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus ataupun deterjen. Cairan pembersih bisa dibeli di toko-toko online, baik dalam bentuk liquid atau foam.

Jika tidak ada cairan pembersih khusus, kamu bisa mencampurkan deterjen dengan air untuk membersihkannya. Mulailah mengoleskan atau menyemprot cairan ke jok mobil yang kotor.

Setelah itu, gosok dengan sikat usahakan menggosoknya secara searah dan perlahan, sehingga struktur kain jok mobilnya tidak akan rusak. Proses cuci jok mobil ini bisa dilakukan secara berulang.

Proses menghilangkan kotoran dari jok berbahan kain memang tidak mudah. Untuk itu, kamu harus melakukannya berkali-kali. Rutin dibersihkan bakal lebih baik. Dengan begitu, kotorannya bisa hilang secara total.

Ingat, jangan pernah menyiramkan air dengan kuantitas banyak ke jok. Pakai air sedikit saja. Pasalnya kalau nanti jok basah total, bakal sulit lagi untuk mengeringkannya.

2. Membersihkan Jok Berbahan Kulit

Membersihkan jok berbahan kulit
Dalam membersihkan jok berbahan kulit, ada sejumlah langkah yang perlu diperhatikan

Jok mobil berbahan kulit kini semakin banyak ditemui di mobil-mobil modern. Tujuan dari penggunaan jok kulit biasanya untuk menunjang tampilan interior jadi semakin terasa mewah.

Nah.. yang perlu kamu ketahui, cara membersihkan jok mobil mobil berbahan kulit ternyata tak sesulit seperti yang mungkin kamu bayangkan. Langkah-langkah yang harus dilakukan pun mirip-mirip dengan cuci jok mobil berbahan kain.

Baca juga  11 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusinya

Pertama yang kamu perlu lakukan adalah bersihkan jok menggunakan vacuum cleaner. Setelah itu, bersihkan jok dengan sabun deterjen cair. Pakailah kain bersih & lembut untuk mengusap setiap bagian jok.

Jika kamu yakin sudah bersih, selanjutnya bilas jok untuk menghilangkan residu detergennya. Terakhir, usapkan kondisioner pada jok mobil agar bahannya senantiasa terawat dan tidak cepat rusak.

3. Cuci Jok Mobil Berbahan Tenun

Membersihkan jok berbahan tenun
Membersihkan jok berbahan tenun

Ketika kamu ingin membersihkan jok mobil berbahan tenun. Caranya mudah dan bahan-bahan yang digunakan pun mungkin mudah kamu temui. Ketimbang kamu harus ke salon mobil, dan akhirnya merogoh kocek yang lumayan besar.

Cara membersihkannya mungkin kamu bisa lakukan dengan campurkan air dengan cairan pencuci piring ke dalam ember. Kemudian, masukkan ke dalam botol penyemprot bekas yang sudah tidak terpakai.

Dilanjutkan, kamu semprotkan cairan tersebut ke jok mobil dengan radius 15-20 cm dari jok, dan gosok permukaan jok menggunakan sikat berbulu halus. Setelah itu bilas bagian jok yang terkena noda dengan lap bersih yang sebelumnya kamu sudah rendam air hangat.

Agar mendapatkan hasil maksimal, lakukan pembilasan ini sesering mungkin. Untuk mengeringkan jok, kamu bisa menggunakan kain berserat.

Tips Merawat Jok Mobil Agar Tidak Cepat Kotor

Bersihkan jok
Cek kebersihan interior mobil

Setelah kamu membersihkan seluruh bagian jok, tentunya kamu memiliki keinginan untuk tetap menjaga kebersihannya. Ternyata caranya pun mudah, dan mungkin saja kamu bisa aplikasikan di mobil yang kamu miliki.

Mungkin bisa menggunakan penutup jok sebagai pelindung, yang kini mulai banyak digunakan pemilik mobil. Penutup jok atau kursi mobil kini ditawarkan dengan beragam warna pilihan, yang mungkin kamu bisa sesuaikan dengan keinginan.

Umumnya, satu paket penutup jok depan dan belakang, dipasarkan dengan harga Rp420 ribu hingga Rp600 ribuan.

Selain itu kamu bisa menggunakan pelapis anti noda, untuk dapat menyulitkan kotoran seperti noda dan ternyata mampu memperpanjang usia pakai jok. Pelapis anti noda yang biasa digunakan seperti Scotchgard Fabric dan Upholstery Protector.

Baca juga  Cara Membedakan Pelumas Shell Asli atau Palsu

Oh iya, sebelum menggunakannya jangan lupa untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar dan sesuai dengan yang disarankan di kemasan yang tersedia di produk.

Segera Bersihkan Tumpahan Makanan dan Sampah di Jok

Cuci jok Mobil bisa dilakukan di mana saja
Segera bersihkan tumpahan makanan ataupun minuman

Salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kebersihan jok adalah jangan pernah membiarkan kotoran lama mengendap di jok mobil. Karena jika tidak segera dibersihkan kotoran bisa membekas dan meresap ke dalam jok, alhasil jadi sulit dibersihkan.

Dampak lainnya, mungkin saja kotoran yang sudah mengendap di jok mobil kamu jadi menimbulkan bau yang tidak sedap.

Batasi Makan dan Minum di Dalam Mobil

Mencuci interior mobil

Langkah lain dalam menjaga kebersihan interior mobil, bisa dengan tidak makan dan minum di mobil. Hal ini tentu saja dapat mengurangi potensi terkena noda ataupun kotoran pada jok. Selain itu, tidak makan dan minum di mobil pun mampu mencegah kecelakaan ketika berkendara.

Rajin-Rajin Menggunakan Penghisap Debu

Vacuum cleaner

Disarankan untuk sering menggunakan penghisap debu, agar kotoran dan debu di dalam tidak meresap ke jok yang akhirnya sulit dibersihkan. Buat jadwal untuk menghisap kotoran di mobil setidaknya sebulan sekali, atau lebih sering jika kondisi mobil cepat kotor.

Poin terakhir yang perlu kamu ingat, selalu bersihkan sampah dan benda lainnya di dalam mobil. Setidaknya dengan begitu dapat mengurangi potensi penumpukan sampah sehingga tidak membuat jok mobil cepat kotor.

Tak lupa, singkirkan juga benda-benda yang bersifat cepat meleleh, terlebih ketika cuaca panas di luar mobil.

Baca juga:

Terbaru