Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Daftar Harga Daihatsu Ayla Bekas, Mulai Rp 60 Jutaan

by Tigor Sihombing
harga Daihatsu Ayla Bekas

Harga Daihatsu Ayla bekas saat ini sudah lumayan terjangkau. Bahkan kalau di balai lelang, ada pula yang banderolnya dimulai dari Rp 30 juta. Tentu harga murah tersebut, bisa jadi solusi untuk kamu yang sedang mencari mobil seken dengan budget terbatas.

Seperti kita ketahui, Daihatsu Ayla sendiri sudah ada 8 tahun di Indonesia. Mobil LCGC ini dirilis pertama kali pada tahun 2013 dan bertahan hingga kini. Model barunya saja, banderolnya cukup murah bahkan digadang-gadang sebagai mobil termurah di Tanah Air. Oleh karenanya, versi bekas dari Daihatsu Ayla tentu juga menarik dari sisi harga.

Selain itu, supaya kamu mendapat unit yang lebih bagus, sebaiknya tidak mengambil Daihatsu Ayla yang kilometernya sudah tinggi. Pasalnya kalau kilometer tinggi, umumnya digunakan untuk taksi online. Nah, mobil yang dipakai sebagai taksi online, banyak yang tidak dirawat secara baik. 

Sebagai gambaran, Ayla di tahun 2020 umumnya memilki kilometer di bawah 100 ribu kilometer. Untuk penggunaan normal 60 km/hari. Jadi kalau lebih dari itu, sebaiknya tidak dipilih. Apalagi kalau dari sisi perawatannya tidak jelas. Kecuali memang Ayla bekas kilometer tinggi tersebut punya perawatan yang baik. Maka tidak masalah dipunya.

Nah, tertarik punya mobil Ayla bekas? Berikut daftar harga Daihatsu Ayla bekas dari tahun ke tahun:

Paling Murah, Daihatsu Ayla Keluaran Pertama 2013 – 2016 (Rp 50 Juta – Rp 75 Jutaan)

harga daihatsu ayla bekas

Daihatsu Ayla bekas lansiran 2013-2016 cocok untuk kamu yang punya budget Rp 80 jutaan ke bawah

Untuk kamu yang sedang mengincar mobil LCGC Daihatsu Ayla, harus tahu kalau di tahun-tahun awal kemunculannya mobil ini hanya dibekali mesin tiga silinder berkubikasi 1.000 cc dengan kode 1KER-DE. Jadi tidak ada versi 1.200 cc.

Harga baru Daihatsu Ayla 1.0 waktu itu dibanderol mulai Rp 76,65 juta untuk tipe D standard. Untuk Ayla tipe D ini benar-benar diberikan sebuah mobil standar tanpa AC, power steering dan power window sebagai perlengkapan standar.

Untuk saat ini, harga mobil Ayla bekas varian D lansiran tahun 2013-2016 mulai dari Rp 60 – 70 jutaan. Sedangkan type satu tingkat di atasnya, yakni Daihatsu Ayla tipe D+ (plus) dengan tambahan AC dan power steering. Harga bekasnya dibandrol mulai Rp 60 – 65 jutaan tergantung kondisi untuk tahun 2013-2016.

Sedangkan untuk Daihatsu Ayla tipe M Automatic, yang merupakan kelas menengah lansiran tahun 2013-2016 dibanderol kisaran Rp 70- 75 jutaan. Pada Daihatsu Ayla type tertingginya, misal X AT harga bekasnya untuk tahun 2013 – 2016 dibandrol mulai harga Rp 75-80 jutaan.

Baca juga  Kupas Tuntas Nissan Evalia Bekas, Masih Layak Dibeli?

Untuk kamu yang memiliki budget untuk mobil bekas di kisaran Rp 80 jutaan ke bawah. Daihatu Ayla 2013-2016 harus banget kamu pertimbangkan. Hanya saja dari sisi spesifikasinya tidka bisa meminta lebih, standar banget.

“Untuk Ayla generasi awal-awal ini memang harganya terbilang murah. Tapi itu sebanding dengan kondisinya yang sangat standar,” kata Ahmad Sodikin pedagang mobil bekas di bilangan Klender Jakarta Timur.

Kemudian, kalau kamu mencari harga Daihatsu Ayla bekas 2013-2016 yang lebih murah. Bisa cari di balai lelang. Disana, harga Ayla bekas 30 jutaan masih bisa ditemui, namun kondisinya juga tentunya tidak optimal.

Harga Daihatsu Ayla Facelift 2017 – 2019 (Rp 80 Juta – Rp 100 Juta)

harga daihatsu Ayla bekas

Daihatsu Ayla facelift jadi pilihan menarik. Lantaran pada model ini sudah ada pilihan mesin 1.2L.

Harga Daihatsu Ayla bekas berikutnya adalah untuk keluaran facelift 2017. Di era ini tampang Daihatsu Ayla lebih modern. Pun dengan fitur-fitur yang dimilikinya semakin canggih.

Namun harga bekasnya tentu saja lebih mahal dibanding model sebelumnya. “Kalau untuk model ini kelebihannya sudah ada pilihan mesin  1.2L, desainnya juga sudah modern,” tambah Sodikin. 

Memang jika dilihat pada eksterior tampang Daihatsu Ayla facelift ini terlihat lebih stylish, dan sudah mengusung projector headlamp lengkap dengan LED daytime running light (DRL).

Interior juga dibuat lebih menarik dengan nuansa sporty. Perangkat hiburan juga sudah mendapat pembaruan dengan Audio 2 DIN layar sentuh dengan tombol audio pada gagang kemudinya. Bahkan Daihatsu juga melengkapi dengan fitur Immobilizer sebagai sarana keamanan.

Tak hanya sekadar tampilan dan fitur yang dihadirkan dalam kemasan baru, pada generasi kedua tersebut untuk pertama kalinya Daihatsu juga menyuguhkan Ayla dengan pilihan mesin yang lebih bertenaga, yakni 1.200 cc Dual VVT-i.

Mesin berkode 3NR-VE tersebut dipasang dengan perangkat stabilizer, baik di sektor belakang dan depan yang berguna untuk memberikan kestabilan saat mobil dikendarai bahkan dalam kecepatan tinggi.

Untuk harga mobil Ayla second seperti yang kami rangkum dari laman-laman mobil bekas, harga Ayla bekas lansiran tahun 2017 – 2019 mulai Rp 90 hingga Rp 100 juta untuk mesin 1.2 L.

Sedangkan untuk pilihan mesin 1.0 L, banderolnya mulai dari Rp 80 jutaan. Lebi murah, karena kubikasinya lebih kecil dan kurang bertenaga.

Baca juga  Review Suzuki Ertiga Generasi Pertama, Masih Layak Dibeli?

Harga Daihatsu Ayla Facelift 2020 (Rp 110 Jutaan)

harga bekas daihatsu ayla 2020

Supaya kamu mendapat unit yang lebih bagus, sebaiknya tidak mengambil Daihatsu Ayla bekas yang kilometernya sudah tinggi.

Untuk kamu yang mendambakan mobil seken yang masih muda, Daihatsu Ayla facelift terakhir ini bisa jadi solusi. Keuntungan dalam membeli unit Ayla yang masih muda adalah kondisi mesin yang terbilang lebih baik.

Lantaran umumnya mesin Ayla keluaran 2020 masih dicover garansi Astra Daihatsu Motor. Selain itu, untuk mobil yang berusia 2 tahunan kilometer terbilang masih rendah.

Begitu pun dengan interior, yang rata-rata mobil masih berumur 1-2 tahun kondisinya masih bersih, dan karet-karet yang masih kencang.

Untuk kelebihan Daihatsu Ayla 2020 ini adalah diklaim lebih ramah lingkungan, tingkrongan bodynya juga makin sporty.

Misal pada eksterior,  sudah mengusung desain grille besar di bagian depan dan bumper depan. Untuk desain grille, Ayla memadukan grille berwarna black piano dengan aksen krom.

Selain itu, ubahan lain pada model ini adalah pada desain spion, kombinasi lampu belakang baru, velg 14 inci dengan desain seperti Sigra, Decal Deluxe pada bawah pilar A dekat kaca spion, dan Talang Air.

Pada model khususnya varian tertinggi, pengaturan AC sudah dilakukan secara digital. Begitu juga dengan head unit layar sentuh double din. Mobil ini juga tampil makin dimanis dengan penggunaan retractable mirror dan sensor kamera parkir mundur.

Sedangkan di sektor mesin Daihatsu tidak melakukan ubahan dan masih menawarkan 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin 1.0 liter dan 1.2 liter. Meski begitu ada pembaruan pada fitur. Yaitu sistem pengereman ABS dan EBD, untuk melengkapi fitur keselamatan lainnya yang sebelumnya sudah ada, yaitu Dual SRS Airbag. 

Terkait Daihatsu Ayla tahun 2020 ini lumayan mengejutkan, lantaran unit bekasnya ternyata sudah banyak di pasaran dengan harga bervariasi. Misal harga Daihatsu Ayla bekas lansiran 2020, konfigurasi mesin 1.0 L, mulai Rp 100 jutaan. Sedangkan untuk mesin 1.2 L dibandrol mulai Rp 110 jutaan.

Oh ya, Daihatsu juga menambahkan 2 pilihan warna baru pada Ayla facelift lansiran 2020, yaitu Yellow Metallic dan Glittering Silver Metallic. Sementara 5 warna lainnya, yaitu Red Solid, Orange Metallic, Dark Grey Metallic, Icy White Solid, dan Ultra Black Solid.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Beli Ayla Bekas

Harga Daihatsu Ayla bekas

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat beli Ayla bekas

Harga mobil Daihatsu Ayla bekas memang tergolong ramah dikantong. Namun begitu, namanya mobil bekas tentunya tidak sesempurna seperti mobil baru yang dibeli dari diler resmi. Begitu juga dengan Ayla bekas utamanya yang lansiran 2013 dimana usianya sudah lebih dari 7 tahun, tentu ada beberapa bagian yang butuh peremajaan. Berikut informasinya:

Baca juga  Sejarah Honda Stream Indonesia, Singkat Berkesan

Perhatikan Kondisi Body Mobil

Hal pertama saat membeli Ayla bekas adalah bagian body mobil. Yup, karena mobil LCGC ini nyatanya banyak digunakan untuk armada taksi online.

“Ayla banyak digunakan untuk taksi online. Kalau drivernya pemilik mobil itu sendiri sih nyetirnya masih hati-hati ya, tapi kalau mobil Ayla tersebut milik rental mobil dan drivernya bukan pemiliknya sendiri itu yang biasanya nyetirnya suka ugal-ugalan. Nah itu resiko body banyak baret atau penyok,” terang Bobby, salah satu pemilik diler mobil bekas di Cirendeu.

Bobby juga menjelaskan, lebih parahnya lagi proses perbaikan body Ayla bekas juga ada yang di bengkel yang pengerjaannya kurang bagus alias asal-asalan.

“Ya namanya juga mobil bekas rental untuk taksi online, jadi saat akan dijual kembali, perbaikan body yang rusak juga di bengkel yang pengerjaannya asal-asalan karena tentu harganya murah. Sekilas mungkin tidak terlihat hasil perbaikannya asal-asalan, namun jika dilihat detail akan kelihatan,” imbuh Bobby.

Bagian Interior Kusam

Masih berkaitan dengan Ayla bekas yang sebelumnya digunakan untuk taksi online, selain kondisi eksterior (body mobil) yang wajib diperhatikan, kondisi interior juga harus diperhatikan dengan seksama.

“Interior juga tak kalah penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan kenyamanan selama berkendara. Nah, jika dulunya digunakan untuk taksi online kebanyakan interiornya kurang segar, jok dan doortrim kusam, plafon ada noda atau setir sudah ngelopek,” jelas Bobby.

Bagian Kaki-kaki Aus

Selanjutnya, bagian yang harus diperhatikan adalah bagian kaki-kaki seperti ball joint, tieroad dan suspensi. Adapun umumnya kondisi pada bagian kaki-kaki yang sudah aus tersebut dikarenakan faktor usia pakai.

“Biasanya Ayla yang tahun 2013 atau generasi pertama. Bagian kaki-kakinya harus diperhatikan karena usia pakai dan harus diganti. Ya harus test drive agar bisa merasakan apakah kaki-kakinya masih bagus atau sudah harus ada yang diganti. Kalau mau lebih pasti lagi ya bawa montir yang bisa dipercaya atau membawa Ayla bekas tersebut ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secaar menyeluruh,” terang Bobby. 

Demikian ulasan terkait harga mobil Ayla bekas. Kiranya rangkuman terkait harga Daihatsu Ayla bekas ini bisa menjadi acuan kamu dalam menemukan mobil terbaik.  Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Ditulis ulang oleh: Firdaus Ali

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika