by

Mengenal Desain i-Cockpit Peugeot, Canggih Sob!

Desain i-Cockpit Peugeot – Line up produk terbaru Peugeot kini mengusung desain i-Cockpit pada sisi interiornya. Pabrikan asal Prancis itu sudah memperkenalkan desain modern itu sejak tahun 2012 silam.

Desain i-Cockpit Peugeot memiliki tampilan yang futuristik dan high tech. Berada dibalik kemudi terasa berada di dalam ruang kemudi pesawat.

Dalam pengembangan produk Peugeot tak main-main. Bahkan telah melakukan pengujian hingga 2 juta mil atau setara dengan 80 kali keliling dunia, dan mengajukan 166 paten hingga akhirnya menghasilkan desain khas bagi produk mereka.

Hal ini juga termasuk dalam pengembangan teknologi Peugeot i-Cockpit. Teknologi itu sudah diperkenalkan sejak tahun 2010 melalui mobil konsep yang diberi nama Peugeot SR1.

Selanjutnya, Peugeot terus mengembangkan desain itu, hingga akhirnya menerapkan pada versi produksi melalui produk 208 edisi pertama.

Mulai dari 208, desain i-Cockpit Peugeot terus disempurnakan hingga akhirnya menjadi simbol Peugeot secara global. Peugeot i-Cockpit juga menjadi salah satu DNA khas Peugeot hingga akhirnya berhasil menjual lebih dari 5 juta unit secara global.

Awal Konsep Desain i-Cockpit Peugeot

Bahasa Desain

Sedikit mengulas lebih dalam mengenai desain i-Cockpit Peugeot. Pihak pabrikan mengembangkan desain ini dengan tujuan yang simpel. Di mana desain kabin menggabungkan mata, tangan dan tubuh pengemudi dalam satu kesatuan.

Menariknya, desain i-Cockpit itu diwujudkan melalui layout arsitektur kursi pengemudi yang bisa memberikan seluruh informasi dalam mobil dalam jarak pandangan mata pengemudi.

Desain ini memungkinkan pengemudi tak perlu mengalihkan perhatian dari jalan ketika berkendara. Dengan visibilitas yang terjaga, tentunya membuat konsentrasi pengemudi tetap terjaga.

Pihak pabrikan dalam pengembangan desain Peugeot i-Cockpit menggunakan data dan studi mengenai Anthropometric. Studi mengenai fisik manusia menjadi perhatian penting Peugeot dalam pengembangan teknologi ini.

Sebagai gambaran untuk kamu, menentukan kenyamanan di dalam kabin, bukan tinggi yang menjadi faktor penting dalam menunjang kenyamanan dan visibilitas yang sesuai ketika mengemudi, melainkan rasio antara dada dan kaki yang mempengaruhi visibilitas ketika duduk.

Pasca menemukan posisi terbaik, Peugeot selanjutnya melakukan pengembangan material yang digunakan, agar nyaman ketika disentuh. Penempatan tombol-tombol fisik ditempatkan begitu mudah dari jangkauan pengemudi.

Penempatan tuas transmisi juga turut diperhitungkan, agar nyaman ketika dioperasikan dan posisi roda kemudi tepat dengan bantuan paddle shift yang memudahkan mengendalikan kendaraan sesuai keinginan pengemudi.

Mengenal Komponen i-Cockpit

dasbor Peugeot
Peugeot i-Cockpit tampilannya modern

Produsen otomotif berlambang Singa itu melakukan pengembangan desain i-Cockpit bukan sembarang, lohh. Pasalnya Peugeot tetap mempertahankan komponen-komponen utama yang menjadi dasar desain interior dari jajaran mobil Peugeot pada umumnya. Komponen tersebut antara lain:

Compact Steering Wheel

MID Peugeot
MID dengan teknologi terkini

Peugeot merancang lingkar kemudi berukuran kecil nan sporty. Diameter lingkar kemudi dirasa proporsional. Salah satu contohnya seperti yang tersedia di Peugeot 308 yang dilengkapi lingkar kemudi berukuran 351 mm dengna tinggi 329 mm.

Melalui konfigurasi tersebut, diklaim membuat pengendalian mobil menjadi lebih mudah dan presisi. Pengemudi juga tak perlu banyak effort ketika menikung atau memarkirkan kendaraan.

Guna, memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan dan pengendalian kendaraan yang lebih baik.

Head-up Handset

Head unit Peugeot i-Cockpit
Head unit Peugeot i-Cockpit

Saat fokus mengemudi, tentunya sangat penting bila seluruh informasi utama yang tersedia di mobil berada di jangkauan pandangan. Head up instrument Peugeot dirancang tepat di atas kemudi.

Alhasil, seluruh informasi dapat dengan cepat terlihat melalui lingkar kemudi. Mulai di Peugeot 3008 SUV layar informasi kendaraan berbentuk digital dengan beragam konfigurasi dan animasi yang memudahkan.

Centre Console HD Touchscreen

Desain i-Cockpit Peugeot
i-Cockpit Peugeot memiliki desain yang futuristik

Untuk menunjang kenyamanan didalam kabin, Peugeot melengkapi line-up produknya dengan teknologi layar sentuh. Hal ini tentunya memudahkan karena pengemudi maupun penumpang sudah familiar dengan teknologi yang juga digunakan pada ponsel itu.

Penempatannya berada pada jangkauan jari dan juga dalam posisi pandangan yang pas. Pada 308, layar berukuran 9,7 inci. Dilengkapi beragam fungsi dan informasi seperti pengatur suhu, navigasi satelit, stereo, dan pengaturan lainnya.

Piano Keys Toggle Switches

Multi information Display

Desain tombol-tombol Peugeot ini sangat khas. Berbentuk seperti tuts piano. Memberikan akses kenyamanan yang mudah untuk berbagai pengaturan kendaraan.

Baca juga:

Author: Deni Ferlindungan

Gravatar Image
Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru