by

Bukan Jakarta, Di Sini Populasi Kendaraan Bermotor Terbesar

Menemui jalanan yang macet, sejatinya tidak membuat kaget masyarakat di Indonesia. Karena populasi kendaraan bermotor di Indonesia ternyata mencapai ratusan juta setiap harinya.

Dari total ratusan juga populasi kendaraan bermotor tersebut meliputi seluruh wilayah di Tanah Air. Jadi setiap harinya populasi kendaraan bermotor dari Sabang hingga Merauke ternyata begitu besar.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia. Tercatat sebanyak 138 juta populasi kendaraan yang ada di Bumi Pertiwi.

Adapun kendaraan-kendaraan itu meliputi beragam jenis dan model. Contohnya mobil penumpang, bus, mobil barang, sepeda motor hingga kendaraan khusus. Mengacu pada data tersebut, maka tidak heran jika di kota-kota besar masyarakat akan menemui padatnya lalu lintas.

Secara detail, terdapat 138.248.086 unit kendaraan terdaftar di Korlantas Polri. Dari total tersebut tentunya populasi tertinggi didominasi oleh sepeda motor yang jumlahnya menembus 111 juta unit.

Kemudian disusul oleh mobil penumpang yang ternyata menopang populasi kendaraan sebesar 16 juta unit. Sisanya dikontribusi oleh sejumlah model kendaraan, seperti bus, truk, dan juga kendaraan-kendaraan lainnya.

Pertanyaannya, kira-kira di mana populasi kendaraan bermotor terbesar di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini:

Populasi Kendaraan Bermotor di Indonesia

Populasi kendaraan bermotor
Ilustrasi kemacetan di salah satu ruas jalan Jakarta saat jam pulang kantor

Menurut data yang Korlantas Polri, mayoritas penyebaran kendaraan berada di Pulau Jawa. Jika digabungkan, populasi kendaraan bermotor di wilayah Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta (Metro Jaya), Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur mencapai 60,09 persen dari total kendaraan yang ada di Indonesia.

Menariknya, dari total tersebut justru populasi kendaraan paling banyak bukan disumbang oleh Jakarta dan Jawa Barat. Justru Jawa Timur meruapakan wilayah dengan kendaraan terbanyak. Sedangkan Metro Jaya baru di posisi ke-2 dengan populasi kendaraan bermotor terbanyak di Indonesia.

Polda Jawa Timur tercatat ada 22.127.000 unit kendaraan yang terdaftar atau 16,01 persen dari total populasi kendaraan bermotor di Indonesia. Angka itu terdiri dari 1.897.021 unit mobil penumpang, 34.666 unit bus, 735.951 unit mobil barang, 19.457.289 unit sepeda motor, dan 1.165 unit kendaraan khusus.

Sedangkan untuk populasi kendaraan bermotor, di Polda Metro Jaya mencapai 20.747.199 unit kendaraan atau 15,01 persen dari total populasi kendaraan di Indonesia. Dari total tersebut mobil penumpang menembus 3.439.859 unit.

Sementara untuk bus sebanyak 26.113 unit bus, lalu ada 690.549 unit mobil barang, 21.481 unit kendaraan khusus dan terbesar dikontribusi oleh sepeda motor sepanjang 11.226.789 unit.

Mengacu dari catatan itu, maka tak heran jika wilayah Jawa Timur dan DKI Jakarta memiliki lalu lintas yang cenderung padat. Mengingat populasinya begitu besar saat ini di Indonesia.

Gimana sekarang sudah tahukan populasi kendaraan bermotor terbesar di Tanah Air? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Author: Deni Ferlindungan

Gravatar Image
Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Terbaru