Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

First Drive Chery Omoda E5, Pantaskah Dibanderol Rp 550 Jutaan?

by Firdaus Ali
First drive Chery Omoda E5

Berikut akan kami ulas mengenai first drive Chery Omoda E5, mulai desain eksterior dan interior, kenyamanan mengemudi dan penumpang baris kedua, hingga performanya.

Chery Omoda E5 sendiri sebenarnya sudah dipajang pada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2023 lalu. Meski banyak yang tertarik dan menanyakan harga OTR-nya, pihak Chery Indonesia masih merahasiakannya.

Nah, biar makin tidak penasaran. Kita simak terlebih dahulu ulasan lengkap first drive Chery Omoda E5.

Desain Eksterior Simpel dan Futuristik

First drive Chery Omoda E5

Desain eksterior Omoda E5 simpel dan futuristik

First drive Chery Omoda E5 dari sisi eksterior. Desainnya cukup sedap dipandang mata lantaran memiliki platform dan desain yang berbasis pada Omoda 5 bertenaga bensin sehingga banyak kemiripan antara tampilan luar dan dalamya.

Namun Chery telah melakukan beberapa perubahan desain untuk membedakan kedua model ini. Pada eksterior Omoda E5 terdapat bumper depan yang lebih halus, pelek 18 inci yang lebih aerodinamis, gril yang lebih rendah, kaca spion sewarna bodi, roof rail dan desain bumper belakang yang sedikit diubah.

Oh ya pada fascianya yang halus tadi ada colokan pengisian baterai sementara bagian samping dan belakang, masih mirip dengan Omoda 5 biasa. Adapun dimensi Chery Omoda E5 memiliki panjang 4.424 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.588 mm. 

Baca juga  Kuota Harga Spesial dan Lifetime Warranty Chery Omoda E5 Ditambah Jadi 2.000 Unit

Desain Interior Futuristik dan Modern

First drive Chery Omoda E5

Desain interior futuristik

Selanjutnya, first drive Chery Omoda E5 dari sisi tampilan kabin. Chery Omoda E5 tampil layaknya mobil masa depan meski lagi-lagi serupa dasbor Omoda 5 biasa. Hal itu bisa dilihat secara langsung desain kursi, dashboard serta beberapa sentuhan ornamen pendukung.

Di bagian dasbor layar sentuh ganda model mengambang seluas 24,6 inci dengan fitur konektivitas Bluetooth dan USB, serta sudah bisa terkoneksi Apple Carplay+ Android AUTO.

Pun dengan tombol pemilihan gigi yang terpasang di kolom setir, skema warna yang lebih terang dibandingkan Omoda 5 reguler, dan ada pula Intelligent voice interactive operation 540°HD Panoramic Image.

Tak hanya itu saja, dibagian tengah juga disediakan wireless charging, fitur sensor mengemudi dan beberapa tempat penyimpanan minuman dan barang.

Kenyamanan Kabin, Jok Baris Kedua Kurang Nyaman

First drive Chery Omoda E5

Jok baris kedua kurang nyaman karena tidak menopang paha dengan optimal

Berbicara kenyamanan kabin penumpang, Omoda E5 menawarkan fitur pendukung yang modern. Seperti pengaturan jok depan elektrik, setir sudah tilt dan telescopic, serta adanya panoramic roof yang bikin kabin terasa luas sekaligus mewah.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Chery Omoda E5, Pantas Dipertimbangkan!

Berbeda halnya jika duduk di bangku baris kedua, kenyamanan dirasakan kurang optimal. Penyebanya adalah kursi baris kedua yang cukup serta tidak menopang paha secara menyeluruh, membuah posisi duduk kurang rileks. Pun begitu dengan senderan kursi yang tidak bisa direclingin, agak tegak sehingga bikin cepat pegal saat perjalnan jarak jauh.

Meski jok baris kedua dirasa kurang nyaman, soal kualitas audio, Omoda E5 tidak main-main. Untuk sistem audionya mengadopsi speaker Sony dengan racikan akustik yang mumpuni untuk menikmati hiburan sepanjang perjalanan.

Performa Sat-set

First drive Chery Omoda E5

Permorma, 0-100 km/jam dicapai 7,6 detik

Bicara performa, Chery Omoda E5 terbilang sat-set dengan dapur pacu menggunakan baterai Permanent Magnet/ Synchronous berkapasitas 61.06 Kwh. Adapun jarak tempuhnya diklaim mencapai 430 km (WLTP) dan tenaga maksimum 204 hp serta torsi 340 Nm.

Tak puas rasanya jika tidak menguji akselerasinya. Yup, disaat kami menemukan jalanan kosong, kami langsung mencobanya. Hasilnya, untuk mencapai 0 sampai 100 km/jam dapat dicapai dengan waktu 7,6 detik.

Sebagai catatan, hasil pengujian yang kami lakukan ternyata jauh lebih tajam dari klaim akselerasi 0-100 km/jam mobil ini saat meluncur di negara asalnya Cina. Saat itu klaimnya hanya 7,8 detik atau 0,5 detik lebih lambat dibanding BYD Atto 3 yang membukukan catatan waktu 7,5 detik untuk parameter yang sama.

Baca juga  Kuota Harga Spesial dan Lifetime Warranty Chery Omoda E5 Ditambah Jadi 2.000 Unit

Fitur Lengkap dan Modern

First drive Chery Omoda E5

Fitur Omoda E5 cukup lengkap

Mengulas first drive Chery Omoda E5 tanpa membahas kelengkapan fitur tentu kurang afdhol. Omoda E5 sudah dilengkapi dengan sistem ADAS.

Meliputi Adaptive Cruise Control (ACC), Autonomous Emergency Braking (AEB), Lane Departure Prevention (LDP), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan banyak lagi semisal DOW, BSD, ELK, LDP, TJA, ICA, IES, LDW, AVM,  RCTA, ACC, AEB, FCW, SLA, dan RVC.

Kemudian untuk fitur keamanan sebagai berikut:

  • Rem cakram di semua roda dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System)
  • 4-door Window Anti-pinch System
  • Safety Belt with Pretensionerand Load Limiter
  • Child Safety Door Locks
  • High Strength Anticorrosive Body
  • Body Anti-theft Alarm
  • 6 Ring-type Air Bags
  • Tire Pressure Monitoring System
  • Sistem penguncian pintu otomatis
  • Alarm anti-maling
  • 18 Inch low resistance wheel

Moladiners, itulah bahasan first drive Chery Omoda E5. Jika mobil ini dijual dengan harga Rp 550 jutaan, menurut kalian kemahalan atau kemurahan? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika